Friday, July 5, 2013

Pertama kali yang saya temui dan membuat saya penasaran ketika membuka portal berita online detikoto adalah LCGC. Apa itu LCGC? Awalnya saya menebak apakah mobil berbahan bakar gas (karena ada huruf “G”). Dan setelah cari tahu, ternyata LCGC adalah sebutan untuk mobil murah dan ramah lingkungan. Ya industri otomotif di Indonesia sedang menyoroti peraturan pemerintah yang menetapkan harga mobil LCGC berkisar Rp95juta (untuk mobil A/T harga lebih mahal 15%, untuk penambahan fitur safety seperti airbag, ABS, dsb, harga akan lebih mahal 10%).

Kisaran harga yang dipatok tersebut terbilang murah untuk mobil baru yang sudah mengusung teknologi injeksi yang irit bahan bakar. Nah jika sudah mengerti tentang apa itu LCGC, saya akan memberikan 5 mobil yang kabarnya mengusung format LCGC tersebut, Berikut merupakan 5 mobil murah ramahlingkungan (LCGC) yang akan hadir untuk masyarakat Indonesia :

Astra : Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Gambar mobil Daihatsu Ayla
Gambar mobil Daihatsu Ayla
Untuk kedua produk Astra ini memang sudah dipastikan akan masuk ke kategori mobil LCGC. Saya sendiri sudah banyak memposting artikel tentang kedua mobil ini, jadi langsung saja klik link di bawah ini untuk mengetahui seperti apa kedua mobil ini :

Honda Brio Satya
Gambar Mobil Honda Brio Satya
Gambar Mobil Honda Brio Satya
Honda sebagai salah satu pelaku industri otomotif terbesar di Indonesia, sepertinya langsung mengambil langkah tepat dengan ikut mengeluarkan mobil LCGC. Dengan mengambil basis Honda Brio yang diberi nama Honda Brio Satya. Mobil ini sendiri sudah pasti termasuk kategori LCGC karena telah didaftarkan ke kementrian perindustrian. Jika Honda Brio standar mengusung mesin 1.300cc, mobil yang diberi nama Honda Brio Satya DD1 mengusung mesin berkapasitas 1.200cc. Honda dikabarkan akan membuat Honda Brio ke dalam 5 varian, yaitu:
A (M/T)
E (M/T)
E (A/T)
S (M/T)
S (A/T)
Ket: M/T = manual transmission, A/T = automatic transmision

Datsun
Gambar mobil Datsun yang dikabarkan akan meramaikan persaingan mobil LCGC
Gambar mobil Datsun yang dikabarkan akan meramaikan persaingan mobil LCGC
Datsun yang masih satu merek dengan Nissan kabarnya juga akan meramaikan pasar mobil LCGC di Indonesia. Walau bentuknya masih berupa sketsa tapi mobil ini dikabarkan akan benar-benar diproduksi, dan sudah akan memasuki pasar di India pada tanggal 15 Juli 2013 mendatang. Mobil ini mengambil platform dari Nissan March. Jujur saja dilihat dari sektsa, bentuknya membuat saya jatuh cinta dengan mobil ini…, jangan ada yang cemburu lho… Ehehehehe… Sayangnya mobil ini belum diketahui akan mengusung nama apa.

Suzuki Wagon R G-II Concept
Gambar spy shot mobil Suzuki Wagon R G-II
Gambar spy shot mobil Suzuki Wagon R G-II (sumber:detikoto)
Tak mau kalah dengan Honda dan Nissan, Suzuki diisukan juga akan mengeluarkan mobil bertajuk LCGC. Dan menurut sumber dari detikoto, mobil ini dipergoki sedang melakukan tes uji jalan. Namun sepertinya pihak Suzuki tak mau mengakui kalau mereka akan menggunakan mobil bernama Suzuki Wagon R G-II Concept untuk meramaikan pasar mobil LCGC. Suzuki Wagon R sebenarnya sudah lama keluar di Indonesia dengan nama Suzuki Karimun. Jadi ingat film SaraS 008…:D

5 mobil LCGC yang kabarnya memang benar-benarmeramaikan pasar mobil murah ramah lingkingan di Indonesia. Jika benar adanya, dapat ditebak persaingan industry mobil akan semakin memanas dan ramai. Kabar buruknya adalah jalanan bakalan lebih macet daripada biasanya…:(, ya semoga saja pemerintah mau melakukan perbaikan infrastruktur jalan dan pelebaran jalan yang memadai untuk mengimbangi angka penjualan mobil LCGC yang diprediksi akan meledak,,, DuorrrRR…

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...