Monday, March 14, 2011

rotary engine milik mazda

Pernah dengar rotary engine atau mesin rotary? pasti yang ada di benak anda adalah mobil sport keluaran mazda seperti mazda RX 7 atau RX 8. ya rotary engine merupakan mesin yang sering dipakai oleh mobil-mobil sport yang memiliki performa tinggi milik mazda. mazda memperkenalkan mesin ini pertama kalinya melalui mazda cosmo concept pada ajang tokyo motor show tahun 1963, yang kemudian pada berpuluh tahun berikutnya di tanam pada mazda RX series.
rotary engine

Awalnya rotary engine diciptakan oleh Felix Wankel. mesin ini berbeda dengan mesin konvensional dimana pada mesin konvensional piston bergerak maju mundur sedang pada rotary engine piston bergerak berputar seperti dinamo pada mainan anak-anak. mesin rotary dulu sering dipasang pada pesawat tempur jerman pada tahun 50an. setelah beberapa tahun  kemudian banyak dilirik pabrikan otomotif, sebut saja seperti Mercedez Benz, Rols Royce, GM dan Mazda. Tetapi sampai saat ini hanya mazda yang setia dengan mesin unik ini.

Untuk keluaran tenaga yang dikeluarkan oleh rotary engine sangat besar walau mempunyai kapasitas mesin yang kecil, jika pada mesin konvensional berkapasitas 1300cc menghasilkan daya 65-120hp( contoh avanza xenia) pada mesin rotary yang berkapasitas sama sanggup memuntahkan tenaga lebih dari 230hp. bayangkan saja apabila kapasitas mesin rotary di buat ber CC besar seperti supercar-supercar semisal Ferrari atau Cevi corvette yang rata-rata berkapasitas 5000-7000cc kebayang kan tenaganya. Jelas tenaga yang dihasikan besar karena pada mesin konvensional 2x putaran piston dengan 1x kerja, sedang rotary engine 1x putaran 3x kerja. bingung...?? Dari segi keuntungan jelas mesin rotary akan menghemat ruang kap mesin karena ukurannya yang kecil. Nah mungkin bagi pemilik Citycar tapi ingin memiliki performa layaknya sportcar bisa mengaplikasi mesin ini pada citycar anda...Hehehehe...

bagi yang ingin tahu bagaimana sistem kerja rotary engine lihat video yang ada pada link dibawah...
http://www.youtube.com/watch?v=B0acWWCNDEU&playnext=1&list=PLA527A3422DB7EA83

1 comments:

Pengobatan Alami Diabetes said...

Mas, saya tertarik sekali dengan mesin ini,dan sudah sejak lama, apabila berkenan tolong beri saya informasi yang lebih mengenai mesin ini, terima kasih.

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...