Saturday, March 5, 2011

Yamaha Byson
Harus diakui penampilan Yamaha Byson memang paling macho di kelasnya, dengan bodi yang berotot dipadu dengan velg racing 17" berprofil lebar bikin yang menungganginya semakin percaya diri, tapi disisi lain banyak yang menilai performa motor macho ini tak segarang tampilannya. Berikut trik mudah dan cepat agar performa Yamaha Byson anda lebih garang :

1. Karburator

Pengabut bahan bakar bawaan motor tipe vakum, bagi speedgoers dianggap kurang responsif. Makanya dilengserkan, gantinya model skep konvensional yaitu Keihin PE 28. Pemasangan tetap pakai intake manifold standar, hanya karetnya pakai slang radiator mobil.
Paduannya filter minim hambatan bikinan Koso. Nah setelah diseting, spuyernya ketemu kombinasi pilot jet 42 dan main jet 110.


2. Knalpot
Knalpot standar yang banyak lekukan dan menggunakan katalic dianggap menjadikan performa Yamaha Byson ngempos, gantinya pakai knalpot freeflow sehingga pambuangan gas menjadi lebih lancar. Banyak  knalpot freeflow yang beredar seperti knalpot bikinan AHRS, R9, atau stanlee.


3. Pengapian
Pengatur pengapian diandalkan  mengandalkan tipe Racing seperti bikinan BRT tipe terbaru, Power Max Dual Band. Paling kentara limiter-nya terkoreksi jauh lebih tinggi, mencapai 12.000 rpm, bandingkan dengan pengapian standar milik byson yang hanya pada 9.500 rpm tapi sudah brebet. Nah dari sini kentara nafas mesin lebih panjang, top speed meningkat.
Agar lebih sip lagi, koil pakai yang berkemampuan lebih tinggi, seperti Blue Thunder, dan masih ditambah koil booster seperti bikinan APS Motomax, tipe Strom.

Dari berbagai sumber diketahui bahwa dengan menerapkan aplikasi parts diatas, hasil pengukuran dynamometer milik Ultraspeed Racing (UR), di Jl. HOS Cokroaminoto No.42, Ciledug, Tangerang. Setelah dioprek jadi 13,34 dk/8.654 rpm, torsi 12,6 Nm/5.900 rpm. Artinya power naik 1,78 dk dan torsi 0,1 Nm dari kondisi standar yang hanya 11,56 dk/7.708 rpm dan 12,5 Nm/5.611 rpm. 

Demikian artikel tentang Cara menaikan performa Yamaha Byson. Semoga bermanfaat...

233 comments:

«Oldest   ‹Older   201 – 233 of 233   Newer›   Newest»
Unknown said...

misi bray mau nanya byson ane kan udah ganti karbu keihin pe 28 tpi msih pke spuyer atandarx keihin apa ngga apapa tuch n biasanya juga gasnya tuh suka nyangkut kaya susah d,gas,,? Mhoon infonx yah guys:)

tomspiez said...

gak apa gan,, soalnya mj/pj standar pe28 sebenarnya sudah cukup mumpuni,, temen ane udah pernah nyoba di Jupiter Z n hasilnya memuaskan walau bensin jadi agak boros. Kalau di byson menurut saya sama saja, tinggal cara setting karburatornya saja supaya pas... semoga membantu gan..:)

Unknown said...

Maaaf. Numpang tanya, byson saya kan pake knalpot racing DBS, mantap sih tarikan nya tpi pass di lepas gass nya, sering nembak 2 gitu, itu Knapa ya,

tomspiez said...

coba setting ulang karburatornya,, kalau bisa setel klep masuk-buangnya juga,, semoga membantu :)

wahyu ekos said...

pagi gan, mau tanya niih ane, byson ane abis ane bore up gan nah masalah mulai timbul gan, rante keteng nya pas di test putus. udah di ganti putus lg,, itu kenapa gan?? ane pake part kawahara 200cc, CDI Brt dual band..

tomspiez said...

kemungkinan disebabkan oleh rantai keteng yang kurang kuat atau cepat kendor ketika mendapat hentakan saat gas dipelintir maupun menerima suhu yang terlalu ektrem dikarenakan bore-up tersebut.., penyebab lainnya bisa juga dikarenakan gear rantai keteng maupun cranksaft yang kurang pas ketika pemasangan sehingga tidak senter... semoga membantu..:)

Unknown said...

