Monday, June 25, 2012

Bicara soal skutik yang paling modis soal model dan sarat dengan teknologi baru, pasti semua setuju menjawab Honda Vario 125 PGM-FI. Ya, skutik keluaran pabrikan sayap mengepak ini memang memiliki model yang cantik, lebih cantik dari pacar ane... hehehehe... (bercanda kali..). Dari teknologi juga termasuk canggih dan baru. Sebagai contohnya adalah adanya tombol pembuka jok yang terdapat di dashboard depan, cukup unik dan kreatif menurut saya. Canggihnya lagi suara starter elektriknya yang sangat halus,  nyaris tidak terdengar, tiba - tiba mesin hidup... Wow... Jadi ngidam deh punya ni skutik, apalagi setelah liat dan mencoba Vario 125 PGM-FI punya temen ane...xixixi..

Honda Vario 125 PGM-FI
And... yang jadi masalah, kalau ane perhatikan ketika blog walking di dunia maya terutama mengunjungi blog - blog otomotif banyak beredar kabar masalah suara berisik seperti suara ngorok yang timbul pada Vario 125 PGM-FI. Kalau ane sendiri gak begitu merhatikan sih waktu nyoba punya temen. Tapi ane penasaran  sama kabar ini, dan setelah ane mencari - cari dan mencarinya lagi, ketemu deh jawabannya di webnya bang iwanbanaran yang juga dapat dari forum WeloveHonda.

Dijelaskan bahwa suara ngorok yang timbul pada Honda Vario 125 PGM-FI berasal dari 3 komponen yang saling berhubungan di dalam mesin, yaitu bearing, crankshaft dan crankcase. Dan melalui sumber pula dijelaskan cara mengatasinya. Namun yang sangat disayangkan adalah, bahwa yang masih dapat diatasi adalah bila Vario 125 PGM-FI anda masih di bawah jarak tempuh 100km. I dont know...@.@a

Dan Cara Mengatasi Masalah Suara Berisik / Ngorokpada Vario 125 PGM-FI yang ane dapat dari sumber adalah sebagai berikut :

1. Bongkar bagian Drive Pully.
penampakan drive pulley
2. Menggunakan case puller, Dorong as crankshaft ke arah radiator sekitar 1mm.
case puller untuk mendorong crankshaft
3. Setelah selesai, rakit kembali deh drive pully-nya.

Ingat cara di atas masih bisa digunakan pada Vario 125 PGM-FI yang masih berjarak tempuh kurang dari 100km. Karena jika lebih dari itu atau bahkan lebih dari 500km, jarak antara clearance crankshaft dengan crankcase-nya sudah terlalu lebar. Dengan ini anda disarankan melakukan klaim C2, yang kemudian akan diganti bagian crankcase sebelah kanan.

Selain cara di atas, anda dapat mengurangi suara berisik atau ngorok dengan cara yang relatif sangatlah mudah dan simpel, yaitu dengan mengganti kipas radiator standar milik Honda Vario 125 PGM-FI dengan kipas radiator Honda Vario keluaran pertama atau Vario Techno seharga Rp 12.000,-. Pilihan lain adalah bisa menggunakan Kipas milik Honda PCX 125.
perbedaan kipas Vario 125 dan PCX
Suara berisik atau ngorok yang timbul pada Honda Vario 125 PGM-FI sebenarnya tidak akan mengganggu kerja mesin secara mendasar. Namun suara tersebut pastinya dapat mengurangi kenikmatan berkendara menggunakan Vario 125 PGM-FI, kalau bagi anak muda seperti saya mungkin tidak masalah karena terbiasa dengan suara knalpot racing yang notabene bersuara berisik. Berbeda bagi bapak - bapak yang kebanyakan justru menyukai suara mesin motor yang halus. Hmm... Namanya juga buatan manusia pasti gak akan sempurna 100% bukan...

Sekian share dari saya yang berjudul Cara Mengatasi Masalah Suara Berisik / Ngorok padaVario 125 PGM-FISemoga bermanfaat...:)

135 comments:

alhuda said...

kalo mengatasi vario 125 yg makan busi gmana tu om ?
km vario 125 saia baru 7000 km, ttp sudah menghabiskan 4 busi, n sekarang masih bermaslah pd tenaga ny, yaitu sering macet2, sehingga utk jln tnjakan g sanggup...
mksh sblmmy ats sharing ny om...

Ade Gustomo said...

coba cek bagian koilnya sob atau mungkin kabel teg.tingginya... coba dganti brangX koilnya yg bermsalah.. bisa pinjam dulu sob atau pakai punya mtor lain...

semoga bisa membantu sob..

Anonymous said...

