Thursday, March 10, 2011

Cara inreyen motor dengan Benar


To the Point... hehehe...(kehabisan kata-kata)... Berikut ini pengetahuan dasar Cara inreyen motor dengan Benar :

1. Lupakan cara lama dalam memperlakukan mesin baru dengan cara memperhatikan batasan RPM tertentu dalam jarak tertentu, lebih baik dikendarai secara biasa saja (normal use) yang membiarkan mesin bekerja secara bebas (tetapi jangan sampai batas merah) dan jangan juga di beri beban berat (misalnya penggunaan gigi tinggi pada kecepatan rendah).

2. Penggantian perseneling juga dilakukan secara halus jangan di dilepas secara tiba-tiba. Inreyen jangan dilakukan dengan cara distandar tengah lalu mesin dihidupkan dan perseneling masuk dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut dapat merusak mesin.


1. Cari turunan yang agak panjang (kalau bisa sih kondisi sepi kayak minggu pagi biar gak ganggu lalu lintas), dimulai dari atas, kendarai motor kira-kira 50 km/jam. Begitu mulai turun, tutup gas sedikit sekitar 1-2 detik lalu buka gas lagi sampai mesin terasa narik (torsi dapat), tutup gas lagi. Hal ini menghasilkan kefakuman di dalam crankcase ( ruang mesin di bawah piston) yang menyebabkan tekanan ring piston terhadap dinding silinder sehingga membantu untuk bed in (menyatu sehingga gesekan minim).

2. Jangan menggunakan oli sintetis terlebih dahulu. Hal ini selain memperlambat bed in karena kelicinannya juga dapat memperpendek umur mesin. Bearing dan silinder menjadi terlalu licin sehingga tidak bisa menghasilkan film untuk memegang oli yang lewat. Jadi kalau inreyen pakai oli standar pabrik yang mineral aja, selain murah hasil terbaik.

3. Menghidupkan motor dari keadaan dingin dengan kick starter. Kerusakan yang paling besar dari sebuah mesin kebanyakn terjadi pada start awal dari dingin. Oli masih sulit untuk bersirkulasi dan juga oli masih berada di bawah yaitu di bak oli. Untuk menolong hal ini, gunakan kick starter beberapa kali dalam keadaan mesin mati. Dalam hal menyimpan motor juga berpengaruh. Parkirlah motor dengan menggunakan standar tengah sehingga oli merata dikiri-kanan mesin. Kalau menggunakan standar sampng, oli akan berkumpul di sebelah kiri mesin. Apalagi kalau motor ditinggal lama. Hal ini menyebabkan bagiandalam mesin sebelah kanan jadi cemburu karena kurang terlumasi. Setelah mesin hidup, boleh tunggu beberapa saat sekitar 1 menit sampai mesin sudah idle normal atau langsung jalan dengan kecepatan santai untuk memberi kesempatan oli bersirkulasi dengan sempurna.

4. Kendarailah motor dengan semestinya. Mesin-mesin dibuat dengan tujuannya masing-masing. Mesin potong rumput di disain untuk hidup dengan putaran mesin yang statis. Berbeda dengan mesin motor yang didisain dengan putaran mesin yang dinamis. Apalagi untuk motor jaman sekarang yang didisain untuk dibawa pada RPM menengah ke tinggi. Misalnya untuk Motor Satria, dari spesifikasi dapat diketahui tenaga dan torsi maksimum pada RPM yang cukup tinggi yaitu 9000-an. Sehingga bisa dikatakan mesin bekerja secara optimal di sekitar RPM (8000 – 9000) yang membuat mesin menjadi lebih awet dibandingkan dengan mesin yang dikendarai terlalu hati-hati atau dikendarai dengan cara short shifting (ganti perseneling pada RPM yang terlalu rendah). Jadi sekali-sekali motor bawa kebut untuk membuat mesin bersih dan sehat tanpa melupakan tanggung jawab kita sebagai pengendara motor yang sopan. Perhatikan pula dalam menurunkan perseneling. Jangan menurunkan lebih dari satu gigi sekaligus dari kecepatan tinggi yang mengakibatkan over-rev (RPM ketinggian atau di atas batas aman) sehingga dapat merusak transmisi dan katup juga bisa bengkok.

5. Jangan sering-sering angkat roda depan. Sepeda motor di disain dengan dua roda, jadi kalau kita mengendarai motor dengan satu roda berarti kita memakainya diluar disainnya. Beberapa motor, kalau kita angkat roda depan cukup lama menyebabkan oli menuju ke belakang crankcase sehingga sulit dijangkau mesin untuk disirkulasikan.