Ass!! Ane mau tanya ni bang, kebo ane dh genti karbu pe 28, pj 42, mj 115 tiger, knalpot AHRS, intek'a pake karet radiator mobil, udh 3x seting blm ketemu juga, Msh suka brebedt, apa nya ya & mesin panas, ane jd takut knp ama mesin,

Anonymous said...

tutorial di atas dah sy aplikasikan di kebo ptih sy, pas sekali sy telah coba mj pj jarum skp dll.. setelan di atas enak bisa setel angin jg, trims berat bos
salam byson serang - banten

Unknown said...

permisi gan mau tanya penyebab lampu indikator warna merah pada speedo nyala terus itu ap gan? solusi ngatasinya gmn? soalnya semenjak lampu tsb nyala terus byson ane sering kali brebet n mati....mhon pencerahannya....

tomspiez said...

- jepy: coba agak dibuat basah settingan karburatornya gan,, agar bensin yang mengalir lebih deras jadi mesinnya gak terlalu panas... bila ingin maksimal bisa dicoba pakai pertamax...

- siap sama2 gan, asal pas settingan karbunya dijamin maknyus gan...:)

- hariono: apakah karbu agan masih standar?? kalau lihat dari sumber yang saya dapat, indikator merah itu kan menandakan TPS (Throtle position sensor) yang bermasalah, coba cek bagian itu apakah ada kabel yang lepas,

semoga membantu...:)

mahasiswastidhi.blogspot.com said...

BOS ANE NUMPANG NANYA NEH, BYSON ANE TAK KASI KARBU ASSY PE 74 2, QTY 1 R9S03 THAILAND. KIRA2 COCOK GAK YAH. MASALAHX BYSON ANE DI GIGI 5 PEFORMAX MALAH LEMAH
MOHON SARAN N KERITIKX

Unknown said...

Gan mohon pencerahan..
Kebo ane punya penyakit nih
1- tenaga ngedrop klo di tanjakan
2- masih suka ndut ndutan
3- tenaga di 4th mantap sampe d angka 97/98 tp di top gear hancur ga lebih Dr 93 kmp
Moon resep nya gan..
Sekilas kebo and
Karbu pe28,cdi hrt powermax dual band, knalpot standard ..

Anonymous said...

Ass...sy faisal dr banjarmasin(kal-sel), mau nanya ko byson kalo gas di naikkan dikit bs mati sendiri,trus harus di apain biar bs seperti semula,kalo di setting apa yg hrs di ganti,,mohon jawaban solusinya terima kasih .

tomspiez said...

coba setting karbunya saja dulu gan,, kalau di seting sana sini belum juga ilang masalahnya, coba bersihkan bagian main n pilot jetnya dan juga lubang-lubang kecil di karburator... semoga membantu...:)

Anonymous said...

mau tanya mas klu pkai PE itu manifol cocoknya sama apa iyaa yg lebih pendek ?

Unknown said...

Berembun n gak bisa ketemu langsam tuh akibat ukuran spuyer blm pas, pilot jetnya turunin lagi pake 35, soalnya keadaan motor masih standar,.klo ngak percaya coba cek kondisi busi ente, pasti item tuh cz mesin kebanyakan terima bensin. Smoga ngebantu.

Unknown said...

Om klo knalpot r9 diganti knlpot stndrt suara nya gmna , apakah suara nya normal kya biasa

Unknown said...

Sya mau gnti knlpot stndrt bos, asal nya pke r9 , apakkah suaranya ada perubahan atau gmn mohon blasan nya om

Unknown said...

Kalo pake karburator tiger bisa gak sob di byson

Unknown said...

Kalo pake karburator tiger bisa gak sob di byson

Unknown said...

izin nanya brooo
byson ane udh pake kawahara 200,cdi brt dualband,karbu tiger spuyer rojokan,noken udh di papas,knalpot DBS kempetisi
ada niat buat ganti klep besar seperti sonic atau tiger agar tidak cepat panas...
BTW klo.ganti klep besar apa harus rubah sudut... terima kasih

Unknown said...

