Saturday, March 5, 2011

Cara menaikan performa Yamaha Byson

Yamaha Byson
Harus diakui penampilan Yamaha Byson memang paling macho di kelasnya, dengan bodi yang berotot dipadu dengan velg racing 17" berprofil lebar bikin yang menungganginya semakin percaya diri, tapi disisi lain banyak yang menilai performa motor macho ini tak segarang tampilannya. Berikut trik mudah dan cepat agar performa Yamaha Byson anda lebih garang :

1. Karburator

Pengabut bahan bakar bawaan motor tipe vakum, bagi speedgoers dianggap kurang responsif. Makanya dilengserkan, gantinya model skep konvensional yaitu Keihin PE 28. Pemasangan tetap pakai intake manifold standar, hanya karetnya pakai slang radiator mobil.
Paduannya filter minim hambatan bikinan Koso. Nah setelah diseting, spuyernya ketemu kombinasi pilot jet 42 dan main jet 110.


2. Knalpot
Knalpot standar yang banyak lekukan dan menggunakan katalic dianggap menjadikan performa Yamaha Byson ngempos, gantinya pakai knalpot freeflow sehingga pambuangan gas menjadi lebih lancar. Banyak  knalpot freeflow yang beredar seperti knalpot bikinan AHRS, R9, atau stanlee.


3. Pengapian
Pengatur pengapian diandalkan  mengandalkan tipe Racing seperti bikinan BRT tipe terbaru, Power Max Dual Band. Paling kentara limiter-nya terkoreksi jauh lebih tinggi, mencapai 12.000 rpm, bandingkan dengan pengapian standar milik byson yang hanya pada 9.500 rpm tapi sudah brebet. Nah dari sini kentara nafas mesin lebih panjang, top speed meningkat.
Agar lebih sip lagi, koil pakai yang berkemampuan lebih tinggi, seperti Blue Thunder, dan masih ditambah koil booster seperti bikinan APS Motomax, tipe Strom.

Dari berbagai sumber diketahui bahwa dengan menerapkan aplikasi parts diatas, hasil pengukuran dynamometer milik Ultraspeed Racing (UR), di Jl. HOS Cokroaminoto No.42, Ciledug, Tangerang. Setelah dioprek jadi 13,34 dk/8.654 rpm, torsi 12,6 Nm/5.900 rpm. Artinya power naik 1,78 dk dan torsi 0,1 Nm dari kondisi standar yang hanya 11,56 dk/7.708 rpm dan 12,5 Nm/5.611 rpm. 

Demikian artikel tentang Cara menaikan performa Yamaha Byson. Semoga bermanfaat...

214 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 214   Newer›   Newest»
Anonymous said...

kira2 biaya ma ongkos psangnya abis brapa y??

Gustomo said...

-karbu keihin PE 28 asli thailand = 450rb
-slang radiator mobil = 100rb
-filter koso = 120rb
-main n pilot jet = 60rb
-knalpot =900rb(R9)
-CDI racing =750rb(BRT dual band I-Max)
-Koil racing =150rb
-koil boster = 170rb(APS)
total = 2,7jt = 3jt
biaya di atas bila di hitung dengan harga perkiraan paling mahal bro...

Anonymous said...

ane dah terlanjur beli pe26 asli kawasaki ninja r..
tp tarikan atas masi tbrebet.. blm ganti spuyer..
mohon info.. jika part diatas dicicil apa yg paling dominan.. knalpot ane dah racing

Gustomo said...

wah tipe karbunya masih sperti standar byson gan, kalo menurut saya mending ganti spuyer yang lebih besar gan, cz kompresi mesin byson tak sbesar ninja...

redbyson said...

kalau ana udah ganti pe28...belum ganti knalpot dll hanya karbu untuk perporma lumayan naik..nah yg jadi masalah adalah keborosannya diluar dari perkiraan...saya pake mj 115 dan pjnya 38...keadaan sikarbu selalu berembun dan susah langsam...mohon pencerahaannya, dan nama workshopnya apa ya dan patokan kalau dari puri beta belah mana...trims..fr satya...

Ade Gustomo said...

karbu berembun disebabkan karena campuran antara bahan bakar dan udara yang sangat tidak seimbang, coba ganti mj 110 n pj 42... okey gan...

Anonymous said...

gan ana pake PE28 tali gas punya mio....masalahnya sering banget nyangkut.....ngakalinnya gimana ya gan....mohon pencerahannya

Anonymous said...

sebenernya peforma dari karbu PE28 [biasa pake karbu NSR] kerasa banget kalo pake CDI Racing yg mapping nya udah di majuin ...

kalo pake knalpot racing mah sayang sama premium/pertamax nya gan . coz tenaga gede dibawah aja tapi di atas malah lemes .

[menurut pengalaman]jadi buat motor harian supaya ngibrit sih cukup kasih karbu PE28 [kabel gas NSR] + CDI Racing .

kalo mau lebih responsif tinggal lepas packing silinder .

kalo mau lebih lagi yaa agan ganti piston yg jenong biar kompresi nya padet berisi .

jangan lupa itung rasio gear depan belakang sesuai medan daerah mas bro .

[berdasarkan hitungan motor standart dan bukan hitungan balap resmi] .. hhe

Ade Gustomo said...

Thanks sob jwabannya... lama gk ngblog, hbis KKL... hehehe...
biasanya klo sering nyangkut karena kabel kependekan, pengalaman spt temen ane pada megapro...

Anonymous said...

Agan-Agan Mohon Pencerahan Seputar Byson ;
1.Mau Ganti Karbu PE28 dengan Knalpot AHRS, ukuran PJ & MJ berapa yang paling pas..??
2.Kalo pake Karbu PE28, nanti sensor TPS yang nempel pada karbu bawaan diapain..??

Ade Gustomo said...

1. coba ajah pake PJ n MJ spt penjelasan di atas sob...
Ayo agan bysonmania yang doyan ngotak atik motor kekar ini...

pandoz said...

byson ane udah bore up pake piston tiger,cdi brt hyperband,knalpot r9,karbu pe 28,filter koso,kampas kopling scorpio..coba tebak brp top speednya...168 km perjam..bro,ngaciiir abiz..

Anonymous said...

kalo cuma di ganti CDI nya gmna gan tarikannya???

Ade Gustomo said...

korekan mas Pandos boleh juga tuh, namun jeroan mesin kudu dikorbanin sob... Thanks to Pandoz...

boleh, pake ajah CDI racing, pokoknya CDI yg gk da limiternya, tapi pastinya setelan karbu akan berubah, efeknya kalo CDInya memang co2k bisa ngacir, tapi kalo tidak co2k bakal mbrebet sob...

ade said...

mau nanyak gan..kalau beli APS Motomax daerah bandung dmana ya..atau kalau gak ada harus beli di mana nih..thanks

Ade Gustomo said...

kalo itu ane kurang tau sob, dari informasi di internet coba kunjungi jayalinamotor.com sob...

Anonymous said...

sob mohon info...
byson aku ganti dgn karbu rx king tp malah brebet ga karuan. Mohon info na apa hrs ganti karbu pe28??? trus soket tps n indikator di spedo nyala trus gmn solusina?? tq sob

Ade Gustomo said...

yang saya tahu menurut modiv di atas disarankan PE28 dah kebukti sob.., tapi kalo pke karbu spec lain mungkin bisa namun dg penggantian part yang berbeda.., pinter2nya bengkel sob...
coba cek kabel kelistrikannya sob... barangkali ada yang terkelupas...

tole kebraon said...

bro byson gw udah gw ganti karbu scorpio tapi kagak ada tenanganya gimana? kasih solusi...

Anonymous said...

bro...klo spek diatas itu dapat top speed brp??

oiya klo udah ganti cdi brt dual band qo disekitar rpm 9000 pada gigi 2 udah berebet..itu kira2 knp yah???mohon info'y dunk broo...

Ade Gustomo said...

