Wednesday, August 3, 2011

Putaran grip gas yang seret atau sering nyangkut mungkin sering dilalami para bikers. Nah bagi yang mempunyai Yamaha Jupiter MX yang mengalami kendala seperti ini, saya akan menjelaskan sedikit tips Cara Mengatasi Grip Gas Yamaha Jupiter MX yang Seret  :

1.    Holder Gas
Yang pertama biasanya disebabkan oleh holder gas atau selongsong gas yang sudah aus(tidak rata) bergesekan dengan setang. Kalau sudah terjadi seperti ini tidak bias di tawar lagi, holder harus diganti. Keausan ini karena kerja holder yang agak berat. Karena menarik dua kabel gas ke karburator dan kabel gas ke pompa bensin akselerasi. Kabel gas yang ke pompa bensin akselerasi ini fungsinya untuk menambah suplai BBM ke karburator seiring puntiran gas tersebut.


2.  2. Kabel Gas
Faktor lain yang menyebabkan Grip Gas Yamaha Jupiter MX seret adalah kabel gas.Nah kalau kabel gas kotor atau berkarat dapat dibersihkan dengan semprotan anti karat atau oli. Caranya lepas ujung kabel gas bagian atas yang nyambung ke holder gas dan lepas ujung kabel gas bawah yang masuk ke karbu dan yang ke pompa. Semprotkan atau masukan anti karat dari masing-masing ujung kabel gas sambil ditarik naik turun ( dikocok ) berulang kali sampai kotoran/ karat keluar, masukan oli bersih dari ujung atas kabel gas, guna memperlancar tarikan gas dan sebagai antikarat.

3.    3. Per Skep
Jika per klepnya sudah lemah, harus ganti per baruyang daya dorongnya lebih keras atau lebih panjang. Tapi sebagai alternative pel yang lama bias direnggangkan dengan cara ditarik keluar pada masing-masing ujung per. Ini akan membuat per lebih keras, akan tetapi hanya bertahan beberapa bulan saja. Lumayan….

4.    4. Rumah Skep
Yang terakir adalah rumah skep. Kalau rumah skep atau skepnya yang kotor karena kerak bias dibersihkan pakai ampela halus, tetapi jangan terlalu keras menekannya saat mengampelas karena permukaannya bias terkikis banyak dan tambah longgar. Hal ini bias mengakibatkan konsumsi BBM jadi boros.

Sekian tips Cara Mengatasi Grip Gas Yamaha Jupiter MX yang Seret dari saya. Semoga bermanfaat…

6 comments:

Unknown said...

lw mx qu, kmren ada yg qu gnti.. smacam per nya yg qu gnti make punya "astrea grand" ckup lumayan sii .. dri pada bawaan aslinya yg keras

tomspiez said...

trimakasih share'nya sob..:)

Unknown said...

Oke, masama, oiya klo pengen gnti handel gas jupiter z bsa kok d psang di mx , n hasilnya jauh lebih ringan dri pda biasanya

tomspiez said...

maksih sharenya sob..:)

Unknown said...

per skep nya di ganti punya nya jupiter z yg burhan jdi enteng gk bro??

luwes said...

makasih xiefuu 😁