Untuk masalah busi mati,coba ganti dgn busi CS1 atau kesini gan http://pojok.welovehonda.com/showthread.php?150-VARIO-125-Motor-Terasa-mau-mati-saat-di-Gass-suara-mesin-agak-keras

Ade Gustomo said...

sipz sharenya sob, Thanks a lot..;)

Rohim Hasim said...

sudah banyak keluhan tentang vario cbs kenapa pihak terkait tak pernah merespon,,pabrikan honda thk

Ade Gustomo said...

halo AHM..??

amel cemal cemil said...

permisi nyuwun sewu..
masalh pario ngorok jg ada pd pnya sy, bahkan businya jg udh ganti 3x, dan jarak pergantian busi tdk lbh dr 2minggu. wot hepen dngn pario 125..???

amel cemal cemil said...

pario 125 pnyaku jg ngorok, bhkan dr prtama beli bln juni smpk hr ni udh ganti busi 3x. wot hepen dngn pario 125..???

Anonymous said...

THE ALL NEW VARIO 125 PGM FI
Bagi para pemilik HONDA VARIO 125 yg kebanyakan mengeluhkan suara ‘NGOROK’ pada motornya,disini saya mau berbagi solusi untuk mengatasi hal tersebut.Pengalaman ini saya dapatkan melalui riset trial & error.Jadi sudah benar2 terbukti dan sudah sering saya aplikasikan,hasilnyapun manjur.Ngorok hilang sama sekali.
Berikut ini langkahnya :
- Banyak yg bilang kalo suara ngorok disebabkan dari kipas pendingin radiator,hal itu salah besar.Yg benar adalah dari posisi roller.Diketahui bahwa roller vario 125 dimensinya besar,dan lebih berat daripada vario type sebelumnya.Dimana roller dari vario 125 ada marking kuning di salah satu sisinya.Nah hal ini yg akan kita rubah.
- Susunan awal roller dari pabrikan ditunjukkan seperti gambar 1
-
- Dan akan kita rubah seperti gambar 2
-
-
- Yg mana awalnya marking kuning tidak berhadapan kita rubah menjadi berhadapan.
- Lakukan juga hal tersebut untuk ke empat roller yg lainya,sehingga ada tiga pasang roller yg saling berhadapan marking kuningnya.
- .Setelah itu kita susun kembali di dl dalam face comp,movable driven seperti gambar 3
-
-
-
- Terakhir tinggal dirakit lagi pada motor dan rasakan hasilnya,suara ngorok pasti hilang sama sekali.
- Disini saya jg mau memberitahu bahwa kondisi abnormal lainya selain suara ngorok adalah :
Motor tersendat sendat saat jalan,atau kecepatan max 60 km/jam,atau terasa seperti suplay bensin telat.Hal tersebut dapat diatasi dg jalan mengganti busi dg type lebih dingin (busi standart adalah NGK CPR 7 EA-9 / DENSO U 22 EPR-9) diganti NGK CPR 8 EA-9 / DENSO U 24 EPR-9.Kalo susah mendapatkanya bisa pakai busi milik supra 125 yaitu : DENSO U 20 EPR-9 (selama ini saya pakai type tersebut dan tidak ada masalah).Dipastikan kendala loss power/tersendat hilang.
- Ada sebagian kecil yg mengeluhkan suara kasar pada saat stasioner hal tersebut disebabkan oleh lifter tensioner (stut/otomatis rantai keteng/kamrat) yg kurang keras tekananya.Hal tersebut bisa diatasi dg menggulung ulang plat yg ada di dalam lifter tensioner.Bagi yg kurang paham bisa minta tlg sama bengkel.Lifter tensioner ditunjukkan seperti pada gambar 4
-
- SEMOGA BERMANFAAT.

Ade Gustomo said...

thanks masukannya sob..:)
btw bisa kasih alamat gambarnya sob..?? cz disini gk da gambarnya, biar pembaca semua tahu sob..:)

Anonymous said...

ra enek gambar'e sob..

Ade Gustomo said...

mkasih masukkannya mastah... ane cari2 gambarnya dulu ya...:)

Anonymous said...

Add friend FB : variongorok@ymail.com
untuk dukung recal vaario

Anonymous said...

Maaf, ane orang awam, sebenernya cukup binggung dengan kekurangan yang ada di tulisan2 tentang Vario 125, meskipun ada solusi dari pakar luaran, kenapa pakar AHM nya adem ayaem atau seolah tidak menyesuaikan ya ? apakah ini prinsip banget untuk menyesuaikan kelemahan dengan spec yg baru / lebih sempurna ? Intinya jika ada yg bisa nyelesaikan masalah, ... kenapa tak ada perbaikan seketika di next bulan produksi... apakah harus tunggu seri all new kluar lagi baru perbaikan ?.... Contoh gampangnya masalah busi, jika ada solusi busi yang lebih dingin, kenapa pabrikannya memberi saku busi yang lebih panas. Halo AHM, ane mau beli Vario nih, tapi jadi bingung baca2 ginian .....

Ade Gustomo said...

- wah ada yg mpe bkin fb juga..

- sperti yg telah dijelaskan diatas, sbenarnya bunyi tersebut gak ngaruh ma performa, cuma bnyak dari penggunanya yg ngeluh, ane aja klo jejeran ma vario 125, suara ngoroknya trnyata keras juga,, mngkin yg bikin mengganggu adl gk enak di kuping..