Tole : mungkin saja karbunya kurang co2k... coba ganti dgn saran yang di atas... bisa juga setelannya kurang pas, coba stel dengan feeling anda gan...

wah klo itu ane gak begitu paham, jika naik 1,78 dk kira2 top speednya juga ikut naik antara 5-10kpj, perbandingan gear juga mempengaruhi topspeed...
untuk masalah mbrebet biasanya kurang pasokan bensin, coba stel karbu dengan campuran yang kaya (sedikit boros)...

beny said...

klo cuma ganti karbu KEIHIN PE 28 sama CDI racing aja, tapi yang lainnya masih standar performa bison bisa naik ga?

Ade Gustomo said...

bisa tapi nggak imbang gan... paling gak knalpot kutan diganti yg freeflow...

yhuo said...

Numpang tanya...kalo pake Keihin PE-28 + knalpot DBS cukup bikin tambah kenceng gk Gan?

Dimas said...

wah, byson ane jadi pengen racing juga nih. thanks buat semua infonya
:D

roby fun nyek said...

kira kira penyabab spidometer mati tu apa sob...??
dan gimana cara btulinnya...?
trima ksh,,"

roby fun nyek said...

bagaimana cara betulin spidomater yamaha byson yang rusak sob...??

Ade Gustomo said...

@yhuo : bisa sob... coba settingan karburator yang pas...
@dimas : sama2 sob..:)
@roby : bisa lansung baca http://www.tomspiez.com/2011/08/cara-mengatasi-spidometer-yang-mati_04.html

ivan said...

Byson eke dah pk cdi brt powermax dual band, knalpot R9, blm tau lari nya gmn...soale masih reyen brad....hehehehehe...peace aH...

Ade Gustomo said...

mantap dah sob...:D

momonker said...

Gan,ane punya masalah nie.
Semua spek motor ane masih standar, kecuali knalpot yg diganti type racing merk GBS.
masalahnya kalo dibawa lari kenceng, dan gas dilepas. saat mau ditarik lagi buat akselerasi,sering banget tiba2 kae kehabisan bensin dan akhirnya mati gitu. Lebih lagi knalpot juga sering nembak gitu gan..
Pertanyaannnya kira2 settingan klep yg pas buat in and out berapa ya gan?? Terus klo mau pake karbu standar, pilot ama main jet nya dikasih ukuran berapa gan??
Makasih banyak infonya gan, and tolong buru dibales y gan?? Urgent banget ne..

Ade Gustomo said...

kayaknya di sektor pengapian tuh sob...
in = 0,08 - 0,12 out = 0,12 - 0,16
mungkin bisa pakai mj = 115 pj = 42... semoga bisa membantu sob...

Anonymous said...

AssaLamuaLaikum..
KuLoNuwun.. Nama ane Ary,btw mau Ikutan Nanya dong Om Ade..?!
Btw ane pUnya rEncana pNgen psang Ban BatLax ukuran 160/60 bwat bLakang, 'TRUss.. KaLo hanya Upgrade pRforma dngan spek d'aTas sEperti gAnTi karbu PE28+knaLpot racing+cdi BRT+koiL and Busi racing(kaLo di'rekOmendasikan)+per kOpLing racing+9power!!
Itu giMana Om.. Ending'nya bwat Byson kLuaran 2012???
KaLo sEmpet mOhon 'kRitik dan saRan'ya doong!, coz biar aCara Mudik ane gag mbrebet and tEtep bisa gaspoooooLLL...!! He,he..
Trima kasih...

ivan said...

Eke pk cdi BRT dual band,muffler R9,karbu standart....hasilnya agak meledak2 tuh muffler...kl karbu standart disetting nya gmn tuh brad..?pj n mj nya brp? Thx brad...

Ade Gustomo said...

@ivan : coba liat balasan ane yang di atas sob...:)

@Ary : wa'alaikumsallam sob...:) kalo secara teori, perubahan ukuran ban memang berpengaruh terhadap tarikan motor, dan ini terbukti pada MP saya, namun klau ukuran ban tambah besar bisanya topspeed jadi lebih mantap dikit...
kalo menurut ane sih mending pake ban belakang standar byson yang 120/70... itu sudah macho sob.., tenaga juga pastinya mirip seperti yang diprediksi di postingan ini...
perubahan pada byson yang perlu dilakukan agar berkesan lebih macho adalah pada sektor knalpot...

Anonymous said...

karbu keihin pe28 sama mikuni 28 sama gak bro????perbedaannya karbu mikuni 28 ma keihin pe28 apa ya bro.....tq .....

Anonymous said...

kalo karbu nya di ganti ma mikuni 28 juga gmn sob? karbu keihin pe28 ma mikuni 28 sama gak gan

Ade Gustomo said...

dari yang saya baca di internet mikuni lebih jos sob, maklum ane belum lkiat langsung barangnya...

sama ajah sebenernya, tapi perbedaan dari info yang ane dapat ada di konsumsi bbm, klau Mikuni itu lebih boros dari pada PE, terus kalau dari performa MIKUNI lebih bagus dan lebih PE, terus dari segi harga MIkuni Lebih mahal...

Anonymous said...

info yaa, saya masih awam didunia otomotif

byson ane masih standart perawan cuma diganti knalpot ahrs model shp standart. (kaya Model ori)

dari settingan yang saya baca di atas apa mj = 115 pj = 42

ato mj = 110 pj = 42.. trims

Ade Gustomo said...

kalo pake karbu standar bisa pke kmbinasi mj=115, pj=42
tapi klo pke PE28, pke kombinasi mj=110, pj=42
semoga bisa membantyu sob..:)

Anonymous said...

Bro,byson ane masih standart perawan

dari settingan yang saya baca di atas apa mj = 115 pj = 42 perlu dirubah begitu. karna byson saya sering mati sendiri seperti habis bensin saat tarik kopling jalan pelan ataupun setelah ngebut??? mohon pencerahan.

Ade Gustomo said...

mungkin bisa di coba setting karbu dengan campuran kaya sob, maksudnya sedikit diborosin, mungkin masalah agan terjadi karena suplai bensin yang kurang ke mesin... semoga bisa membantu sob...

momonker said...

Gan,Byson punya ane pake knalpot racing Merk GBS. Kemudian klep masuk dan buang di setting 1mm.
Pertanyaannya, sering kali kalo gas nya di bejek, dia seperti kehabisan fuel ( Mbrebet kemudian mati). Sering kali seperti itu..
Jadi jangankan performa meningkat, yg ada malah running normal aja susah banget. Mekanik dealer yamaha udah kae nyerah mau diapain, katanya karbu standarnya udah gk tau mau di setting gimana lagi.
Pertanyaannya, solusi terbaik untuk motor byson ane untuk saat ini gimana gan??
Tolong banget dijawab, ane gi bingung banget nie..

Anonymous said...

Mo nanya bro.. beli spuyer dimana yah?? n kalo aplikasi punya karburator mtr laen bs ga? n di dealer di jual ga spuyernya?? sori byk nanya broo. tks

Ade Gustomo said...

@momonker : lebar baget sob celahnya, coba stel clah klep di angka
in: 0,10-0,12mm
out: 0,12-0,15mm
jika disuruh ganti karbu, coba pinjem pake karbu byson yg lain, jika gejala ilang brti karbunya, biasanya masalah karbu terjadi pada mj n pj yg dah gk bres...

@tergantung dari spek karbunya sama pa gak gan, coba aja pke punya scorpio, brangX co2k, klo di daeler yamaha psti ada tuh spuyer...

Anonymous said...

PJ comot punya Scorpio
MJ comot punya Satria FU
Jarum Skep comot punya GL Series
Benar ga gan saran di atas pas buat ningkatan tenaga byson??

Ade Gustomo said...

klo saran ane coba pj n mj spt yg agan sebutin, trus jrum skep coba pke standar dulu, klo gk pke punya king or scorpio... semoga bisa membantu...

