Saturday, July 16, 2011

Ini merupakan pengalaman pribadi saya yang saya alami setengah tahun yang lalu. awalnya si megy (megapro) kesyangan saya bunyi klek-klek di bagian mesin sebelah kiri. Nah setelah saya tanyakan ke bengkel langganan katanya rantai keteng saya minta di ganti. Tetapi sang empunya bengkel pengertian kalo saya lagi bokek. Cara ini banyak di aplikasi pada motor Honda CB yang mesinnya sudah pakai Tiger atau Megy lho... Berikut  merupakan cara si empunya bengkel mengatasi bunyi klek-klek tersebut :




  1. Siapkan baut ukuran 10, jangan terlalu panjang.agar nantinya tidak membentur motor starter
  2. Copot motor starter dari dudukan.
  3. Lepaskan baut tutup LAT (yang bentuknya belah ketupat di sebelah motor starter) dengan drei plus
  4. Nah baut tutup LAT iinilah yang nantinya diganti dengan baut 10.
  5. Pasang baut sepuluh sebagai ganti dari baut tutup LAT tersebut. Jangan terlalu dalam, sesuaikan secara felling karena jika terlalu dalam dapat memperpendek umur Lidah tensioner.
  6. Jika sudah terpasang, pasang kembali motor starter.
  7. Selesai
Dari pengalaman saya terbukti dapat menghilangkan bunyi tek-tek pada mesin yang disebabkan oleh rantai keteng. Saya pernah mengaplikasikannya dan mampu bertahan setengah tahun sebelum terdengar numyi kembali. Tapi cara ini bagi yang lagi bokek, kalau lagi punya duit mending ganti rantai keteng saja. Ongkos ganti rantai keteng + pemasangan : Rp 70.000 + Rp 15.000

5 comments:

Aang Gunaifi said...

mantabs gan tipsnya..thanks saya juga pemakai meggy
7 Passenger Vehicles | 7 passenger SUV | http://www.7passengervehiclesworld.com

luthfi fuad said...

gan motor ane mesinnya klo dipanasin suka bunyi tik,tik,tik itu knapa ya.katanya bengkel si suruh ganti rantai keteng,tapi udah diganti tetep bunyi tik,tik,tik.tapi klo motornya dipanasin sampe 10mnt/15mnt bunyinya itu hilang.bsa kya gitu knpa ya gan.trima ksh.

Anonymous said...

gan motor meggy ane klo dipanasin bunyi tik,tik,tik itu knapa ya gan ,ktanya sih rante ketengnya,padahal sudah ganti tapi tetep aja.tapi klo megapro ane dipanis sampe 10mnt bunyi tik,tiknya ilang.itu knapa ya gan.mohon pencerahanya.trima ksh.

gunawan jody said...

Itu kualitas olinya kang, coba ganti oli castrol sae 20-50w API SL, klw masih bunyi juga ganti tensionernya.

Wahyu Hidayat said...

Coba setting klepnya bos

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...