Tuesday, March 8, 2011

cara mengiritkan motor anda

Harga bahan bakar kendaraan bermotor yang cukup tinggi membuat sebagian masyarakat mulai memikirkan bagaimana cara agar kendaraan yang kita gunakan dapat irit bahan bakar. berikut adalah bagaimana cara agar kendaraan menjadi lebih irit BBM :
1. Lepas filter
dari beberapa sumber melepas filter dapat menjadikan konsumsi BBM menjadi irit, dengan melepas filter maka udara yang akan masuk tidak terhalang akan tetapi banyak debu yang masuk sehingga kita juga harus sering membersihkan karburator. cara ini lebih cocok diterapka di daerah pegunungan yang terkenal dengan udaranya yang bersih.
2.Naikan cincin jarum spuyer
Dengan menaikan cincin jarum spuyer 1 tinkat atau ke posisi paling atas aliran pasokan bensin menjadi lebih sedikit sehingga dapat megiritkan pemakaian bahan bakar motor. Tetapi cara ini mengakibatkan performa kendaraan anda sedikit menurun.






3. cek tekanan ban:
sepele,tapi besar manfaatnya dlm menekan konsumsi bensin.karena klo tekanan angin kurang,dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%.jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
4.setel kopling.
Ini juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM.setelanya jangan sampai terlalu sensitif.maksudnya,saat tuas kopling ditekan,gigitan kampas kopling jd cepat ngelos.hal ini bikin kopling mudah selip saat gas di pelintir.lari motor pun jd tertahan,tp putaran mesin meninggi.selain itu,pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik.bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.
5.busi.
umur kerja busi,efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM.lebih dr itu,performa busi mulai menurun.hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop.alhasil pemakaian BBM menjadi boros.sebab campuran gas jadi takterbakar dengan sempurna. tenaga mesin pun akan loyo. Bila kelihatannya busi masih bagus dan dana tidak mencukupi, stel jarak kelonggaran elektroda, dan bersihkan kerak yang menempel pada elektroda dengan mengguakan amplas.
6. karburator.
di anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran.sehingga selalu didapat efek pengabutan bahan bakar yg sempurna.selain itu,setelan ketinggian pelampung,sekrup udara atau pilot air screw jg sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin.bila dilakukan tepat,dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk,dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
7.pakai fuel saver.
adalah alat yang digunakan untuk mengiritkan BBM. Ada beberapa merek yang beredar si pasarana seperti power FX, femax, ring bensin. berdasarkan hasil riset, alat itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%. Tetapi kita harus mengeluarkan dana lebih buat menebusnya,kira-kira rp150-300 ribuan.
8.ringan kan beban motor.
motor yg berat,bikin lari ikut berat.pengendara jadi sering memilintir gas dalam-dalam saat mau berakselerasi cepat. jadi sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yg dapat membuat bobot motor bertambah .gunakan variasi yg berbobot enteng/ringan. misal pelek alumunium,swing arm dan sebagainya. apabila aki motor anda soakdan tidak terlalu diperlukan, bisa mencopotnya.
9.cara berkendara
Cara berkedara kita juga menentukan keiritan BBM kendaraan bermotor. jangan sering memelintir gas secara spontan, pelintir gas secara perlahan-lahan. jaga putaran mesin kendaraan bermotor anda, jangan memainkan putaran mesin terlalu tinggi, paling efektif jaga putaran pada 3000-4000rpm. terbukti pada lomba irit BBM yang biasa dilakukan oleh Honda.
demikian tips cara mengiritkan kendaraan anda sehingga uang anda tidak untuk mengisi perut motor anda sehingga perut anda yang akan terisi... hehhehe... kalo ingin lebih irit lagi nih dia caranya...

Artikel menarik lainnya

3 comments:

hidup lebih baik said...

saya pake motor byson, apakah dengan menggunakan femax akan berpengaruh lebih irit ?

Ade Gustomo said...

klo saya cari dari sumber2 yg ada di internet, kebanyakan banyak yang bilang bisa bikin awet BBM hingga 10%, lumayan... tapi klo dispec Femaxnya bisa hingga 35%... boleh dibilang cara paling ampuh bkin irit BBM adalah cara berkendara sobat, jgn sering narik gas secara mendadak n jgn sering bermain pada putaran tinggi, satu lagi kalau dari keadaan 0km/jam, pastikan posisi giginya 1 saat mau jaln... itu bisa ngirit BBM mpe 20% sob.. ane pake megapro tuwek semarang-tegal cuma abis bensin 15ribu, gak sering nggas ndadak n ane btesin 90km/jam, ngalah aja klo d bangjo...:)

Anonymous said...

kalau mau irit bbm mah nebeng pake motor orang dan gak bayar. hehehehe. dijamin sangat irit. cara ini bisa dipake 2x ke orang yang sama selebihnya dicuekin. hehehe selamat mencoba

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...