Anonymous said...

numpang curhat bro,, byson ane pake karbu tiger revo MJ : 122 PJ : 38,, cdi brt powermax dualband, knalpot LEVEL3 , tarikan bwah sampe tengah enak bro bgtu gas full lgsg ptus" nafasnya kaya telat bensin knp y bro?? untuk intake msh std n msh pake filter aslinya

TATANG H 017 SA

Ade Gustomo said...

mungkin cmpurannya terlalu kurus jadi kalo di putaran tinggi nyendat, coba sedikit diborosin. Klo gk mempan coba Mj n Pj dignti yg lebih kecil, barangX bisa... semoga dpat membantu sob...:)

Anonymous said...

salam kenal bro, mohon pencerahannya
byson ane masih standart, odo masih di kisaran 150km, kalo di gas diatas 5000rpm ko ada suara sperti orang ngorok (agak susah jelasin suaranya ^_^) yg jelas suara mesinya aneh, gas normal n ndk mbrebet, dan bukan dari getaran part yg kendor. apa memang normalx byson standart seperti itu y bro?
thx a lot

Anonymous said...

Gan,sesuai dengan anjuran agan di atas, klo ane mau pake mj=115, pj=42 (karbu tetep standar), maka ane kudu comot tu spuyer dr motor apa aja yg sekiranya bisa langsung pasang di karbu byson gan..???

Ade Gustomo said...

- salam knal jg sob.. kasus spt itu biasanya ada pd rntai keteng, mngkin stelannya kekancangan, atau biasanya kalau rantai keteng masih baru mang gejala awal timbul suara ngorok gtu... coba perhatikan suara timbul dari apakah dari sebelah kiri mesin pas rantai keteng atau bukan...

- wah kalau itu ane kgak tau sob, coba aja tanya ke bengkel lngsung, pasti ada deh mj n pj ukuran sgitu...

SEMOGA dapat membantu sob...:)

chandra said...

bos mau tanya nih, klo cuma ganti CDI BRT tipe terbaru, Power Max Dual Band aja, tapi yang lainnya masih standar performa bison bisa naik ga?

Ade Gustomo said...

bisa naik gan, tapi biasany gak begitu ngaruh bgt gan, pling gaknya knalpot jugas ngikut gan...

Anonymous said...

Gan... Langkah paling mudah untuk naikin performa byson, tanpa harus ganti onderdil apaan ...
Thx

Del said...

Gan Untuk MJ 115 PJ 42 itu merek nya apa ya

Ade Gustomo said...

- langkah paling gampang dengan membuka filter udara lalu stel karbunya, namun resikonya karbu jadi cepet kotor dan efeknya mesin jadi rada kasar sob...

- banyak sob, ada Kitaco, Xtrem, atau Keihin. tinggal ke toko onderdil dan sebutkan ukuran serta merek yang diminta sob...:)

semoga dapat membantu...

Anonymous said...

brpa keceptan max mz broo?

Ade Gustomo said...

standarnya : 110-115 kpj gan, klo udah d oprek spt diatas bisa nmbah mpe 120-125kpj...:)

Anonymous said...

Gan..asli motor ane masih sopan dr sejak tak kandangin maret 2011..pengin tarikanya rada jos tpi cm ngubah PJ-MJ..hrus ukuranya brp dan merk apa Gan??..thanks

Ade Gustomo said...

untuk karbu standar bisa pake mj=115, pj=42, merek bebas gan , tapi direkomendasikan merk keihin...:)

gde said...

gan knlin nama ane adi,,,, mau share nie dikit
kebo ane dah ganti cdiPower Max Dual Band BRT, knalpot R9, karbu PE28 PJ 42 MJ 112,,,tp tarikannya rada2 kempos mas brow padahal ban masih standr ory byson,,tolong masukannya gan...thansk

gde said...

gan knlin nama ane adi,,,, mau share nie dikit
kebo ane dah ganti cdiPower Max Dual Band BRT, knalpot R9, karbu PE28 PJ 42 MJ 112,,,tp tarikannya rada2 kempos mas brow padahal ban masih standr ory byson,,tolong masukannya gan...thansk

gde said...

gan knalin nama ane adi,,mo sedikit share nie
ane dah ganti CDI Power Max Dual Band, knalpot R9, karbu PE28 MJ 112, PJ 42,,syngnya larinya kurang mantap gan kadang2 tenaganya rada2 kyk drop gto gan,,, tlng bantu nanggepinya gan...thanks

Anonymous said...

Seputaran Pamulang Atau Ciputat dan sekitarnya bengkel mana yg jual mj 115 dan pj 42

Anonymous said...

putaran anginnya gmn ya bos?

Anonymous said...

karbu standar byson punyaku ukuran main jet=112.5, dan pilot jet=15
Byson punya teman saya jg ukurannya sama MJ=112,5 PJ=15.
dari tadi saya baca kenapa karbu standar ukuran pilot jetnya bisa 42 ???
Apa karbu standar ada 2 macam???

frogie said...

pak bos,,saya mau tnya nih total biaya klo sy pakai sparepat d bah ini brp jt ya :
.piston tiger
.filter koso
.cdi brt hyperband
.karbu keihin pe 28
.coil yamaha yz 125
.busi iridium
.gas spontan
.kampas kopling scorpio
.knalpot racing free flow

trus,klo smua di garap bisa jd kenceng gak byson saya?
maaf ya pertnyaannya panjang gni..heee

Ade Gustomo said...

maaf ni sob baru njawab...
@ adi : coba setting ulang karbunya, bisa juga dengan memajukan pengapian...

@anonim : di bengkel2 gede dapat dipastikan ada sob...

Untuk putaran angin disesuaikan feeling sob, biasanya disetel sekitar 2 putaran, mpe di dapat putaran mesin yg stabil...

ukuran PJ adalah ukuran panjang PJnya, karbu standar byson masih bisa disusupin PJ ukuran 42 sob...

@frogi :
kalau seperti rekomendai di postingan ini kira2 habis 3 jutaan, kalau agan masih ditambah piston tiger yang otomtis melakukan bore up mesin... jika dikira2 habisnya sekira 4 juta gan...
yang pasti tambah kenceng sob, soalnya tuh mesin tambah gede CCnya...

semoga membantu sob...:)

Anonymous said...

sob ane mau nanya..??
bagusan mana CDI Btr power max dualband ama CDI cheetah power yg bisa di program sendiri sob.
thank mohon penjelasannyaa

Anonymous said...

assalamualaikum sob mau nanya..
bagusan mana CDI brt dual band or CDI cheetah power progremeble..??
terima kasih

Anonymous said...

nama ane andi mo yanya kalo di bekasi buat dapetin part2 ky gtu di mana ya n ada rekomendasi gak bengkel mumpuni buat masalah oprek byson yang uda teruji and w ragu ma komen pandos di atas masa iya bs mpe 168 kpj

Anonymous said...

Misi... klo soal karbu kayak'e gk begitu d permasalah_kn... tapi kalo soal cdi/pengapian Aku kurang yakin dgn cdi/pengapian originalNya....krn aku punya temen pada motor_nya sama punyaku... n punya dia cuma d ganti pd cdi/pengapian_nya n d karbu cuma d stel aja lari dah beda lebih kenceng ..... makasih... n cri klo gk nyambung ama status d atas maklum anak baru.... mator suwon....

B6220URA said...

tq info nya

Ade Gustomo said...

- klo ane liat2 di internet, keluaran tenaganya lebih besar yg make BRT sob...

- andi : ane gak hapal daerah bekasi sob, coba ajh tanya2 di bengkel2 gde sob...:) bisa saja mpe segitu sob... kn tuh dah termasuk bore-up mpe 200cc (piston tiger) + parts2 lainnya...
- oke srannya sob..:)

- B6220URA : sama2 sob...:)

Anonymous said...

