Wednesday, August 3, 2011


Beda Karburator Motor 2 tak dan 4 tak. Ya kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan bagi pembaca tentang hal tersebut.Jika anda ingin meng up-grade peranti pengabut bahan bakar motor ini tentunya anda harus dapat jenis karburator untuk motor apa. Kalau anda salah pilih malah bisa bikin motor boros bensin serta tidak mau lari.
Pada dasarnya menurut jenis motor karburator dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kerburator 2 tak dan 4 tak. Perbedaan paling berarti bisa dilihat dari lubang napel pada moncong outlet karburator yang menempel pada intake manifold dan desai jarum skep. Untuk karbu yang di desain khusus untuk mesin 2 tak, napel ini berfungsi untuk menyalurkan oli samping ke dalam ruang bakar. Sedangkan pada karburator 4 tak napel ini tidak ditemukan.

Ciri lainnya adalah desain jarum skep yang bergerak naik turun bersamaan dengan venturi. Pada jarum skep karbu 2 tak ujung jarum skep memiliki bentuk yang mengecil cukup drastis mengingat mesin 2 tak butuh debit bensin lebih banyak. Sementara karbu karbu 4 tak berbentuk sangat landai agar debit bensin bisa rata di setiap putaran mesin. Akan tetapi apabila kita terpaksa menggunakan karbu 2 tak ke motor 4 tak napel harus di sumbat agar tidak ada kebocoran vakum serta modifikasi pada jerum skep. tanpa ubahan tersebut motor tidak akan bisa lari serta boros bahan bakar.

Demikaianlah sedikit pengetahuan saya tentang Beda Karburator Motor 2 tak dan 4 tak. Semoga bermanfaat...

2 comments:

fahmy hermawan said...

saya pemakai yamaha jupiter z 2007..di rumah ada karburator ninja PWL 28..kepingin di aplikasikan ke motor saya,,tpi gmn caranya biar kompresinya pas,,biar boros yang penting lari.. mohon tipsnya sob???

Anonymous said...

mantap infonya..

agen tiket pesawat