Anonymous said...

MAAF JIKA PADA SHARE SAYA KEMARIN ADA YG KURANG,GAMBARNYA G KLIATAN.BAGI YG INGIN TAHU LEBIH JELAS BISA MENGHUBUNGI SAYA VIA EMAIL DI one_one_29@yahoo.com / FB.AKAN SAYA KIRIMI FILE YG MENJELASKAN HAL TERSEBUT.

Anonymous said...

Justru yang jadi masalah sekarang bukan suara yang NGOROK,,,tp ketika jalan tiba-tiba setelan gas Ngadat.itu sebenarnya masalahnya dimana,,,??? Padahal Busi juga sudah di ganti tp jalan sekitar 100 km masalah itu muncul kembali.

Ade Gustomo said...

klo perkiraan saya, mnghkin pada setelan injeksinya sob, coba minta disetel/direset ulang di bngkel AHASS... moga membantu sob...:)

Anonymous said...

gue abis kecelakaan, motor Vario 125 gue ancur lampu depannya, kira2, ada imitasinya ga? dan klo aslinya udah ada pa belum , berpa harganya...

thanks Gan...

Ade Gustomo said...

wah klo mnurut ane belum ada gan, di kota ane aja bodi vario techno gk da imitasinya, apalagi yg 125..., mending beli yg asli saja gan, tpi spertinya juga hrus inden di AHASS... moga membantu sob..:)

Rohim Hasim said...

gan,,mau tanya ,,yg jual kipas honda pcx di daerah mana dan harga ny berapa.

Ade Gustomo said...

masuk aja ke AHASS, harga mngkin antara 30-50rbuan, atau bahkan bisa lebih.. cz barang langka...
mungkin ada yg lebih tau harga kipas Honda PCX, bisa share disini sob..:)

adit said...

kalo masalah pengapianx gmna????
saya rasa pengapianx yg kurang normal.........?!!!
ada yg tau gak???

Anonymous said...

Saya bar 3 bulan ngambil vario 125 ..2 kali ganti busi..!!!
gas juga masalh masya mau mati2 motornya...
serang niat mau jual lagi !!!

Anonymous said...

AHM sebagai pihak yang sangat bertanggung jawab dalam kasus Vario PGM-fI, tidak menunjukan batang hidungnya. dalam hal ini tidak ada tanggung jawab terhadap konsumen setia motor Honda....

padahal saya sangat suka sekali dengan motor Honda Vario PGM-fI, namun dengan banyaknya keluhan dari konsumen saya tidak jadi membeli motor Vario PGM-FI...sampai-2 sy tidak bisa membeli motor lain biarpun dari merek lain yang secara fisik sangat menggoda, tapi buat saya Vario PGM-FI sangat efektif karena kelebihan-2 yang ada di motor Vario PGM-Fi...

AHM mohon kasusnya cepat ditangani dan diketahui masalah utamanya dari mana agar konsumen seperti saya berani membeli motor Vario PGM-FI...

AHM sy akan setia menunggu Vario PGM-Fi....

Ade Gustomo said...

halo AHM...??

Anonymous said...

Kasusnya mirip dengan Honda Supra X 125 Helm in PGM-Fi milik saya. jika ditarik gas dan udah lari kencang sebelum pindah gigi selanjutnya, timbul suara seperti jangkrik. Jarak tempuh baru 199 km. mohon pencerahannya.

Anonymous said...

saya paernah coba atasi masalah itu, karna banyak orang mengeluh setelah service gratis pertama motor jadi brebet, menurut saya itu karna kesalahan mekaniknya yang suka geber geber motor tarik gas sampai kabel gas hampir putus, saya rasa brebet itu akibat putaran mesin terlalu tinggi tp tanpa beban, silahkan saja lakukan reset dan setting altitude ( kebiasaan ) tp jangan pake geber ala mekanik racing, karna perlu di ingat kalau vario 125 itu bukan motor racing melainkan motor ibu2 untuk pergi ke pasar atau ke super market.. hehehe bercanda om..
dan kalo misal perlu di ganti busi, ganti aja busi yang bukan racing misalnya platinum atau iridium, percuma busi mahal di pake untuk motor ibu2.. bagaimana pendapat kalian tentang pengalaman saya?? PGM - FI itu pintar, kalo orangnya bodoh pasti motornya juga ikutan lelet.. piss..

Anonymous said...

Silahakan kembali pada postinga saya di atas.InsyaAllah masalh bisa teratasi.

Anonymous said...

slm knl om smua.
ak bru beli vario 125.kmrn dh tk cba djlan,klo mslh tarikan memang jos.brebet g ad.tp wktu kcptn tnggi ak tarik gas ad ngoroknya.ak rasakan bunyi itu d sebelah kanan.itu ap ya om?

