Sunday, July 7, 2013

Kalau mendengar kata AC, pasti akan teringat dengan sesuatu yang dingin. AC yang merupakan singkatan dari Air Conditioner sebenarnya diartikan sebagai pengondisi udara. Jadi AC tidak hanya dapat membuat udara dingin namun juga dapat membuat udara hangat. Jika tidak percaya coba saja naik mobil di eropa sana. Akan tetapi, di Indonesia AC sudah lebih dulu dikenal dengan sistem yang membuat udara menjadi dingin, ini sebabnya mengapa AC identik dengan yang berbau dingin. Ya, gak apa-apa lah…:D

Ngomong-ngomong tentang AC mobil, ada banyak problem yang sebenarnya dapat terjadi pada sistem AC mobil. Mulai dari masalah AC tidak dingin, Kelistrikan AC mobil yang tidak bekerja serta tenaga mesin mobil yang drop ketika AC dinyalakan. Nah, dari beberapa masalah AC yang saya sebutkan, saya akan membahas masalah AC mobil yang disebutkan terakhir, yaitu masalah mengenai tenaga mesin mobil yang hilang ketika ACmobil dihidupkan. Apa penyebabnya? Langsung kita simak cuplikanya :

1. Setelan Karbu/Injeksi yang Kurang Pas
Penyetelan karburator atau injeksi pada mesin mobil bisa jadi penyebab mengapa tenaga mesin mobil langsung menurun begitu AC dihidupkan. Coba setel ulang karburator attau injeksi mobil anda. Posisi putaran mesin mobil yang tepat pada saat idle atau kondisi diam adalah 800rpm jika AC tidak hidup, dan jika AC hidup maka putaran mesin yang tepat adalah 1000rpm. Jadi coba setel karburator atau injeksi mobil anda agar putaran idle untuk AC hidup maupun mati pada kisaran angka yang telah disebutkan.

2. Kompresor Terlalu Besar atau Tidak Cocok
kompresor AC mobil
kompresor AC mobil
Hal ini biasanya terjadi karena penggantian kompresor AC yang pernah dilakukan sebelumnya. Kompresor AC yang terlalu besar sudah pasti menyebabkan mesin mobil butuh tenaga ekstra untuk menggerakkannya. Kompresor mobil yang menggunakan produk bukan aslinya alias produk aftermarket juga bisa jadi penyebabnya. Di ibaratkan dengan manusia, jika antara si cowok tidak merasa cocok dengan cewek, mau diapain juga gak bakalan semangat kalau ketemu…(nyambung gak ya??).

3. Sirkulasi di Dalam Sistem AC kurang Baik
Penyebab yang lain bisa jadi karena sirkulasi di dalam sistem AC mobil yang tidak lancer. Biasanya terjadi pada mobil yang sistem AC-nya dirawat. Misalnya pada bagian selang AC yang sudah banyak kotoran sehingga menghambat sirkulasi freon, Evaporator maupun kondensor yang sudah kotor. Sebaiknya anda rutin untuk melakukan perawatan pada bagian AC mobil tersebut. Hal ini disebabkan karena mesin mobil yang akan semakin bekerja keras untuk mensirkulasikan freon yang ada di dalam sistem AC yang kotor. Ibarat orang jowo bilang itu “Abot nggo ndoronge”.

4. Mesin Mobil yang Tidak Terawat
Selain dari komponen sistem AC mobil itu sendiri, penyebab lainnya dapat berasal dari mesin mobil itu sendiri. Bisa jadi karena oli mesin yang terlalu banyak atau jarang diganti hingga karena mesin mobil yang tidak pernah dirawat atau jarang diservis. Bagaimana tenaga mobil mau joss kalau mesinnya saja jarang dirawat? Maka dari itu sayangi mobil dengan merawatnya, setidaknya dengan melakukan servis mesin secara rutin.

Bagaimana? Apakah dari beberapa penyebab di atas di alami oleh mobil kesayangan anda? Jika iya, maka langsung saja jual deh mobilnya…Ehhhh… bercanda gan…:D, langsung saja perlakukan mobil sesuai dengan yang disarankan di atas maksud saya. Apalagi menjelang mudik, gak mau kan kalau mudik pakai mobil tanpa AC. Sekian aja dulu ya gan artikel tentang Penyebab Performa Mesin Mobil Menurun Drastis Ketika ACHidup. Jika dinilai artikel ini bermanfaat, silahkan agan share atau copy paste dengan mencantumkan sumber tentunya. Salam Otomotif…:)