Gan ane udah beli karbu tiger nih, terus mj ama pj nya mau disetting jd brp ? Selain itu utk ningkatin tenaga apalagi yg harus diganti ? Thanks gan

Unknown said...

bray mau tanya niiiich byson ane ganti karbu rx king... pas dpasang n dgeber motor sperti normal, tpi pas dbawa jalan motor brebeet n lampu indikator menyala... pertanyaan'y biar motor normal tarikan'y gmana ya dgn karbu rx king & biar lampu indikator g nyalah trus karna tps'nya...

Unknown said...

Salam satu aspal agan semua,tolong dong bagi info dan pengalamannya untuk bor up byson.
Ini kebo ane mulai ngasep udah waktunya oversize ane mau ganti piston pakai tiger standar.
Nah yang jadi pertanyaan buat ane nih gan itu piston standar byson diameter nya 58mm kalo tiger gak salah 63mm kira" apa memang diharuskan ganti boring disel?..
klk ane tetep pakai boring standar nya byso efek nya gimana tuh..?
Knalpot ane masih pakai yang standar klk karbu pakai pwk 28 untuk CDI & koil standaran semu gan

Unknown said...

Ijin numpang tanya gan,kalo gir set byson diganti sama gir set tiger gmna kira2 gan?

Unknown said...

Ijin numpang tanya gan,kalo gir set byson diganti sama gir set tiger gmna kira2 gan?

Anonymous said...

Kang nih ane punya byson baru ganti karbu PE 28 tapi malah gak bisa nyala klo moncong karbunya sambil d tutup pkek tnga bsa nyala tapi stelah d lepasin mati lagi... Skepnya udah ane borosin tapi tetep kaga bsa nyala..
Byson nya mkek CDI shogun kebo
Knalpot tiger karbu PE
Klep GL
Mohon bantuanya yaa gan...

Unknown said...

kalo mesin udahh upgrade ke 180cc pke pj mj ukuran brp gann? ?
cz anne pake ukuran mj 122 pj 43 kyk e agak ngempos n nyendat.. nih mhon info gan

Unknown said...

Byson ane caferacer pakai pe28 pj&mj 95&42 sudah di potong intakenya.. koil honda kharisma ban depan 18x300 belakang 16x500.. Gear 15-36... Lari mentok 135km/jam pertanyaannya pas gigi 5 kok menurun tenaganya ya ? Apa harus ganti cdi? Terasa pas di putaran rpm 6-7000 langsung drop... Apa solusinya om ade... Thx

Unknown said...

Byson ane caferacer pakai pe28 pj&mj 95&42 sudah di potong intakenya.. koil honda kharisma ban depan 18x300 belakang 16x500.. Gear 15-36... Lari mentok 135km/jam pertanyaannya pas gigi 5 kok menurun tenaganya ya ? Apa harus ganti cdi? Terasa pas di putaran rpm 6-7000 langsung drop... Apa solusinya om ade... Thx

Unknown said...

Byson ane caferacer pakai pe28 pj&mj 95&42 sudah di potong intakenya.. koil honda kharisma ban depan 18x300 belakang 16x500.. Gear 15-36... Lari mentok 135km/jam pertanyaannya pas gigi 5 kok menurun tenaganya ya ? Apa harus ganti cdi? Terasa pas di putaran rpm 6-7000 langsung drop... Apa solusinya om ade... Thx

Unknown said...

Byson ane caferacer pakai pe28 pj&mj 95&42 sudah di potong intakenya.. koil honda kharisma ban depan 18x300 belakang 16x500.. Gear 15-36... Lari mentok 135km/jam pertanyaannya pas gigi 5 kok menurun tenaganya ya ? Apa harus ganti cdi? Terasa pas di putaran rpm 6-7000 langsung drop... Apa solusinya om ade... Thx

Unknown said...

Halo gan byson ane spek nya pke paketan bore up tdr 200cc,cdi brt dual, karbu pe 28tdr,manifold pendek, yg ane masih g nyaman di akselerasi top speed kurang tinggi top speednya sama klau udah jalan lama kdang kek telat bensin trs mncul brebet kcil indikator merah... Apakah itu penyebabnya dr pj mj nya dan jarum skepnya ya... Klau pke jarum pnya gl neo tech cocok g ya

«Oldest ‹Older   201 – 233 of 233   Newer› Newest»