Ade Gustomo said...

klo mmbaca artikel di atas ada dua versi sob, yg satu dsbabkan krena d bagian crankshaft'nya, atu lg di d bagian kipas... klo sbelah knan kemungkinan kipasnya sob, coba ganti pke punya Honda PCX spt cara di atas...
moga membantu sob..:)

Anonymous said...

sama ne cerita nya dengan motor vario 125 pgm f1 punya ku gas nya tersendat sendat seperti kehabisan bensin.gmn ne solusi nya sob.malahan dah di coba pakai busi CS 1 tetap juga nyendat nyendat tarikan nya.jadi harus bagai mana ne perbaikan nya tolong donk bagi teman teman yang taw kasih solusi nya donk.sandra anak dumai

Anonymous said...

sy org awam gan mau minta saranya. sy beli vario125 4bulan yg lalu, yg sy rasakan saat ini mesin ngorok sama tiba2 stelan gas ngadat. belum pernah ganti busi, saat ini d km2000., minta saranya donk sy gk tau apa2 ttg otomotf,,

Anonymous said...

ejala loose power dan ndut ndut ganti busi standart Honda CS 1 type dingin cuma 13.000 busi standar vario jenis platinum panas makanya sensor ACM sering berubah DIJAMIN

suara ngorok ganti kipas radiator dengan punya punya PCX 125 tinggal pasang tanpa merubah kedudukan harga 180 kenapa ngorok karena bilah di vartec lebih panjang DIJAMIN

problem solve vartec 125 injection

zacky londo said...

beli aja busi milik Satria FU harganya cuma 13 ribu, lumayan bisa tahan 4000km

Ade Gustomo said...

thanks share'nya sob..:)

Andromedae Lolong said...

ane baru beli Vario CBS 125cc (Sept 2012), utk pertama kali jalan bareng sm kuda besi besutan honda ini manteb, irit, nyaman, aman. anehnya, motor baru ane ini ada suara ngoroknya dan suara ngorok itu pas di bawa jalan 40km kebawah. tp klo di atas 40km udah gak kedengeran suara jadi alus. trus yg kedua, kunci buat buka jok macet. alhasil, ane jd gak bisa buka jok n gak bisa isi bensin. utk antisipasi, apa ane perlu ganti busi buat jaga" supaya mesin gak brebet? tolong info2in solusinya. thx.

ryo arief said...

sory kawan sebelumnya..
ane punya vario 125 pgm-fi..
ane bingung nih suara ngorok itu sebenarnya berasal dari mana permasalahannya...
tolong sarannya

Ade Gustomo said...
This comment has been removed by the author.
Ade Gustomo said...

- andromedae : klo masalah busi mngkin bisa diganti pake busi yg lebih bagus, misal busi racing, mungkin itu bisa mnjadi solusi agar vario 125 gak mbrebet lagi..

- ryo : klo diamati belakangan ini, problem vario ngorok itu terjadi karena kipasnya, jadi dengan ganti kipas vario125 dengan milik PCX, vario125 agan gak bakal ngorok lagi..

semoga membantu sob..:)

Anonymous said...

busi yang paling bagus buat vario 125 nie pa ea, capek ganti busi mulu padahal udah pakai busi yg iridium hrga 35rbu tp cuma tahan bentar doang.

Anonymous said...

kalo keluaran november udahh ada yg punya belum???
masih ada kendala2 diatas ga ya..
mohon infonya

Anonymous said...

aduh mau beli vario 125 pgm-fi jadi ragu" dengan ada nya suara ngorok itu..

baguz dhewe said...

pakai oli enduro matic sob tarikan lebih mantap :D

risky said...

sangat mengecewakan vario techno125 pgmfi , bnyak kali masalah nya ....

Unknown said...

Saya punya keluaran pertengahan december.Skuter Jepang(日本) ini cukup agresif dan Irit,tapi suara ngoroknya gk tahan!! saya sudah ganti posisi Roller,hasilnya mulus,tapi masih ada suara ngorok sedikit,apabil Kec. dibawah 40 KM/h

Ams Pas said...

maaf sebelumnya..numpang share...
setahu saya motor injeksi itu pake busi type R,..contoh nc...CR6,CR7,CR8...
kalo g salah sc...arti R itu resistance...
busi type R mampu mengurangi gelombang elektro magnit akibat proses pembakaran.fungsinya agar medan/gelombang elektro magnit tidak berpendar dan mempengaruhi kerja dari pada ECU/ECM(walau sedikit sc)...

kalo motor tersendat saat akselerasi..coba buka box udara dan semprot agar agak kering dikit...pasti tarikan akan lebih jos...(manusia aja klo pake masker basah,nafasnya passti agak berat,apalgi motor)...

INGAT ..MOTOR INJEKSI DISARANKAN PAKE BUSI TYPE R...,klo busi RACING masih belum ada tc yang TYPE R..

Anonymous said...

Kipas radiator pcx susah barangnya, klo diganti kipas radiator vario yg lama bisa ilangin ngorok jg ngak bro? Thx infonya

Anonymous said...

