Sunday, March 3, 2013

Cepatnya perkembangan teknologi sepertinya tidak hanya terjadi pada dunia IT saja, namun juga merambah ke dunia otomotif termasuk roda dua. Dan dalam hal ini adalah mulai berkembangnya teknologi injeksi yang diaplikasikan ke sepeda motor. Teknologi injeksi pada sepeda motor telah diaplikasikan oleh beberapa pabrikan di tanah air. Mereka mengaplikasikannya pada beberapa varian motornya baik jenis bebek, skutik maupun sport.

Banyak yang bertanya-tanya, apakah perawatan motor injeksi itu mahal? Apakah perawatan motor injeksi itu sulit? Jawabannya ada satu, yaitu tidak. Ya, perawatan motor injeksi sebenarnya semudah merawat motor bersistem karburator. Lalu bagaimana merawat sepeda motor injeksi? Ada Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Injeksi Agar Awet Seperti di bawah ini :

1. Perawatan Throttle Body
Throttle bodi bisa dibilang mirip seperti karburator. Letaknya tepat sebelum saluran intake ke ruang bakar. Jika pengeluaran bahan bakar di karburator 100% dikendalikan oleh betotan kabel gas, maka di throttle body dikendalikan oleh sistem komputer (ECU).
Throttle Body Motor Injeksi
Merawat Throttle Body cukup mudah, tinggal menggunakan cairan pembersih (cairan injection cleaner) yang kemudian disemprotkan ke bagian dalam throttle body. Atau bisa menggunakan karburator cleaner yang disemprotkan ke kain bersih lalu diusap-usapkan ke bagian dalam throttle. Cairan pembersih tersebut dapat dibeli di toko-toko aksesoris motor. Perawatan throttle body dilakukan minimal setiap 10.000km jarak tempuh.

2. Perawatan ECU
Perangkat keras yang bernama ECU merupakan otak dari sistem injeksi pada sepeda motor. ECU berfungsi sebagai otak pengatur bahan bakar yang akan dikeluarkan melalui throttle body setelah mendapatkan masukan dari beberapa sensor. Otomatis jika di ECU terdapat kerusakan maka sepeda motor tidak mau jalan alias mogok.
ECU motor injeksi
Kerusakan ECU biasanya terjadi akibat adanya tegangan berlebih atau konsleting yang terjadi pada sistem kelistrikan sepeda motor. Untuk itu cara merawat ECU yang baik adalah dengan selalu mengecek sistem kabel yang ada di sepeda motor, apakah ada yang terkelupas atau putus.

3. Perawatan Busi
Semua pasti sudah tahu apa itu busi. Busi merupakan bagian dari sistem pengapian yang memercikan bunga api. Jika busi tak mau memercikan bunga api, maka motor sudah dipastikan tak mau hidup. Rawatlah busi secara teratur, dengan selalu membersihkannya minimal seminggu sekali, agar percikan bunga api yang keluar selalu optimal. Ingat, jangan sampai busi terjatuh dari ketinggian ketika sedang membersihkannya.


Ketiga hal diatas merupakan hal-hal yang harus dirawat jika anda memiliki motor bersistem injeksi. Karena dengan memperhatikan 3 hal tersebut, maka motor injeksi anda akan tetap bandel dan tidak rewel. Dan ingat, pastikan perawatan ketiga hal tersebut dilakukan secara rutin atau berkala. Semoga 3 Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Injeksi di atas dapat bermanfaat bagi anda.

5 comments:

H said...

Kalau klepnya perlu di servis nggak ?

Di atas nggak disebutin ya

Ade Gustomo said...

kalo klep diservis juga secara bertahap gan, disetel gitu...
haha.. iya gan, yg ane sebutin hal2 yg berkaitan dgn sistem injeksinya gan..:)

Anonymous said...

Catering murah daerah Malang, Batu, dan sekitarnya. Harga mahasiswa. Dapatkan diskon 10% jika di posting di sosial media kalian. Buruan pesan. Murah, Enak dan Mahasiswa banget. Hubungi 083834375641/75286D3B

Anonymous said...

Catering murah daerah Malang, Batu, dan sekitarnya. Harga mahasiswa. Dapatkan diskon 10% jika di posting di sosial media kalian. Buruan pesan. Murah, Enak dan Mahasiswa banget. Hubungi 083834375641/75286D3B

selimut said...

kalo sampe buka mesin kyknya ane blm pengalaman deh, mending ke bengkel aja...^_^