6. Kita sering melihat pengendara motor atau mobil menaikkan RPM (ngegas) sebelum dimatikan. Untuk kendaraan teknologi lama atau mesin 2 tak hal tersebut biasa dilakukan untuk memperkaya ruang bakar atau membersihkan busi sehingga mudah untuk di start kembali. Namun untuk kendaraan modern hal ini akan merugikan. Seperti kita ketahui bensin adalah cairan yang ampuh untuk membersihkan kotoran yang berlemak atau ber-oli. Sehingga apa jadinya bila kita melakukan hal tersebut di atas yang menyebabkan ada sisa bahan bakar yang tidak terbakar karena langsung dimatikan setelah di gas? Oli yang melindungi silinder dan piston akan tersapu yang berarti umur mesin berkurang dan bisa menyebabkan karat bila motor disimpan lama.

Demikian tips Cara inreyen motor dengan Benar. Semoga bermanfaat...

http://www.untukku.com/artikel-untukku/cara-inreyen-motor-yang-baik-untukku.html

25 comments:

Anonymous said...

BRO OLI YANG BAGUS UNTUK SATRIA FU YANG BARU APAAN ?

Ade Gustomo said...

Kalau menurut gw c milih produk pertamina macam enduro racing 4T hrga 40 rb, terbukti mantap bos... Motor spesifikasi dalam negeri olinya spesifikasi dalam negeri toh...Oke...

Anonymous said...

pilih produk dalam negeri saja bos, seperti dari pertamina.. ini baru disebut cinta tanah air.... Termasuk pejabat yang tidak koropsi adalah pejabat yang cinta tanah air... ingin negaranya maju....
eh kok sampai ke koropsi.. sih kan masalah OLI
Aku pilih oli Enduro dari pertamina...

Anonymous said...

gpp gan... sekali kali nyindir pejabat yang sukanya korupsi tapi ngakunya baik hati.... haha...
bner gan cintailah produk dalam negeri...

didut said...

maaf bro...
kalo reyen bore up pake oli enduro racing bagus ngga ya?
apakah perlakuanya sama dengan penjelasan di atas?
thx....

didut said...

maaf bro, mau tanya nih...
reyen motor bore up pake enduro racing bagus ngga, soalnya udah terlanjur nih?
apakah perlakuannya sama dengan penjelasan di atas?
thx

Ade Gustomo said...

kalo ,emurut saya bagus sob... cz enduro racing kan oli full sintetic yang memang buat balap termasuk motor bore up... :)

Anonymous said...

mantab, sangat bermanfaat, brow. thanks infonya

makruf arif said...

okelah kalau begitu, trims atas informasinya. bisa d terima.

Ade Gustomo said...

sama2 sob..:)

rafif kopeek said...

mau tanya bro , sebaiknya kalau lg reyen motor setelah membuka gas lalu ingin menutup gas nya lbh baik kopling di pencet nggak ?
atau lbh baik tanpa pencet kopling ?

Ade Gustomo said...

klo pas putaran tinggi sbaiknya jgn dtekan koplingnya sob, mending nunggu putaran sedikit rendah bru dtekan, cz kopling baru pasti koplingnya jg baru n tentu butuh pemansan jg toh...

semoga membantu sob..:)

rafif kopeek said...

satu lagi masbro , saya dpt info dr org yg kerja di ya*aha kalau reyen sbaiknya sprti ini :
1. mtor di isi full tank dg premium saja,
2. lalu motor di standart dobel dan motor di panasi selama 3 HARI (wow sue banget),
3. motor tdk boleh di mainin gas.nya(bleyer"), aturan.nya 8 jam di panasin dan 1 jam msin di matikan(di istirahatin buat endinginan),
4. dan di ulang2 lagi selama 3 hari
5. stlah itu mtor.nya langsung di ganti oli dan motor tlah slesai reyen + boleh di buat ngebut .

#apakah cara seperti diatas baik masbro ? ttapi saya ragu dg cara itu .

Ade Gustomo said...

1 betul,
2 ada bnernya juga,
3 ane kurang stuju tuh, klo mnurut ane c klo reyen mlah bagus di ajk ngbut,
5. ada bnernya jika saat reyen motor di ajak ngbut...

mungkin pndapat ane ckup sperti d ats sob,, smoga membantu..:)

Unknown said...

Klo mslnya pindah gigi tanpa pencet kopling gmna th gan ?? Ngaruh ke mesin ya ??