Klo diganti kipas radiator vario lama bs ilangin ngorok jg ngak bro? Soalnya kipas radiator pcx barangnya langka

Benny Sudarlim said...

Saya baru beli vario cbs. Kilometer baru 40. Tapi uda kedengaran ada gejala2 ngoroknya nih. Mau coba servis cara bongkar drive pully seperti yg diatas utk mencegah suara ngoroknya tp kata mekanik honda, itu sangat tidak dianjurkan. Anehnya juga gak ada solusi dr pihak honda. Gimana sih???

Ade Gustomo said...

wah... kalo ane nyarin mnding coba ganti kipas pke punya Honda PCX,,

val sahraz said...

Makasih sob..ane bru 2 minggu bli vario 125 awal bln februari kmren...tetep aza suaray ngorok...apalagi d rpm rendah...

Anonymous said...

Udah beli mahal.. user mesti dipusingin sama barang cacat produksi... masa user mesti copot pasang roler lah, ganti busi khusus lah, ganti kipas lah... itu kan urusan produsen.. itu artinya cacat produksi, ato cacat desain... mana tanggung jawab produsen..??

dwen said...

hem....
share pengalaman aja nie gan....
vario punya ane seinget ane agak bermasalah gra" ane coba" pakein premium,
1bulan ane pke pertamax aman" aja, tapi begitu ane campur premium cuma 10rbu langsung ngorok nya tambah keras n ngadat" di gas....
karena takut merambah ke busi n sebagai nya, langsung ane balik pke pertamax lagy, bersyukur sich ampe km2000 gag ada masalah, busi nya juga aman" aja, cuma mesin masih tetep ngorok aja lau rpm rendah (solusi nya masih ane fikir ampe detik ini).
tapi ane mikirnya juga gag terlalu juga masalahnya itu ternyata tidak mengganggu performa mesin.....
so ane ambil kesimpulan..
nama nya juga buatan manusia, gag bisa 100% sempurna.... :D

B&R Computer 8888 said...

Saatnya komplain bila rewel, mmg semua customer, mintanya lengkap, bagus dan murah. Tp sbenernya ya ada plus minusnya. Kalau dibawah 4000km, segera aja dikomplain, ada hotlinenya kok. aku pernah cakram belakang megapro, garis karena trnyata ada sedikit cacat. langsung ditangani. dan diganti baru sekalian kampasnya. padahal itu saya klaim di beda kota. saya beli di tulungagung, jatim, saya klaim di malang jatim. Tapi selama ini saya puas dengan honda. Kalau yamaha, biasa nampak g enaknya setelah 1 tahun. tp yang beruntung ya bisa sampai 5 tahun gpp.

Ade Gustomo said...

siphhh.. thanks sharenya gan...:)

Anonymous said...

Hahaaaha kok nyalahin AHM, kan sebelum beli vario kita dikasih buku specyficationnya hehehe untuk motor dgn kompresi diatas 10:1 diharuskan pake BBM dgn oktan yang tinggi (pertamax/pertamax plus)...saya sdah pake vario pgmFi 1 taun dan baru ganti busi skali..kok bisa padahal saya rajin isi premium? Caranya saya ganti busi orinya dgn busi racing super iridium TDR dan mmasang 9power 1 biji...alhasil sampai skarang masih mantap...untuk suara ngorok saya ganti kipas ori milik vario lawas (sempet juga dulu gak pake kipas 2 bulan)....dgn penggantian part di atas saya sdah nyaman dijalan...semoga bermanfaat

Ade Gustomo said...

wah mantapz nih,, thanks sharenya gan...;)

NICO SAVIO said...

waduhhhh untunggggg motor honda vario saya ngga ada masalah apa2 pun semenjak beli hehhehehe...pgn motor enak dan irit bbm saya isi shell helix/pertamax plus)irit bgt bisa seminggu lebih roller saya saya ganti dan per cvt pakai pcx,busi pakai denso iridium,koil kawahara terus reset dech ke ahas mantap larinyaaaa... tapi irit bbm...no ngorokkkk...semua motor klo kita beli ada ada kelebihan dan kekurangannya...namanya juga buatan manusia kalo motor pgn lebih kita harus berpikir bagaimana caranya supaya lebih lagi...ok broooo

Ade Gustomo said...

saran n masukannya bisa dicoba tuh...:)

Arie ardiansyah said...