Gan, ane dah nanya ke byk bengkel yg gd mau cari mj 115 pj 42, tp pada ga tau tuch mj ama pj nya byson, malah dia nanya balik, cocoknya ama motor apa ya, scorpio kah atau tiger?, kata org bengelnya suruh buka dulu karbu w mau liat dia. kira2 cocoknya ama karbu motor apa ya gan

Ade Gustomo said...

coba pake pj n mj punya honda tiger revo ukuran pj n mj-nya mendekati ukuran di atas sob mj/pj = 38/122, gak da salahnya untuk di coba kan... o y hrganya di daeler honda skitar 40 rbuan...

klo scorpio ane blom tau brp ukurannya sob... semoga membantu...:)

Anonymous said...

salam kebo rider,kalian jangan kawatir coal performa byson.punya saya aja standar bisa lari sampai 150km/jam.cm nyeting in outnya&ngrubah titik top magnet.saya jamin FU150 stndar lewat jauh bro.

Ade Gustomo said...

bru denger tuh sob... tapi mksih shareny sob...:)

Ozieq_nicotiN said...

karbu ngembun, pertanda ada yang bocor dalam pemasangan. pastikan n cek pemasangan karbu dgn benar dan g ada yang bocor.

Ade Gustomo said...

makasih banyak tambahan infonya sob..:)

Anonymous said...

Gan.. nanya lg nih.. knp ya setelah service terakhir kmrn kebo sy seperti tersendat kalo di tekan kopling n rpm rendah??? apa ada part karburator yg kebalik masangnya???

Ade Gustomo said...

klo kbalik gk mungkin gan, kalaupun per yg ada pada skep kbalik jg gk ngaruh..., dilihat dri msalahnya sperti mesin yg kekurangan bensin (spt mau kehabisan bensin gtu),,mngkin aja ada kotoran yg masuk dn nyumpel d sela lubang2 yg ada pda karbu...

Anonymous said...

CDI yang bagus merk apa gan? Ane udh ganti knalpot R9, tinggal beli CDI. Pilot jet udh ganti yg 17,5 , kirakira kalo udh ganti CDI Topspeednya nambah brapa gan? thx

Anonymous said...

jika mesin msh ori, tp knalpot udah tak ganti r9,bakal nambah performa gk?

Ade Gustomo said...

- klo bengkel2 bnyak yg bilang merk BRT sob.., tergantung dari setelannya karbu n gear rasionya... kira2 5-10kpj sob..

- nambah gan walau sedikit, cz gas buang jadi lebih lncar pakai knalpot freeflow mcam R9..

Anonymous said...

gan.. nanya lg nih, jgn bosan ya... he.
semua perubahan meningkatkan peforma di atas berpengaruh besar ga sm keawetan mesin dalam jangka panjang???

Ade Gustomo said...

jelas awet sob... cz gk ngrubah jeroan mesin, n karena knalpot yg dganti jd freeflow, bnyak bengkel yg bilang klo klepnya gk seawet pke knalpot standar walo cum bda tpis...

Anonymous said...

Bang ade . Saya minta tolong dong.
Apa aja yg wajib diganti biar byson saya tambah ngacir. Merek dan harga jg ya bang..
Mohon bantuannya..

rundz, said...

Mas bro kalu ganti cdi brt itu pengaruhnya buat aki besar,???,mohon conmentnya ,

Ade Gustomo said...

saya saranin seperti yg diatas... tapi jika harus mipil, mulai dari knalpot aja dulu sob...:) untuk harga bisa liat koment ane yg paling atas...

rundz : klo setau ane, gak begitu pengaruh sob... cz dya ke CDI jg di dapat dari putaran mesin (alternator)...

semoga membantu sob..:)

Anonymous said...

gann,,, kalo udh ganti smua kyak yg diatas,,kira-kira power maksimalna brapa yaaa

Ade Gustomo said...

powernya jdi naik 1,78dk dari standarnya yg 11,56dk menjadi 13,34dk sob..

Anonymous said...

Bos klo ganti karburator pe28 boros ga

Anonymous said...

Gan... byk mekanik bilang salah satu cara meningkatkan tenaga byson setelah ganti knalpot yaitu menyumbat saluran emisi gas buang... benar ga gan???

andri said...

bos gmna cara nyatting in out,/ngerubah titik top magnetnya....byson...mohon blsan nya ea....thankz..

Ade Gustomo said...

- klo ane sndiri kurang pham sob.., tpi mnurut ane ntu kurang efisien sob, cz pke nyumbat saluran emisi gas buang segala...

Andri : cara settingnya bisa pke filler gauge, biasa djual d bengkel2, tpi bisanya kebnyakan org pke felling saat setting in/outnya. klo ngrubah titik magnet caranya dimajukan/dmundurkan pengapiannya, dgn setting karbu atau ganti CDI biasanya...

Dhanny Aznam said...

Bro, gw masih kurang paham itu selang radiator mobil untuk apa yah, bisa pposting picture gak, mohon pencerahan, thanks bro

Anonymous said...

gan nmpang tanya tntang byson neh ,
knpa ya byson sya gk mau hidup , stelah sya ganti selang karbu nya,
apa slah pemasangan pada selang karbu bisa mnyebabkan mtor gk mau hdup?
Dsini sya make nya selang radiator mobil dg model carbu standard.

Ade Gustomo said...

dhanny : buat pengganti intake manifold dari karbu ke mesin sob... bisa liat punyanya megapro lama yg intakenya pake slang karet..

- coba cek apakah ada yg salah dg karbunya, cek juga apakah salng yg sobat pake bcor atau kerenggangan ketika dipasang...

semoga membantu sob..:)

Anonymous said...

gan minta penjelasan dunk gmana ma bahan bakarnya kalo spec settingnya kaya agan ade ??

makasi gan :)

Anonymous said...

MAS MAAF MAU NANYA KLO SEMISAL MASIH PAKE CARBU YANG STANDAR (MIKUNI BS26).. UKURAN YANG PAS BUAT MJ & PJ NYA BRAPA YAH?? MOHON SIRAMAN OLI NYA GAN.. HEHE..

Ade Gustomo said...

- klo bhan bkarny jelas lebih boros sob, klo ane bleh blg mpe 30% leboh boros dri spec standar... o ya bhan bkarnya cukup pke premium...

- haha.. kasihan yg kehausan oli ntar...:D
masnya bisa pake mj115, pj42..., tpi klo sulit carinya bisa pke alternatif mj122, pj38 punya tiger revo sob...

semoga bisa membantu..;)

ardi said...

assalam mu'alaikum mas agam
saya mau numpang tanya ...
gimana kalau knalpot sama gear blkangya dgnti apakah ada pngaruhx..? n kalau berpengruh gear blkngx dignti ukurqan brapa...? terima kasih

Anonymous said...

gan, pake pe28 apa ga kedapkedip tuh indikator kelistrikan di panel gr2 nyabut perangkat elektronik di karburator asal???

Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J said...

Informasinya sangat bermanfaat sob... I like Bison too
Salam sukses..

Ade Gustomo said...

ardi = walaikumsallam,, pasti ada pengaruhnya sob..

Ryan Resdiana said...

assalamualaikum.. ane gk paham masalah otomotif, ane cma mau tanya kira kira harga knalpot R9 untuk byson brp yaa??
terima kasih

Ade Gustomo said...

ane kasih sdikit list harga knalpot byson yg ane rangkum sndiri nie sob...:)

- R9 Racing Generation, Catalunya New Full System-Silencer Trioval Black or Silver >> Rp675.000

- R9 Mugello New Full System-Silencer Half Blue >> Rp900.000

- R9 Racing Generation, Monza Blue Full System-Silencer CNC W/Blue >> Rp1.100.000

-TDR Muffler Tri Oval CLR >> Rp858.000

semoga membantu sob..:)

Anonymous said...

gan, klo gak gnti knalpot bsa gk gan?? mhon dbantu knan kiri rmh polisi smua dsni.. hehe

Ade Gustomo said...

wah bisa sob.. tpi kyknya kurang sreg klo mtor segagah byson tpi suara knalpot standar..

