Friday, December 16, 2011

Komponen AC Mobil
Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang Komponen Utama AC Mobil dan juga komponen Pendukung AC Mobil, maka kali ini saya akan membahas komponen – komponen yang tidak kalah pentingnya dalam sistem AC mobil. Yang dimaksud komponen tersebut adalah komponen kelistrikan. Pasti tahu dong apa yang dimaksud dengan komponen kelistrikan? Langsung aja simak gan...
            Berikut merupakan komponen kelistrikan AC Mobil :

a.  Sakelar (selector switch)
Sakelar yang digunakan pada system AC mobil pada umumnya adalah jenis sakelar putar rotary switch. Sakelar ini digunakan untuk mematikan dan menghidupkan kompresor, serta memilih kecepatan putaran blower evaporator. Sakelar terdiri dari tombol putar (menunjukkan posisi off, low, medium, dan high) dan terminal listrik. 

b. Kopling magnet (magnetic clutch)
Kopling magnet berfungsi memutus dan menghubungkan kompresor dengan penggeraknya (putaran mesin). Saat mesin mobil bekerja,pulley berputar karena dihubungkan oleh belt dengan putaran mesin. Dalam hal ini, kompresor tidak dapat bekerja sebelum kopling magnet dialiri arus listrik. Tiga bagian magnetic clutch sebagai berikut:

1. Stator, merupakan gulungan magnet (magnet coil) yang terpasang pada housing kompresor.
2. Rotor, merupakan bagian berputar yang berhubungan dengan crank shaft (poros) mesin dengan perantaraan pulley belt. Di antara permukaan bagian dalam dari rotor dan front housing dari kompresor terpasang bearing.
3. Pressure plate, merupakan komponen yang dipasang pada crank shaft (poros) kompresor.

Ketika system AC mobil di hidupkan, amplifier memberikan arus listrik yang cukup ke coil stator. Setelah itu, akan timbul medan electromagnet dan akan menarik pressure plate dan menekan permukaan gesek pulley, akibatnya kompresor berputar.

c. Thermostat (thermoswitch)
Alat ini bekerja memberikan sinyal kondisi temperature kabin ke kompresor secara otomatis. Di dalam thermostat terdapat sensor yang akan mendeteksi suhu pada evaporator. Selain mengatur temperature, fungsi thermostat pada AC mobil adalah sebagai pengatur proses kerja kompresor AC.

d. Pengatur Suhu elektronik (thermistor)
Thermistor adalah sebuah resistor yang mempunyai koefisien thermal negative pada system AC yang menggunakan amplifier. Artinya semakin rendah suhunya,semakin tinggi resistansinya, sebaliknya semakin tinggi suhunya, akan semakin rendah resistansinya. Sifat ini dimanfaatkan oleh amplifier untuk menghidupkan dan mematikan kompresor. Pada suhu tinggi dan resistansi thermistor rendah, maka saat itulah amplifier akan mengalirkan arus listrik dari baterai ke magnetic clutch, sehingga kompresor bekerja dan terjadi pendinginan.

e. Pressure switch
Pada tekanan refrigerant yang tidak normal, misalnya akibat pemampatan pada system AC, maka pressure switch akan bekerja dengan cara memutuskan atau menghubungkan aliran listrik yang menuju ke kompresor. Pressure switch terpasang pada pipa yang berisi cairan diantara receiver dan katup ekspansi. Alat ini mampu mendeteksi ketidaknormalan tekanan di dalam system dan akan memutuskan kopling magnet jika terjadi tekanan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah sehingga kompresor pun berhenti bekerja.

f. Relay 
Untuk mengalirkan arus listrik ke magnetic clutch, blower motor dan keperalatan lainnya pada system AC mobil, diperlukan relay pengaman. Relay pengaman diperlukan untuk mencegah kerusakan pada kunci kontak. Aliran listrik tidak bias langsung ke magnetic clutch ataupun ke blower motor tanpa melalui kunci kontak, sehingga titik-titik kunci kontak akan cepat aus (terbakar). Hanya dengan mengalirkan arus listrik yang kecil ke coil relay, sudah bias mengalirkan arus listrik yang cukup besar dari baterai ke magnetic clutch ataupun ke blower motor melalui kontaktif relay.

g. Amplifier
Amplifier merupakan rangkaian elektronik yang berfungsi mengatur kerja AC mobil agar selalu dalam kondisi aman dan sesuai dengan keinginan pemakai. Pada prinsipnya, amplifier bekerja sebagai relay otomatis yang mnghubungkan dan memutuskan aliran listrik dari baterai yang menuju ke magnetic clutch. Terdapat dua jenis amplifier yang digunakan pada AC mobil, yaitu temperature control amplifier (pengatur suhu) dan temperature control idling stabilizer amplifier.