Waduuh, q beli vario injeksi ini udah 4 bulan dan bejalan 4000km. kalau tarikannya nyendat2 diwaktu dingin doank. Tapi kalo mesin uda panas dipake enak. Cuman yang jadi kendalanya suaranya ngorok, udah gitu suara mesinnya kasar. Kalau dibawa jalan di kecepatan 30km per jam ada suara banting pada skitar mesin seperti bunyi setang seher gitu. Dan kadang2 kalau pada saat lansam bunyinya terkadang ada suara tek...tek...tek.. Gitu, tp bunyinya kadang ada, ntar kadang hilang. Mohon solusinya gan,

Ade Gustomo said...

klo suara ngorok coba ganti kipas pake kipas milik Honda PCX gan,,
untuk problem suara tek tek kmungkinan pada setelan klepnya yg terlalu kendor gan... semoga membantu..:)

Anonymous said...

udah pake pertamax gan biar busi kg ngadet mulu, larinya juga lebih cihuyy klo pke pertamak. heheh

Ade Gustomo said...

emang mantap kalau pake pertamax gan...:)

ridho fuaddi said...

klo ane sih ga berani ngutak ngatik motor bro, alias ga ahli dan ga bisa, jadi klo ada masalah di motor, ane mending langsung bwa ke AHASS aja, bengkel resmi honda.. :D

Ade Gustomo said...

hahaha... bener sob.. lebih aman n terjamin pastinya...:)

Damar Putra said...

Bagaimana cara mendapatkan sparepart Honda vario Techno 125 FGM FI
yang original gan. sebab yg udeh ane telusuri di bengkel2 resmi honda. barang2 yg Ori itu agak susah gan didapetinnya yg ada harus inden.

Ahmad Mauludin said...

Ane Punya Tips Biar MAsalah NGorok sama Gas Tersendat hilang. Pertama : Service CVT nya ke bengkel, minta roller2nya ksh gemuk khusus, jgn lupa kampas ganda semprot pake kompresor biar debunya hilang. Kedua : Ganti pakai busi standart injeksi. Ketiga : Ganti saringan Udaranya biar ga mampet. Keempat : tiap kali service minta saluran2 yg terhubung injeksi dibersihin/disemprot pakai cairan khusus (bengkel resmi paham). terakhir pengen lebih sempurna pakai pertamax, karen kompresi standart vario itu tepatnya pakai oktan yg tinggi bukan bensin biasa. Dijamin mas bro kaya baru lagi wlaupun kilometer udh diatas 20.000-an. semoga bermanfaat.

Ade Gustomo said...

terimakasih atas masukannya mas Ahmad, semoga sukses selalu...:)

Anonymous said...

gan kenpa di radiatornya suara bukan ngorok tapi suara kaya jangkrik...gimna solusinya makasih ..

ipunk mawon said...

mau tanya sob.. kenap di radiator motor vario cbs 125 itu suaranya bukan kya ngorok lgi tapi kya suara jangrik...suara jangkrik itu ketika jlan pelan2...mohon solusinya makasih..

Khairul Iksan said...

mau tanya nie mas masalah vario 125
kenapa sering bunyi bletak di pelek bekang saat jalan,,,

Raditya said...

kalo motor vario 125 saya suka hunyi glotok glotok pas langsam, kenapa ya gan?

Raditya said...

kalo bunyi glotok glotok saat mesin vario 125 langsam itu dari mana ya?

Raditya said...

kalo suara glotok glotoj saat vario 125 langsam itu kenapa ya?

Raditya said...

ngikut aja dah..

Raditya said...

kalo motor vario 125 saya suka hunyi glotok glotok pas langsam, kenapa ya gan?

Raditya said...

numpang baca gan!

sariyanti said...

Klo vario 110 awal suara mesinya srok....stok...srok kira2 apanya y om
Pdhl van bel blm lama ganti
Water pump blm lm ganti
Tp msh ada suara srok...srok gtu y
Trims

Unknown said...

Met siang gan saya punya vario tehno, sudah ganti semuanya gear, cbt, gigi di ruang oli gardan bahkan ganti gemuk pake gemuk yamaha untuk melumasi bagian 3 peluru cbt, tapi aneh setelah 4 hari pakai tetap saja bunyi, ngiiiiiiiiiiiiiiing, cuiiiiiiiiiiiiiiing itu kenapa ya gan ???

Adj Ponsel said...

Numpang nanya! Saya punya varioFI 125 ,klo atasnya mbrebet itu harus diganti apanya ya , saya awalnya pernah ganti roller 9g selangseling standt ,,supaya ga mbrebet lgi diganti apanya ya mas?

Adj Ponsel said...

A

M Dafa Samodra said...

Gan varioku kalo di buat ngebut sama pelan bunyi klinting-klinting kalo gk bunyi tak-tak,kira² itu yang rusak apanya gan?

Joeliadi said...

Numpang tanya gan. Saya baru dua minggu beli all new honda beat. Tapi ada bunyi berdenging pada gardan apa lagi kalo jalan langsam, pertanyaanya, apaka memang bawaannya gitu atau ada trebel pada gardan? Mohon penjelasan dari agan agan, karena saya belum tau soal motor matic. Trima kasih

Joeliadi said...

Numpang tanya gan. Saya baru beli all new honda beat dua minggu yg lalu. Tapi ada bunyi berdenging pada gardan apalagi kalau jalan lansam jadi tambah kentara bunyinya. Pertanyaanya apakah memang bawaan gardan bunyi berdenging atau ada trebel. Mohon pejelasan dari agan agan .trima kasig

Joeliadi said...

Numpang tanya gan

budy sant said...