Anonymous said...

wktu ntu mtr shogun nr ane pke knalpot racing, cma ya itu.. dpantek mke palu ma polisi.. pdahal tetangga sndriri sob.. :(

klo knalpot standar, ad mslah gk nntinya?

Anonymous said...

gan, knalpot racing yg ndak brisik paan yah gan? biar ndak trlalu ganggu org tdr..

Ade Gustomo said...

- klo knalpot standar gk mngkin ada maslah sob, pa lgi ntu knalpot sesuai spec pabrikan, cuman y itu terlalu lembut klo byson pke knalpot standar...:D

- klo mnrut ane c nobi, tuh knalpot kn sariingannya bisa dipsang jika pngn gk brisik, n dlepas jk pengen gahar...:)

sobat yang ingin brkomentar atau bertanya, bisa berkomentar melalui link postingan di bawah:
[link]http://www.tomspiez.com/2012/06/motor-matic-injeksi-irit-harga-murah.html[/link]

cz biar page ini gk mpe bwah bgt sklian bantu ane ikut kontes,, mkasih atas pngertiannya sob.. sobat yg baik pasti selalu menengerti..:)

Ipan Kahen said...

bison makain juara lah jadi pegen di bikin lari motor w

Sepri_B054 said...

Gan bro sob smuanya.. ane boleh tanya gk..? :)
Byson ane mw dijejalin karbu King nh bro mikuni 26. Kira" jetting nya yg pas ukuran brapa aja ya bro Pj n Mj nya..?
Thanks :)

chandra said...

bro numpang tannya nih, oli standar bison yamalube sport sae10w-40 tetapi mesin panas, perpindahan gigi kasar. klo ane pengen ganti sama motul 3100 gold sae15w-50 itu bagus ga? tolong dong infonya oli yang bagus buat bison ane.

Ade Gustomo said...

Ipan : silahkan sob..:)

Sepri : wah ane gk tuh patokannya, coba pke mj/pj asliny karbu king dlu,, biasany bengkel di ane nyaranin mj/pj dari motor lain cz mudah dicarinya...

chandra : mungkin karena terlalu encer olinya sob, bisa dicoba tuh sob cz lebih dri specny lebih kental dari yg pertama... sekedar share ni, klo ane lebih seneng pke enduro racing gan, cz kerasa enak aja klo pke oli itu... ini bukan promosi lho...

semoga membantu sob...:)

Anonymous said...

bener tuh ngerubah titik top magnet bisa naikin top speed????di bengkel mana tuh yg bisa???

Ade Gustomo said...

klo mnurut ane bisa sob, mrubah titik top magnet kan berarti memaju mundurkan titik pengapian. Jika waktu pengapiannya tepat n penyetelan karbunya juga tepat maka performanya juga akan naik, biasny klo ganti CDI, juga harus disetel tuh titik top magnetnya...
ntu pengalaman dulu wktu ane praktek d kampus.. moga membantu...:)

kiki said...

mantepp agan agan share nyaa .. jd banyak inspirasi nii buat my bluebys ane .!! hehehee

Anonymous said...

selamat siang
bro langsung aja y. kebo aq uda ganti brt dualband TR, knalpot R9, karbu cm ganti PJ pio 17,5, busi ngk iridium cr8, ada 9 Power aq pasang dekat koil, rasio gear 15-44. Masalahnya sekarang tarikan atas agak berat dan nembak-nembak knalpotnya. beberapa bengkel bilang knalpot terlalu free flow. gk ada feedback. ada yg bilang sumbat lubang ais. bingung ni bro apa jalan keluarnya???
btw thx

Anonymous said...

tks sarannya masbro ttg knalpot. sy pilih knalpot A**S n spuyer 115, 38. byson sy bs sampai topspeed 120, n lbh responsif.. (saran: AIS ditutup spy ga nembak knalpotnya.)

Ade Gustomo said...

- klo knalpot nembak biasanya settingan karbunya krang pas sob,coba setting ulang.., klo ane liat prbandingan gearnya, spertinya itu buat menang tarikan diputaran bwah/dari berhenti..., skedar info perbndingan gear standar byson 14-40...

- mksih buat sharenya sob...:)

aziz said...

mas ade,

saya modif byson seperti ni:
1. piston cbr 150
2. noken as racing by anjani
3. karbu keihin PE 28
4. PJ/MJ 45/125
5. CDI BRT Hyperband
6. Knalpot R9

yang saya rasakan tarikan lebih cepet (akselerasi) tapi top speed mentok di 115 km/jam dan di rpm 6000-7000 suka rada mberebet, juga saat setelah engine break itu ga bisa langsung di gas spontan tapi harus di urut, yang saya tanyakan gimana caranya supaya ga mbrebert di kondisi tersebut dan untuk naikan top speed, trims,..

Ade Gustomo said...

klo masukan dari ane mungkin pada jarum skep yang bisa dibikin lebih runcing spya saluran bahan bkarnya mencukupi, bisa di ampelas hlus atau ganti jarum skepnya..
trus shogun tmen ane juga dulu pernah gtu wktu ganti CDI BRT, mungkin CDInya yg tidak cocok, jasi ketika tarik gas secara spontan, motornya mbrebet...

Ian said...

o iya masbro ane lupa ane pake karbu yg standar mj= 115 & pj= 42
trus ane pke saran yg di atas tuh (kecuali karbu PE28) :
-slang radiator mobil = 100rb
-filter koso = 120rb
-main n pilot jet = 60rb
-knalpot =900rb(R9)
-CDI racing =750rb(BRT dual band I-Max)
-Koil racing =150rb
-koil boster = 170rb(APS)
trus ane tambahin pke piston tiger 250 cc & pake klep sonic...
tu gmna masbro...
akan kah motor ane jd bagus bgt...???
Mohon siraman bensin k motor ane..

Ade Gustomo said...

walaikum sallam, maaf komen sbelumnya gak ane tampilin sob, cz isinya sama..:D
wah di bore-up y sob,, y suah pasti akan jadi lebih bertenaga byson agan.. namun ane saranin bensin juga diborosin juga, dengan cara menggunakan jarum skep yang lebih kecil, supaya pasokan bensin ke silinder mencukupi, tenaga pun lebih maksimal... semoga membantu sob,,:)

Anonymous said...

Assalamualaikum,saya baru beli byson keluaran 2012 nih,saya mau tanya kalo pke knalpot nob1 untuk byson cocok ga?kira kira harga nya brapa?trus tarikan nya mantap ga? :)

Ade Gustomo said...

walaikumsallam... klo mnurut ane cocok gan, cz bentuknya yang sama2 memiliki garis tegas (nobi identik dg bentuk segitiga)..
klo pngalaman, nobi dipsang pada ZX130 n MX tmen ane, akselerasinya tmbah maknyus sob, walau dikit tapi kerasa kok.., dari situ ane boleh bilang pasti bisa nmbah akselerasi Byson agan...:)

Anonim said...

Maaf saya mau tanya, ,saya punya byson mau d ganti karbu tapi keihin PE24 kira2 cocok ga ya soalnya saya uda tanggung di beli gan. .kira2 ada yang harus di ganti ga ya pj n mj nya n brpa?

Ade Gustomo said...

coba dimasukkin ajh sob.. mngkin bisa pke pj42, mj152... bisa juga pke kombinasi yg lain... truz disetel lagi karbunya sob... moga membantu..:)

Anonymous said...

Byson bisa ga ya dikasih oli dg SAE 20-50?

Ade Gustomo said...

bisa gan, klo oli tu tergantung motornya mau dpake buat apa, utk lebih jlasnya bisa baca artikel ane yg ini:

http://www.tomspiez.com/2012/07/tips-memilih-oli-mesin-untuk-kendaraan.html

erik said...

bang ade saya mau nanya cara pasang karburator pE 28 tetapi manifold ori byson bagaimana? terus apa masuk ke box filter nya?