            Diatas merupakan komponen – komponen kelistrikan yang terdapat pada AC mobil. Semoga bermanfaat...


Baca juga Cara Kerja AC Mobil

13 comments:

Anonymous said...

kalo sklar di posisi low, itu blower gak hidup tapi di posisi mediuan en hihgt normal, itu apanya ya,.. jenis mobilnya krista bensin 97

Ade Gustomo said...

coba cek pada sklar ac-nya gan, mungkin ada sambungan yang gak pas, bisa saja konektor di dalamnya kotor atau berkarat.., semoga membantu gan...:)

budi kris abuFaiz said...

Klo AC saya pas baru nyala cukup dingin, setelah pemakaian 30 menit lebih (seringnya) gak dingin..pas di cek ke mesin, kipas evaporator dan kompresornya tdk jalan. Apanya ya boz???
Budi (daihatsu classy 93)

Ade Gustomo said...

klo menurut analisis ane c kmngkinan pada kelistrikannya, mngkin ada soket yang prnah trbakar, shingga saat AC dah lama nyala, soket meleleh shingga arus listrik gk ngalir ke kipas kompresor, cek juga pda lilitan di dinamo kipas yng juga kmungkinan sudah prnah hangus... semoga dpat membantu gan..:)

Anonymous said...

switch on of nya ac bau hangus dan ac tidak dingin karena swicth nya hangus ....apa masalahnya ya?

Ade Gustomo said...

kemungkinan ada kabel yang terkelupas pada switchnya, coba bongkar n cek apakah ad kbel2 yg terkelupas/ tersambung antra kabel + dan kbel -
smoga membantu gan..:)

Anonymous said...

Mobil saya Karimun 2005. AC cuma nyembur angin doang. Mau periksa sekering dan relay -nya, tapi nggak tahu tempatnya. Mohon bantuannya. Terima kasih banyak....

Ade Gustomo said...

kemungkinan ada kotoran pada saluran refrigeranty shg refrigrantnya gak ngalir atau ada saluran refrigerant yang bocor, coba dicek pada bagian itu gan... semoga membantu...:)

rochmad wardiansyah said...

Kalo kluar anginya saja dari kompresornya enggak jalan jg bisa, dari isi freonnya abis jg bisa, dari sistem kelistrikanya seperti sekring atau relaynya mati jg bisa..

rochmad wardiansyah said...

Kalau kluar anginya saja kemungkinan kompresor tidak berputar magnetic cluthnya, dr isi freonnya habis jg bisa, dr sitem kelistrikan seperti sekring atau relaynya mati jg bisa :)

Anonymous said...

Mau tanya nih, klo ac hidup tp mobil tdk bergerak (parkir/macet) hasilnya temp langsung naik (ga ada 30menit). Tp klo dibawa jalan, ac dingin normal. Jadi klo macet, ac saya selalu matikan.
Saya baru ganti thermostat, karna aliran air nya ga jalan waktu itu.
Yg saya heran, biasanya klo mobil keadaan diam. Kan selalu ada otomatis yg bikin mobil menggerung. Tp yg saya ini kayanya otomatisnya ga jalan. Itu apaan ya? Chevrolet Zafira 2002

Ade Gustomo said...

mesin overheat ketika ac dinyalakan biasanya disebabkan pada ektra fan yang tidak mau bekerja (berputar), coba periksa bagian ektsra fan-nya, jika memang tidak mau bekerja coba cek bagian ekstra fan seperti kabel2nya maupun relaynya. semoga membantu...:)

apa_saja_ada said...

Misi Gan, baru semingguan ini AC mobil saya bermasalah. Pertama kali AC dihidupkan berjalan normal dan suhu juga dingin. Setelah sampai suhu tertentu (sesuai pengaturan suhu) AC akan off scr otomatis. Nah setelah off, kok tiba2 AC ON lagi dan OFF lagiterus menerus dalam waktu yang sangat cepat, diiringi dengan lampu indikator accu dan oil berkedip-kedip cepat. Terpaksa AC dimatikan. Setelah kurang lebih 15-30 menit kemudian, AC dihidupkan lagi dan pertama semua berjalan normal. Tapi jika sudah off secara otomatis, maka kembali AC hidup-mati hidup-mati dalam waktu yg sangat cepat. Mohon bantuannya, kira2 apa yg rusak pada AC saya . Info : mobil panther 2.3. Terima kasih atas pencerahannya.

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...