Salam kenal smua,gan.Honda Vario 125cc saya ngorok,terdengar di transmisi tepatnya di bagian dalam cvt,Apakah itu pully-nya yg berisik.Apakah harus di ganti ataukah bisa dibenari?Seandainya,dpt diulas dan jg seandainya ada yg tahu ttg kisaran hrg.nya.Trims banget nih gan.

Anonymous said...

vario 125 injection produk gagal. bandingkan dengan pendahulunya vario cw110. lebih kuat dan awet vario cw110 generasi pertama. saya pakai vario cw110 sejak 2008 sampai sekarang tdk pernah ganti busi. hanya saja kemarin 2016 saya ganti kuprok regulator pengisian aki itupun diganti karena usianya brooo tua.... sampai saat ini variyem cw110 punya saya tidak pernah turun mesin dan masih perawan wkwkwkwkwk....bandingkan dengan vario 125 injection ataupun vario 150 injection. lebih mudah merawat vario cw110 karburator. karena karburator mudah dalam perawatan dibanding injection yg rumit dengan sistem ECU serta jumlah sensor yg bikin pusing....bayangkan kalau seorang pengendara/biker melewati daerah pedalaman atau pedesaan dan direpotkan gangguan mesin dibagian ECU dan sensor-sensor injection lainnya dapat dipastikan bingung tujuh keliling....jadi kesimpulannya injection tidak cocok untuk daerah terpencil atau pedalaman atau pedesaan atau dusun yg jauh sekalllliiiii dari kota....injection cocok dipakai diperkotaan yang bertebaran bengkel-bengkel resmi saja....serta karburator atau sistem jadul....cocok dipakai wong deso seperti saya....wkwkwkwkwkwkwkwkwkkkkk....

Satryo SMNcomputech said...

Knpa vario 125Fi kalian pada boros busi ya...punya aneh udh 3 tahun ini aman aja belum ganti busi sama sekali dari baru....kalo ane bisa kasih saran...vario 125fi ane semua dop lampu udh anr ganti LED semua dari awal beli...kalo bisa tambahkan riley pada bagian lampu utama dan klakson....sekian penjelasan dari saya...semoga bermanfaat...

Satryo SMNcomputech said...

Stasioner gas kurang tinggi dan coba minta ke bengkel AHASS untuk di reset throtle nya....

wira ugi said...

saya baru beli vario 2012 (second)...habis ganti oli,pumble dll setelah berkendara ...kurang lebih 10 Km pas mw lanjut lagi kok ada bunyi ..." krek..krek..krek..." kalau g d dalam kipas di mesin....masukan awal..apa ya penyebabnya??

Anonymous said...

Нi, itѕ pleasant paragraph οn tһe topic of media print, ᴡe all be familiar witһ media is a impressive source
of fɑcts.

Anonymous said...

Asking questions are actually nice thing if you are not understanding something completely, however this article gives good understanding even.

Anonymous said...

There's definately a llot to know about this subject.
I like all the points you've made.

Anonymous said...

I every time used to study post in news papers but now as I
am a user of net thus from now I am using net for posts, thanks to web.

Anonymous said...

In fact no matter if ssomeone doesn't be aware of after that its up to other users that
they will assist, so here it occurs.

Anonymous said...

Ecellent post. I was checking continuously this blog and I am
inspired! Very useful information speciallly the closing phhase :) I care
for such inmfo much. I was seeking this particular info for a long time.

Thank you aand good luck.

Anonymous said...

We're a gaggle of volunteers and opening a new scheme in our community.
Your website provided us with helpful info tto work on. You've performed an impressive
job and our entire community will probably be gdateful to you.

Anonymous said...

Excellent post. I was checking constantly this blog and I'm impressed!
Extremely useful info specially the last part :
) I care for such infomation much. I was looking for this certain info for a very long time.
Thank you and best of luck.

Anonymous said...

Hello, after reading this remarkable piece of writing i
am too delighted to share my know-how here with colleagues.

Anonymous said...

I thuink the admin of this website is genuinely working
hard in support of his web site, as here every information is qualty based information.

Anonymous said...

Thank you, I have just been looking for information about this topic for a while and yours
is the greatest I have found out so far. But,
what concerning the conclusion? Are you positive about the supply?

Anonymous said...

It's actually a nice and useful piece of info. I am satisfied that you simply shared his useful into with us.

Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

Anonymous said...

Hi there every one, here every person is sharing such experience, so
it's fastidious to read thius weblog, and I used to visit this weblog
aall the time.

Anonymous said...

What's up, just wanted to say, I loved this article.
It was helpful. Keep on posting!

Anonymous said...

Wow, marvelous blog layout! How lonng have you been blogging for?
you made blogging look easy. The overall look of your website is excellent, let alone
the content!

Anonymous said...

I'm really enjoyinng the design aand layout of your blog.
It's a very eay on thhe eyers which makes it much more enjoyable for me to come here and
visit more often. Did yyou hire out a designer to create your theme?
Great work!

Anonymous said...

Hi there, I enjoy reading all of your article post.
I liuke to write a little comment to support you.

