Wednesday, April 6, 2011

Rem merupakan perangkat vital yang ada di sepeda motor. Rem berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan sepeda motor anda. Jenis rem yang paling banyak dipakai pada sepeda motor adalah rem tromol dan rem cakram. Langsung saja, pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya mengganti minyak rem cakram.
SebenArnya menganti minyak rem cakram cukup mudah, hanya perlu modal Rp 3-5ribu untuk membeli minyak rem jenis DOT 3, kalo ingin yang lebih pakem pilih DOT4. nah begini caranya mas bro :

1. buka master rem yang ada di setang menggunakan obeng plus.

2. kendurkan nipel yang ada pada kaliper, biasanya menggunakan kunci 8, lalu tekan tuas rem berkali-kali sampai keluar minyak rem dari nipel. Nipel = bentuknya seperti tempat untuk mengisi angin ban motor

mengendurkan nipel pada kaliper
3. lepaskan selang rem dengan kalipernya untuk menguras minyak rem dengan menekan-nekan handle rem, o y hati-hati minyak rem jangan sampai kena cat body motor karena dapat merusak cat.

4. setelah minyak rem yang ada pada master dan kaliper dikuras sampai habis bersihkan master rem menggunakan kain sampai bersih.

5. Pasang selang rem dan kencangkan nipel.

6. masukan minyak rem ke dalam master rem sambil menekan-nekan handel rem.

7. setelah master rem terisi penuh, tekan handel rem lalu tahan, kemudian kendurkan nipel kembali sehingga minyak rem keluar lalu kencangkan, ulangi cara ini sampai handel rem dirasa enak(pakai felling), anadai ragu ulangi sampai 3x, atau jarak main handel rem 2-3cm. hal ini dilakukan agar di dalam selang tidk ada gelembung udara yang dapat mengakibatkan pengereman tidak maksimal.

8. cek kembali minyak yang ada pada master, apabila berkurang isi kembali sampai dirasa penuh.

9. tutup kembali master rem. nah selesai deh..., jangan lupa lakukan pengecekan terhadap pengereman kendaraan bermotr anda.

Demikianlah Cara mengganti minyak rem cakram sepeda motor kesayangan, SELAMAT MENCOBA...^_^

1 comments:

Anonymous said...

makasih infonya sob

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...