Thursday, August 4, 2011

Walaupun sepele namun spidometer sangat penting. Nah bakalan ribet kan kalau kita mau lihat topspeed sepeda motor kita, eh ternyata spidometernya gak nyala, malu kan alau nebeng spidometer teman…. Hehehehe….Nah kali ini saya akan meberikan sedikit Cara Mengatasi Spidometer yang Mati atau Ngadat.

Pada Intinya penyebab Spidometer yang Mati atau Ngadat ada dua hal. Pertama kabel spidometernya dan kedua girboks yang letaknya biasanya di roda depan. Pertama cek dulu apakah rumah kabel kotor atau putus. Sebelumnya buka dulu kedok lampu bagian depan. Baru kemudian lepas baut pengunci kabel spidometer. Setelah itu lanjutkan dengan memutar roda ke  arah depan. Bila ujung kabel spidometer bisa dipastikan kabel berfungsi dengan baik, namun jika tidak berputar berarti kabelserat baja hamper  dipastikan putus.  Apabila kabel berputar tetapi tidak lancar berarti rumah kabel kotor. Tinggal semprotkan cairan penetran deh.

Yang kedua pada girboksnya. Untuk mengecek fungsi kerjanya, lepas kabel spidometer bagian bawah dengan tang. Putar roda depan kemudian lihat tuas girboks berputar atau tidak. Kalau bagian itu tidak berputar tandanya girboks harus di bongkar. Caranya lepas dulu roda depan, kemudian buka kancing rumah gigi gir nanas. Kalau tampak kotor bersihkan dengan cairan pembersih atau antikarat. Oya sebelum di pasang kembali lumuri dahulu gigi gir nanas dengan grease.

Cukup mudah kan…. Hehehe… Sekian Cara Mengatasi Spidometer yang Mati atau Ngadat. Semoga bermanfaat…

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...