Anonymous said...

Thanks for a marvelous posting! I actually enjoyed readingg it, you could bbe a great author.
I will make certain too bookmark your blog and will evejtually come back at some
point. I want to encourage you continue your
great writing, have a nice holiday weekend!

Anonymous said...

I've been exploring for a bit for any high-quality articles
or blkog posts in this sort of sace . Exploring in Yahoo I at last stumbed upon this site.
Reading his info So i am glad to express that I've an incredibly good uncanny feeling
I discovered exactly what I needed. I such a lot unquestionably will
make sure to don?t forget this website and give iit a look regularly.

Anonymous said...

Attractive portion of content. I simply stumbled upon your web site and in accession capital to claim
that I get iin fact lovewd account your weblog posts.
Any way I'll bee subscribing for your augment and even I achievement you access
constantly rapidly.

Anonymous said...

What's up, this weekend is pleasant designed for me, as this point iin time i am reading
this wonderful informative article here at my house.

Anonymous said...

My brother suggtested I would possibly like this blog.
He was totally right. This publish truly made my day.

You cann'tbelieve simply hhow much time I had spent for this info!
Thanks!

Anonymous said...

all the time i used to read smallwr posts that as well clear their motive, andd that is also happening with this post which
I am readihg now.

Anonymous said...

Howdy, I do think your web site could be having
web browser compatibility problems. Whenever I look at your
website in Safari, it looks fine however when opening inn IE,
it's got somme overlapping issues. I simply
anted too provide you with a quick heads up! Asode from that, wonderful blog!

Anonymous said...

Wonderful, what a webpage it is! Thiis blog presents useful information to us,
keep it up.

Anonymous said...

Your style iss really unique iin comparison to other folks I have read stuff from.
I appreciate you for posting when you've ggot the
opportunity, Guess I wilol just book mark this web site.

Anonymous said...

Do you mind if I quote a couple of your posts as long aas I provide cresit and
sources back to your weblog? My blog is in the very same niche aas yours and my users
would definitely benefit from some of the information you provide here.
Please let me know if this okay with you. Cheers!

Anonymous said...

Thank you for the good writeup. It in fact was a amusement account it.

Look advanced to more added agreeable from you!
However, how can we communicate?

Anonymous said...

Very good info. Ludky me I reccently found your website by accident (stumbleupon).
I've book-marked iit ffor later!

Anonymous said...

This is very interesting, You're a very skkilled blogger.
I've joined yourr feed and look forward to seeking more of
your excellent post. Also, I have shared your web site in my social networks!

Anonymous said...

Hi there to all, how is all, I think every one is getting more from
this web page, and your views aare good in favor of new visitors.

Anonymous said...

Hmmm is anyone else encountering problems with the pictures
on this blog loading? I'm trying to find ouut if
its a problem on my end or if it's the blog. Any suggestions would bee greatly appreciated.

Anonymous said...

It's the besat time to make some plans foor the
future and it is time too be happy. I've read this post and if I could I desire to
ssuggest you some interesting things or suggestions. Maybe you can write next articles referring to this article.
I wish to read more things abbout it!

Anonymous said...

It's very easy to find out any topic on net as compared to textbooks, as I found this piece
of writing att this site.

Anonymous said...

What's up to all, it's truly a nice for me to
go to see thiis wweb page, itt cosists oof important Information.

Anonymous said...

I'm really impressed with your writing skills ass well as with the layout
on your blog. Is this a paid theme or did you modify it yourself?

Either wayy keep upp the nice quality writing, it is rare to see a nice blog like this onne today.

Anonymous said...

You can certainly see your skills within the article you write.
The world hopes for morde passionate writers such as you who aren't afraid too
say how they believe. Always go after your heart.

Anonymous said...

Simply desire to say your article is as surprising. The clarity in your post is just
spectacular and i could assume you're an expert on this
subject. Fine with your permission allow me to grab your RSS feed to keep updated with forthcoming post.
Thanks a million and please continue the gratifying work.

Anonymous said...

I always was interested in this topic and still am, thanks for posting.

Anonymous said...

Numpang tanya kalo motor vario FI 125 bunyi kasar pada bagian dalam radiator itu kenapa ya

Anonymous said...

Hello, I enjoy reading all of your post. I wanted to
write a little comment to support you.

Anonymous said...

I had been honored to receive a call from a friend as he found out the important
tips shared on your site. Going through your blog posting is a real
amazing experience. Thank you for taking into consideration readers just
like me, and I desire for you the best of success for
a professional in this topic.

Anonymous said...

Do you mind if I quote a few of your posts as long as I
provide credit and sources back to your site? My blog
site is in the exact same niche as yours and my users would
really benefit from some of the information you provide here.

Please let me know if this alright with you.
Cheers!

Agus Ahmad said...

pada vario 125 pas jalan gas ditarik atau rpm nain keluar suara nnggelitik tek tek pada mesin. pas gas dilepas hilang. apa yg penyebabnya? thx