Ade Gustomo said...

bisa pke mnifold standar cuma karetnya diganti pke punya mobil spti cara di atas sob.... utk box filternya juga bisa menggunakan cara yg sama, cz karbu PE28 pstinya punya diameter lebih bsar dripda karbu standar si byson..

Anonymous said...

bang byson ane standar.an , cuma ganti knalpot nobi 3bold , pengaturan udara di karbu ane kecilin dikit dari standarnya.Nah,pas di gas polll rpm pentok tuh knalpot mala brebet bang ???
Mohon sarannya bang...

Ade Gustomo said...

coba pasokan bensinnya bisa diderasin dikit, bisa dgn ganti jarum skep atau mungkin bisa disetting lagi tuh karbunya, kayak setting gas n anginnya lagi...:)

ficky said...

Assalamualaikum

Mas ade saya mw tanya...ini byson saya udah saya gnti karbu PE 28 tp kok check engine led merah dibawah led gigi normal kok selalu hidup ya? Apakah efek diganti karbu PE seperti itu...sempet baca2 sih soalnya kabel TPS tidak terpasang....adakah cara untuk ngakalinnya mas?
Matur nuwun

Ade Gustomo said...

setau ane c TPS itu buat motor injeksi sob..:) kalo memang itu msalahnya, mngkin kabel yang nymbung ke karbunya dicari yang masuk k speedo, kalo udah ketemu coba matikan, bisa dengan dicopot soket kabelnya,, jadi lampunya LEDnya mati.., kalo maslah penting gknya, menurut ane c LED tu gak bgitu penting klo dah gnti PE, cz itu cuma semacam sinyal udara yg masuk k karbu..:) kcuali klo motornya injeksi, TPS itu sangat penting utk memberikan perintah pada ECU ke injektor...

Anonymous said...

keren nih ulasannya, byson ane keluaran 2011, sampe sekarang baru ganti knalpot racing AHRS SHP (model standar), 9 power 2 biji, karbu masih standar, PJ & MJ juga standar.
perubahan dari tarikan sih lumayan enteng belum di tes top speednya berapa? soalnya lagi nunggu filter ferrox dan CDI BRT Powermax Dualband TR

Ade Gustomo said...

makasih sob....moga cepet kelar upgrade bysonya gan...:)

NOPRI TIAWAN said...

gan mw tnya kalo byson gnti knalpot racing komponen mesin cpt rusak gk? Soalnya kan krjanya hrus extra

NOPRI TIAWAN said...

gan mw tnya kalo byson ane gnti knalpot racing part mesin cpt rusak gk? Soalnya kn mesin sering d buat lari kenceng? Tkz

agen obat said...

keluar dari tema pak bos,, cara ganti karburator fiz pke nsr sp tanpa harus ganti manipol gmn?

Rundraj said...

#Keboanabrang sudah modif,
gir belakang pixong, 2x 9power, cdi brt hyperband, knalpot ahrs shp, filter angin ferrox. busi warna putih, terlalu kering katanya,...trus dah tak ganti mj NSR: 115; pj Scorpio: 17,5. masalah muncul busi jadi hitam kelam, bensin boros....panduannya dunk cara seting karbu. tengkyu.

Anonymous said...

ada yg tau?byson ane kalo ngeden ada bunyi2 aneh... bunyi2nya tu seperti kalo gear/rante kekendoran..."Sreekk sreekk.." bunyinya bagian bawah kiri....
kronologinya gini: kalo pas gas di tahan dalam RPM tinggi (misal gigi 2) kurang lebih 50kmh an mau pindah gigi 3 bunyi "Sreek...sreeekk..." kalo di rpm rendah sih gak bunyi... itu aja ane pake knalpot racing bunyi keanehannya lumayan, apalagi pake knalpot std mesti jelas lagi... takutnya kena seker... (bener gak ya)

ane udah cek smua :body/kondom tangki, spion, HL, plat nomer depan, cover aki kanan kiri, body belakang, undertail, plat nopol belakang...normal alias kenceng...kemaren rante+gear aja ane setel ulang sendiri...tapi masih gitu aja...

mohon pencerahannya

arlan said...

ganti oli bawaan byson "Yamalube" dgn Oli Sheel Advance AX7
di jamin mantap di saat mesin panas makin mantab tarikannya nya
selamat mencoba salam " Arlan "

arlan said...

ganti oli bawaan byson "Yamalube" dgn Oli Sheel Advance AX7
di jamin mantap di saat mesin panas makin mantab tarikannya nya
selamat mencoba salam " Arlan "

ulil nuha said...

gan ane nanya neh.... ukuran MJ sama PJ itu untuk apa... contoh MJ 115 / 122 terus PJ 38 sama 42 itu mohon di jelaskan buat pemula ini gan. ane punya byson standar emang kalo MJ/PJ di ganti 115/42.... nambah tenaga apa ngga gan ?

Anonymous said...

Bang ade..bysonku cuman ganti karbu angin pake scorpio lalu knalpot AHRS F4..awalnya ok,,tp dah 7 bulan suka brebet n ilang powes pas bukaan bwah..lalu aku buat standart lg..tp kok ttp sama..bantuannya tolong bang..truz kalo mw pake knalpot racing dngn karbu standart..ada settingan khusus gk bang..thank

isnan purnama said...

ane udah pake knalpot Racing gan , tapi karburator masih standar dan baru utak atik MJ sama Pj nya aja tapi blm ketemu yang pas gan masih brebet aja. Trus knapa ya kalo di bawa jarak jauh posisi motor panas si Kebo kadang mati sendiri kaya bensin telat gitu gan. kata si dealer sih vakum nya kena. Tapi setelah di buka normal aja tuh gan Vakum nya. ada solusi gak gan? Tks.

Beny Chandra said...

Gan bison ane ko jalannya nyendat-nyendat klo di tahan gasnya, harusnyakan lancar apa da yang salah ya? ane pake busi ngk platinum.

Ade Gustomo said...

@isnan : coba ganti MJ sama PJ dgn ukuran variasi yg berbeda atau spt yg ada pda artikel ini gan.., cz klo mbrebet gtu biasny bermslah pda MJ n PJ, kyak klo MJ n PJnya kotor gtu... atau bisa jg stel klep masuk n buangny sob...

@beny : coba setting juga karburatornya gan, semakin bagus percikan busi biasny juga membutuhkan pasokan bensin yg seimbang... semoga membantu sob...:)

Candra said...

bro klo bison masih standar maunaikin MJ n PJ nya jadi mj=115, pj=42a ngaruh ga? kelebihannya dimana tolong dong penjelasannya...

Anonymous said...

sory gan mau nanya,,
byson gw udh ganti karbu pe 28,cdi brt dual band, knalpot ahrs silent high power, pj mj 11o dan 42.
ada sedikit masalah kondisi motor ini ga bisa di centok tpi kalo di ayun mantap mohon pencerahan ukuran pj mj yg cocok..
thx

rio said...

Bang, bysonku sdh gnti cdi brt hyperband, knalpot two brother racing, filter ferox dan karbu keihin P28. Ditarikan atas kehilangan power dan coba kulepas filter udara baru pas, knp bang? Mohon semburannya tuk bysonku, thank's..

Ade Gustomo said...

- candra = yg pasti pengaruh gan, cuma kalo karbu standar kurang maksimal gan...

- coba setel ulang karbunya gan, seharusnya kalau pake karbu PE28 n mj/pj segitu kalau setelannya pas psti hasilnya maksimal gan...:)

- rio : kalau pndapat ane c setelan karbunya, coba stelan anginya di ubah gan, nyetelnya pas filternya dipasang.., coba disetel karbunya ke campuran kering...

zHey said...

Gan oli yang pas tuk c kebo ap ye......,,,,,,,

Ade Gustomo said...

coba pake enduro racing 4T gan,, selain lebih ngacir juga cintai produk dalam negeri gan...:)

Anonymous said...