Ade Gustomo said...

jlas ngaruh sob, kasian gear box yg ada di dalm mesin, klo kseringan bisa cpat aus bhkan ancur tuh gear'nya...

semoga mmbantu sob..:)

Anonymous said...

julianto :
bos,kalau inreyen jupiter mx sama ga seperti penjelasan diatas.
jujur aja gue baru kali ini inreyen motor.
minta bantuannya sob kasih tips yang bagus biar performa motor gue bagus dan awet mesinnya.

thanks bos..

Ade Gustomo said...

sama sob...
untuk mngejar perform biasany inreyen dilakukan dengan mengendarai motor dgn kecepatan normal trlebih dahulu, nah ketika drasa sudah cukup dlam mlakukan pemanasan trsbut, coba menaikan gas secara perlhan hingga topspeed (MX skitar 120kmh), cra ini bisa dilkukan d jln sepi yg gk bgitu ramai...

semoga membantu sob..:)

apip said...

Gan ,

kalau break in motor apakah diperbolehkan menggunakan engine brake ?

Ade Gustomo said...

klo masih bat reyen sebaiknya jgn terlalu berlebihan sob, klo bisa sewajarnya saja jangan terlalu "nggerung" gtu wktu nurunin gigi..

akira said...

masbro..
cara inreyen tersebut sama gak kalo kita baru ganti seher sama ganti stang seher?

Ade Gustomo said...

klo menurut ane iya gan, cz klo ganti daleman gitu (seher n stang seher) sama ajah motor baru gan... moga membantu...

nday said...

Om klo mtr vega 2007 udh mke kz50 msh ngebul selama reyen .itu knpa yaa

Badrul Qomarulloh said...

mas bro kalau mx 135 2014 dak direyen slama 1bulan apa terlambat

Anonymous said...

hùa theo
hung ác
đầm nước
bậc nhất
Bạc Tình
đình công
Bàn bạc
bạn trẻ
bao bọc
bắt buộc
phong cách
bật mí
hiện nay
thiết kế
bên cạnh
bên cạnh
bí quyết
bỏ quên
bố trí
vì thế
ăn bớt
to kềnh
bước ngoặt
buôn bán
các bạn
các
loại
cơ bản
nguồn gốc
thiết yếu
cẩn thận
cắn
khó khăn
cáu
cứng cáp
loại vải
cung ứng
giá tiền
yếu tố
chính hãng
tìm
chống thấm
chú ý
lưu ý
di chuyển
dùng cho
ra đời
sở hữu
khoa học
công ty
cộng
shop
siêu
mỉm cười
cứu
rộng rãi
đa số
mọi
đặc trưng
ngớ ngẩn
ham mê
dáng vẻ
phá huỷ
đau ốm
trước tiên
đầy đủ
dành dụm
đem đến
đến
sang trọng
đi ra
điểm mạnh
điều tra
đồ vật
đơn thuần
dừng
dùng
dùng
êm êm
fake
khăng khít
vừa qua
gan lì
thân quen
gần gũi
gần
gặp gỡ
kíp
trường hợp
giảng nghĩa
hạn chế
hạn chế
kết hợp
hết lòng
tiên tiến
lý tưởng
hơi
thua kém
xoàng
rốt cục
kết quả
bắt đầu
quan điểm
tổng quát
tự dưng
khi
làm
ko
ưu đãi
khiếu nại
lang bạt
làng
hướng dẫn
rét
chếnh choáng
xì xào
tiện dụng
thu hút
lớn
ma mãnh
mô tả
sắm
tóm
khả năng
nặng nề
nấu nướng
trượt
ngạc nhiên
nhãn hiệu
nhanh chóng
bát nháo
sôi động
vượt trội
nổi danh
oách
ổn thỏa
pha trộn
thấp
bằng phẳng
phát triển thành
phép tắc
ưng ý
quảng bá
qua loa
sử dụng rộng rãi
rách
um tùm
rẻ mạt

rộng
tinh khiết
thông minh
sáng
quý phái
thâm thúy
kinh khủng
tái mét
tai vạ
tài xế
tàn tật
tang chứng
phi cơ
thoả thích
thầy thuốc
thừa thãi
nối tiếp
Dù thế
mờ mịt
ướt át
va vấp
van nài
vắng
lặt vặt
xa xôi
hoang phí
xâm lăng
xanh xao
xấu xí
van nài
kết thúc
xu thế
dự định
dựa dẫm
áo quần
giống hệt
yên tĩnh
yêu đương
yếu

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...