Saturday, August 20, 2011

Apa itu Front Wheel Drive ( FWD )

Nah… Jika pada postingan sebelumnya saya membahas tentang system penggerak roda Rear Wheel Drive ( RWD ), maka pada postingan kali ini saya akan membahas tentang system penggerak roda Front Wheel Drive ( FWD ).

Apa itu Front Wheel Drive ( FWD ) ? Front Wheel Drive merupakan system penggerak roda depan tanpa melalui drive train ( penyalur daya ) yang mereduksi energy, sehingga mesin dipasang melintang ( tranversal ).saat ini sebagian mobil, khususnya sedan menggunakan system penggerak roda model ini.


Keuntungan atau kelebihan dari Sistem Front Wheel Drive adalah pada girboks yang relatif lebih kompak dan menyatu dengan final gear. Dari girboks tenaga dislurkan lewat drive shaft ( as roda ). Karena as penggerak tak sepanjang kepunyaan RWD, kehilangan tenaga saat mesin berjalan lebih sedikit dibanding RWD. Posisi mesin yang melintang searah dengan putaran roda menghasilkan efisiensi BBM. Selain itu penggerak roda Front Wheel Drive membuat kabin lebih lega, lihat saja pada Suzuki Karimun, Honda CR-V, KIA Carnival.

Kekurangan dari Sistem penggerak roda Front Wheel Drive adalah beban mobil yang hanya terkonsentrasi di bagian depan. Hal ini sangat tidak nyaman ketika melakukan perjalanan jauh. Selain itu handlingnya agak understeer karena roda depan mempunyai dua tugas yaitu sebagai penggerak dan sebagai kemudi. Keausan ban juga lebih cepat daripada RWD. Demikian pula rangkaian suspense depan yang lebih kompleks, membuat part yang harus diganti secara berkala lebih banyak.

Masalah yang sering timbul pada system front Wheel Drive adalah pada as roda ( Drive Shaft ) serta komponen pendukungnya. Tanda-tandanya terdengar bunyi “ tek tek tek “ saat membelok patah. Cara mengetesnya dengan cara melihat karet boot as roda di kolong, bila sudah sobek maka dapat dipastikan bermasalah. Lalu coba melaju dengan posisi belok patah. Bila terdengar bunyi “tek tek tek”  berarti drive shaft-nya bermasalah. Tapi tenang saja hal ini bukan masalah yang sulit karena masih dapat diperbaiki.

Sekian potingan dari saya mengenai sistem penggerak roda Front Wheel Drive. Semoga bermanfaat…


Sumber : majalah Auto Bild

6 comments:

Anonymous said...

thx info nya bro

Richard Kevin said...

Bro, Mobil G Honda all new Jazz, Kilometer 20000rb baru pake setahun 1 bulan. Mau nanya ni seputar driveshaft, kalo G belok trs nglindes jalanan yg gaa rata ato beruntulan rasanya ada bunyi gretek" di roda depan. Apa itu driveshaftnya bermasalah? Ada cara lain gaa utk ngecek driveshaftnya masalah ato gaa? Thx before..

Ade Gustomo said...

kemungkinan juga drive shaftnya sob,, coba cek ketika waktu berbelok sambil jalan ada bunyi kletek2 gtu.., coba juga belokan pada saat berhenti apakah ada bunyi yg tak lazim dari kolong ban depan..., Jika iya kemungkinan drive shaftnya, pngalaman ane wktu PKL di bengkel Honda, biasanya yg bermaslah adalah laher n roller2nya (lupa namanya apa) yg ada di dlam driveshaftnya, biasanya sekalian diganti dengan karetnya sekalian... semoga membantu sob...

Anonymous said...

Om Mo nanya,
Mobil saya peugeot 306. Sekarang kadang2 body mobil goyang. ada yang bilang karena as roda? yang pasti ban sudah di balancing semua.

sigit said...

Bro...
ane mo tanya nih, mobil ane Jazz 2005 vtech bermasalah dengan reer wheel HUB beering 42200-SEL-T51 apakah ada bedanya dengan 42200-SEL-g01
dan berapa yah kisaran harga.
dimana saya bisa dapetin katalog part untuk honda jazz 2005
terima kasih
salam
sigit

Ade Gustomo said...

mungkin agan bisa tnya2 lbih detail dsni gan...

http://www.kaskus.co.id/thread/515c29321a7608317a000005/ge-squad-indonesia-all-new-jazz-community-kaskus---part-1/

atau

http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016854493/tanya-jawab-diskusi-seputar-spareparts-mobil/

smoga bsa membantu...:)

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...