┈̥-̶̯͡♥̸̸̨̨͡♏ムŞ. .̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̨̨̨̨̨̨̨̨ ̸̸̸̸̸̸̨̨̨̨⌣̊┈̥-̶̯͡. Bro,ane ketemu knalpot byson,DBS harganya 600rb,yoshimura 500rb,nobi 455rb
Mα₪α ÿ̲̣̣̣̥ά̲̣̣̣̥N̤̥̈̊G̲̣̣̣̥ terbaik ⌣̊┈̥-̶̯͡»̶̥{̶»̶̲̥̅̊(̥̊‎‎ya)̥̊«̶̲̥̅̊}̶✽̤̈·̵·̵̭̌«̶⌣.....
Alnya ↳☆Ǧ̩̥ȋ̝̊̅̄ nyicil upgrade neh...
Mohon infonya....

Ade Gustomo said...

kalo pilih yg terbaik c hrus d tes pke dynotes dlu biar tau mna yg punya power terbaik..., tapi klo ane pribadi c milih yg Yoshimura gan...:)

hengky said...

bang mau tnya ni... Mtor ane byson.udh gnti sperti yg d ktakan d atas hya saja karbux saya pke yg 26. Tp ko gk stabil ya putaran rmp nya... Trus brebet jg.udh jg sya gonta ganti mj n pj nya.tp ttp sma.. stelan angin jg udh sya putar" tp gk da perubhan.. Bgtu jg dngn jrum skepnya.kira" apax ya.mhon pnjelasanx ya..makasih

Ade Gustomo said...

coba agan bersihkan karbunya barangkali ada kotoran yang nyumbat di lubang2 pda karbu,, seperti biasa jangan lupa setting ulang karbu, emang sedikit sulit gan kalo seting karbu PE, apalagi kalau karbu PE yg KW, cz pengalaman tmen2 ane jg gitu.. kadang cra ngakalin susahnya setting karbu PE KW bisa di akalin dengan ganti repair kit (MJ, PJ, skep, dsb) karbu PE asli,, semoga dpt membantu gan...:)

Migdad Ali said...

Assalamualakim mas Ade
Langsung aja, ane abis beli byson 2013 baru kilometer 400an. klo ane pakein karbu keihin pe28, slang radiator mobil, filter koso apa ada masalah?

Ade Gustomo said...

menurut ane gak ada masalah c gan,, asal nantinya setelan karbu PE-nya bener2 pas pasti gak da masalah...

Anonymous said...

Sekedar bagi2 info gan....motor ane bysin 2013
Ane pake karbu pwl 28,pj35,mj110,...manifold ane potong....jarum skep honda tiger....filter koso untuk mio,.....kabel gas ori dipotong sedikit ujungnya disolder ulang...koil racing..busi denso iridium 0.4 ......gear depan msh 14,belakang naik jd 42.....hasil, tarikan mantap enteng bin hampang mzbro.....namun nafas masih pendek...rencana mau ane ganti cdi brt dualband limiter 12000......komsumsi bbm ga terlalu berubah.....semua pasang sendiri kecuali setting karbu di bengkel formula harapan indah bekasi........hatur nuhun...(contact share info 081380584159)

Ade Gustomo said...

wah bisa dicoba tuh buat agan2 bysoners,, btw thanks sharenya gan...:)

Anonymous said...

Mas, kalau karbu pkae pe cdi standar apa itu ada pengaruh nya ??? Suwun

Ade Gustomo said...

jelas ngaruh gan, untuk akselerasi jadi lebih mantapz,, power juga mantaps, emang sebenernya kurang maksimal klo masih pke CDI standar krna masih kna limit...

wawan ridwan said...

Assalamualaikum agan yang ganteng and baik hati ane mau nanya gan, jadi gini gan ane bener2 galau nih sama si kebo byson servis sudah berkali2 sebulan mungkin ada 4 kali tapi tetep masih gitu, kebo ane ngebrebet mulu gan penyakitnya, yg mau ane tanyakan perlukah di ganti CDI'nya? Atau karbunya? Karet vakum karburator ngga elastis?
Ane ngga tau penyakit brebetnya apa gan, tolong kasih masukan dong, mohon balasannya, thank you gan wasalamualaikum.

Ade Gustomo said...

walaikumsalam... wah alhmdulillah akhirnya ad yg bilang klo ane ganteng...:D
kalau saran ane c coba cek pada karburator, coba gunakan karburator kepunyaan byson lain, misal pinjem punya temen,, jika ternyta tidak mbrebet, dapat dipastikan karbu anda yang bermasalah, solusinya coba ganti karet vakumnya, karena inilah kelemahan karbu vakum... semoga membantu...:)

aam Grego said...

Hallo Kisanak... lam kenal.
Mow nanya2 neh..
Bulan desember '12 kmrn saya nganti knalpot byson saya pake NOB1 trus OLI juga gnt BM1. Seiring wkt terasa rantai kamprat dan klep sering berubah seteleh d geber pd kec.100km/jam lebih dikit.
Sudah d stel, tp msh kumat lagi setelah d geber...

Masalah sebenarnya dmn ya? Di knalpot yg g cocok sama karakter mesin ato masalah kekentalan Olinya ya? Mohon pencerahannya Kisanak... matur suwon...

Ade Gustomo said...

saran ane coba ganti pake knalpot standar lagi, apakah masih sama.., kalo sama, kemungkinan ada masalah sama ulir atau baut setelan klep (slek)... cz banyak byson yg pake nobi tapi gak ada masalah yg berarti gan... smoga membantu...:)

Anonymous said...

kalo bunyi yang srek srek itu yang sebelah kiri itu , bunyi kamprat byson / rantai ketengnya kendor ... to agan yang post tanggal 5 desember

awan said...

Bos ikutan tanya dong .,.,
byson ane masih standart cuma ganti knalpot R9 aja.,,selama 6 bulan gak ada masalah masuk 7bulan ini knalpot brebet gak karuan,vakum udah ancur gara'' konsumsi pertamax plus dr bln pertama samp bln ke 6,dan udah saya ganti skaligus pegasnya tp lon ada hasil, dah keluar masuk bengkel sampek bosen ane,apa solusi bwat kebo ane Gan????tolong kasih masukan tanpa ganti karbu,cdi orinya,,,ane tunggu gan saranya Thx

Ade Gustomo said...

coba agan ganti mj dan pj-nya dgn yg baru, biasanya maslah karbu terjadi pada bagian trsbut... semoga bisa membantu gan...:)

Chesar N Chessy said...

Gan, curhat nih , byson ane udh gnti Pe28 , Intakenya Udh gnti Intake (custom) Pendek bgt -+3cm Jarak Antara Karbu ke Mesin, Yg mau di tanyain , Busi Hitam (dop) klo abis di pake lama , trs.. Tarikan Bawah Gigi 2 masih suka "Ndut Ndutan" Tapi klo udh dpt Gigi 3 Napas Panjang bgt Rpm 90km/h Baru Gnti Gigi 4 , Nah pas Gigi 5 Rpm 105Km/h Susah bgt Naek nya... Tarikan jadi Datar Kurang tenaga.. Knp bisa bGitu Gan..

