Cepatnya perkembangan teknologi
sepertinya tidak hanya terjadi pada dunia IT saja, namun juga merambah ke dunia
otomotif termasuk roda dua. Dan dalam hal ini adalah mulai berkembangnya
teknologi injeksi yang diaplikasikan ke sepeda motor. Teknologi injeksi pada
sepeda motor telah diaplikasikan oleh beberapa pabrikan di tanah air. Mereka
mengaplikasikannya pada beberapa varian motornya baik jenis bebek, skutik
maupun sport.
Banyak yang bertanya-tanya,
apakah perawatan motor injeksi itu mahal? Apakah perawatan motor injeksi itu
sulit? Jawabannya ada satu, yaitu tidak. Ya, perawatan motor injeksi sebenarnya
semudah merawat motor bersistem karburator. Lalu bagaimana merawat sepeda motor
injeksi? Ada Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Injeksi Agar Awet Seperti di bawah ini :
1. Perawatan
Throttle Body
Throttle bodi
bisa dibilang mirip seperti karburator. Letaknya tepat sebelum saluran intake
ke ruang bakar. Jika pengeluaran bahan bakar di karburator 100% dikendalikan
oleh betotan kabel gas, maka di throttle body dikendalikan oleh sistem komputer
(ECU).
Throttle Body Motor Injeksi |
Merawat Throttle
Body cukup mudah, tinggal menggunakan cairan pembersih (cairan injection
cleaner) yang kemudian disemprotkan ke bagian dalam throttle body. Atau bisa
menggunakan karburator cleaner yang disemprotkan ke kain bersih lalu
diusap-usapkan ke bagian dalam throttle. Cairan pembersih tersebut dapat dibeli
di toko-toko aksesoris motor. Perawatan throttle body dilakukan minimal setiap
10.000km jarak tempuh.
2. Perawatan ECU
Perangkat keras
yang bernama ECU merupakan otak dari sistem injeksi pada sepeda motor. ECU
berfungsi sebagai otak pengatur bahan bakar yang akan dikeluarkan melalui
throttle body setelah mendapatkan masukan dari beberapa sensor. Otomatis jika
di ECU terdapat kerusakan maka sepeda motor tidak mau jalan alias mogok.
ECU motor injeksi |
Kerusakan ECU
biasanya terjadi akibat adanya tegangan berlebih atau konsleting yang terjadi
pada sistem kelistrikan sepeda motor. Untuk itu cara merawat ECU yang baik
adalah dengan selalu mengecek sistem kabel yang ada di sepeda motor, apakah ada
yang terkelupas atau putus.
3. Perawatan Busi
Semua pasti sudah tahu apa
itu busi. Busi merupakan bagian dari sistem pengapian yang memercikan bunga
api. Jika busi tak mau memercikan bunga api, maka motor sudah dipastikan tak
mau hidup. Rawatlah busi secara teratur, dengan selalu membersihkannya minimal
seminggu sekali, agar percikan bunga api yang keluar selalu optimal. Ingat,
jangan sampai busi terjatuh dari ketinggian ketika sedang membersihkannya.
Ketiga hal diatas merupakan
hal-hal yang harus dirawat jika anda memiliki motor bersistem injeksi. Karena
dengan memperhatikan 3 hal tersebut, maka motor injeksi anda akan tetap bandel
dan tidak rewel. Dan ingat, pastikan perawatan ketiga hal tersebut dilakukan
secara rutin atau berkala. Semoga 3 Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Injeksi
di atas dapat bermanfaat bagi anda.
5 comments:
Kalau klepnya perlu di servis nggak ?
Di atas nggak disebutin ya
kalo klep diservis juga secara bertahap gan, disetel gitu...
haha.. iya gan, yg ane sebutin hal2 yg berkaitan dgn sistem injeksinya gan..:)
Catering murah daerah Malang, Batu, dan sekitarnya. Harga mahasiswa. Dapatkan diskon 10% jika di posting di sosial media kalian. Buruan pesan. Murah, Enak dan Mahasiswa banget. Hubungi 083834375641/75286D3B
Catering murah daerah Malang, Batu, dan sekitarnya. Harga mahasiswa. Dapatkan diskon 10% jika di posting di sosial media kalian. Buruan pesan. Murah, Enak dan Mahasiswa banget. Hubungi 083834375641/75286D3B
kalo sampe buka mesin kyknya ane blm pengalaman deh, mending ke bengkel aja...^_^
Post a Comment