Ade Gustomo said...

busi jadi hitam dop berarti kering gan, biasanya karena suplai bahan bakar yang kurang, coba disetel agak boros dikit gan, bisa dgn mengganti jarum skep yg lbih kecil atau menyetel jarum skepnya,, jika masih tetap, coba intake-ny jangan dibikin pendek alias dibuat standar... semoga bisa membantu gan...:)

Anonymous said...

numpang nanya ni mas,byson ane dah pakek PE 28(TDR),coil Engine YZ,CDI power max,knalpot R9,busi TDR racing,and gear depan 15,belakang 36,

tapi Di top speed nya gk nambah tenaga nya tu mas (rpm turun),mohon informasi nya mas,.
thank's

Ade Gustomo said...

coba setel ulang karburatornya, komposisikan mj/pj seperti yang ane share di atas,untuk gear coba pakai rasio 15-44 = rasio 2.93 (rasio gear standar byson 14-40 = rasio 1,85)... semoga membantu..:)

Malo pradesia said...

gan ane punya byson keluaran 2012 akhir ni waktu masih baru2nya sih ga ada kendala apa2 cuma pas udah ada 5 bulan baru deh nongol penyakitnya..
jadi byson ane sering ngempos kalo dibawa sampe2 mati sendiri gitu, trus pernah juga byson ane sampe 1 minggu ga bisa nyala, akhirnya ane bawa ke dealer servisnya alhamdulilah abis dari situ motor ane ga pernah ngempos dan mati lagi cuma kadang motor ane suka agak berebet tu kira2 kenapa ya gan.?

oh iya gan ane mau tanya lagi ni, kalo ane mau naikin peforma si byson ni tapi nyicil sih hehehe, kira2 apanya yang harus ane ganti dulu ya.?
tolong pencerahannya secepatnya gan..
maaf ni ya banyak tanya maklum pemula hehehe..
thanks..

Ade Gustomo said...

hahaha.. woles aja gan, ane malah seneng kalo ditanya sana-sini... hehehe...
kasus agan kalo ane pikir2 mirip ma kasusnya Honda new Megapro ya, itu tuh sering brebet. Karena sama, mungkin maslaah terjadi pada karburatornya, terutama vakumnya, biasanya vakumnya minta diganti, apalagi motor agan udah pernah mati 1 minggu yg mengakibatkan karet vakumnya mungkin sedikit letoy...
kalau modif nyicil urutannya menurut ane gini nih gan : knalpot >> karburator >> pengapian
semoga membantu gan...:)

Anonymous said...

sob, ternyata pas gue liat byson gue, udah otak-atik smw ,kya
1, ban dpn 120 n blakang 130
2. karbu mikuni 28
klo knlpot standart n cdi kurang tau,
tp klo buat gaspool udah mantap,
klo blh saran ,selain dua td ,di otak-atik apalagi sob

Ade Gustomo said...

knalpot gan, kan masih standar tuh..:D
truz slanjutnya bisa d klistrikan, mulai CDI, busi, koil, truz slanjutnya ke per kopling... InsyaAllah mantap gan...:)

agung rafly said...

Assallamualaikum ,maav bro saya mau tanya,saya baru mengganti knalpot pada banteng item saya dengan DBs,swara lumayan ngebass maav bkn iklan,yg saya mau tanyakan,kondisi karburatornya masih belum di otak atik,dan pengapiannya juga demikian,yg sya liat diatas klo menggunakan setingan mj pj di terapkan di karbu standar dan pengapiannya masih standar ada efek buruknya ga di mesin banteng item saya,
Mohon pencerahannya oh iya nama saya agung..
terima kasih banyak Om yg ganteng2 mhn sarannya

Anonymous said...

pake pwl 28 .
mj 98 pj 40 ngacir..
padahal gw pake knalpot standart satria f.u .

Ade Gustomo said...

- walaikumsalam... DBS emang ngebass gan suarany...:) efeknya mungkin mesin menjadi cepat panas aja gan,, lainnya belum pernah ad teman yg modif byson komplain masalah mesin... semoga membantu..:)

Bambang Triyono said...

Numpang tnya nc klo cuma ganti knalpot aja gmn tuch,,,
Ane cuma ganti knalpot pke R9 ..

Bambang Triyono said...

Klo cuma ganti knalpot pke R9 doank gmn gan,,mohon pencerahannya..

Ade Gustomo said...

bisa gan.. tinggal setel ulang karburatornya aja biar dapat tenaga yang maksimal...:)

Malo Pradesia said...

assalamualaum gan..
ane mau numpang tanya-tanya lagi ni boleh gak, hahaha :-D..
motor byson ane kan sekrang ni udah pake knalpot freeflow yg after market terus karbunya juga udah pake keihin pe28 nih ya terus kondisi mesinnya masih standar alias masih bawaan pabrikannya....
nah jadi masalahnya begini nih gan ane mau coba main pengapiannya pake cdi brt dualbandnya nih, cuma masalahnya cdi dualband itu ada 3 tipe tu kan, tipe ST, TR sama RK. terus kira-kira cdi dualband yang cocok buat byson ane yang mana tuh ane masih binggung..
kira-kira kalo ane pake yang tipe TR cocok gak, apa bermasalah, mengingat kondisi mesin yang masih standar dan menkonsumsi bbm jenis premium, takut nanti udah beli malah ga cocok kan sayang gan..
tolong penceahannya..

"terima kasih"

EL BARCA said...

Gan mau tnya ne, kenapa saat ane ganti karburator pe28 ko malah keluar asap ya, tolong pencerahannya gan?
tq..

Ade Gustomo said...

ALL: maaf baru sempet bales, soalnya lama gak ngeblog..:D
- malo: oke sante aja gan..:) kalo ubahannya kek seperti agan mending pake yang tipe ST aja, ST = standar tune up, TR= tune up racing

- barca: warna asapnya apa gan?? kalo keluar asap putih biasanya karena ada yang bocor di silindernya, bukan karena karburator, coba ganti ring sehernya...

semoga membantu gan...:)

pras said...

permisi gan ane mau numpang tanya ni ..
motor byson ane kenapa ya kalo pada saat ga d'gas atau gas kecil suka mati mesin'a, gasnya harus selalu d'mainin supaya ga mati..
terus kadang2 kalo abis d'geber kenceng d'bawa kebut2an pada saat turun gas mesin motornya bengek terus mati, itu kira2 kendalanya kenapa ya gan..
ane jadi bingung sendiri ni..
padahal setelan karbu'a udah pas banget, ane udah pake karbu yg keihin pe28 sama knalpot freeflow yg lainnya masih kodisi standar semua..
tolong pencerahannya gan..

Malo Pradesia said...

gan ane udah coba muter2 d'hambir semua bengkel deket rumah ane gan tapi yang cdi brt dualband yang tipe ST kga ada yang jual gan, yang ada rata2 pada jual yang tipe TR semua, kata orang bengkel'a: "pake cdi yang tipe TR juga kga apa2 buat motor byson yang mesin standar juga kga bermasalah, banyak ko motor byson yang ke sini juga pada pasangnya yang tipe TR." (kata orang bengkel'a sih..)
kira2 kalo menurut agan gimana ni, ane jadi bingung ni gan..
terus ane mesti gimana ni gan kira2..
soal'a ane pengen banget ni biar byson ane jadi makin ngacir gan, tolong pencerahan'a lagi..

ane tinggal d'kawasan serang-banten gan..

"terima kasih"

Anonymous said...

Mas gan tanya dong
byson ane bore kawahara 200cc brt powermax pe28 nobi dual sound manipol potoong pendek
Kenapa ya susah setting rpm bawah pj dikecilin ngempos digedein brebet
tarikan atas oke ngisi terus tapi gigi 5 loyo...bangetnget
Pj mj idealnya brp yah trus ngakali gigi 4 ke 5 langsung drop kayak jauh banget rasionya gitu
Apa perlu setting klep juga kah karna head noken settingan pabrik
Makasih masgan

Anonymous said...

Maaf klo ane nimbrung buat yang sesama para pecinta kebo.
Kebo ane knalpot orisinilnya di bobok kl karbu ane ganti pake scorpio tp kok kecepatan cuma mentok smp 60 ya. Kl di gas penuh mbrebet. Mohon bimbingan.

Anonymous said...

Maaf klo ane nimbrung buat yang sesama para pecinta kebo.
Kebo ane knalpot orisinilnya di bobok kl karbu ane ganti pake scorpio tp kok kecepatan cuma mentok smp 60 ya. Kl di gas penuh mbrebet. Mohon bimbingan.

gege said...

,injin gan numpang tanya kalo settingan karbu sperti diatas , trus jarum skepnya disett gimana

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 214   Newer› Newest»

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...