Saturday, August 20, 2011

Apa kabar semua… Semoga baik-baik saja ya… Nah pada mulai postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang system penggerak roda, mulai dari Rear Wheel Drive ( RWD ) hingga Front Wheel Drive ( FWD ). Pada postingan pertama tentang system penggerak roda saya akan menjelaskan sebuah system penggerak roda bernama Rear Wheel Drive.

Apa itu Rear Wheel Drive? Rear Wheel Drive merupakan system penggerak roda belakang. posisi mesin di depan dan dipasang sejajar bodi, di belakang mesin terdapat girboks yang berfungsi mereduksi putaran mesin lalu energy dari girboks disalurkan ke gardan belakang melalui as kopel ( Propeller Shaft ).


Keuntungan atau kelebihan dari system penggerak roda Rear Wheel Drive ( RWD ) adalah membuat distribusi berat kendaraan merata. Konsentrasi berat mesin tidak hanya di depan, karena diimbangi girboks, kopel dan gardan belakang. Selain hal tersebut masing-masing poros bisa terkonsentrasi dengan satu tugas, yaitu poros depan sebagai kemudi dan poros belakang sebagai penggerak. Metode ini masih banyak dipakai oleh Mercedes Benz dan BMW, demi kenyamanan dan stabilitas maksimal.

Sedangkan kelemahan dari system penggerak Rear Wheel Drive ( RWD ) adalah banyak tenega yang tereduksi ( tenaga yang keluar tidak maksimal ) karena tenaga harus melalui Drive train : girboks > kopel > garden > roda. Selain itu beratnya drive train ( penyalur daya ) sangat mempengaruhi konsumsi BBM. Posisi mesin longitudinal juga menyita bagian depan kabin serta membuat tunnel yang menyita tempat di interior mobil.

Kerusakan umum di Drive train adalah cross joint ( penyambung kopel ) yang fast moving dan mempunyai jadwal ganti. Selain itu kerusakan gardan karena penggantian oli yang tidak teratur. Biasanya terdengar bunyi saat mobil mulai melaju ( entakan kopel ) atau suara mendengung. Cara mengetesnya, usahakan dengan melakukan test drive. Dari posisi diam, majukan mobil perlahan. Jika ada bunyi ‘duk’ saat mulai melaju berarti cross joint bermasalah. Lalu coba mobil melaju 1-2 km untuk mendengar apakah ada suara dengungan di gardan. Jika terdengar suara dengungan berarti gardan yang bermasalah.


Nah sekian penjelasan dari saya tentang system penggerak roda Rear Wheel Drive ( RWD ) serta kelebihan, kelemahan dan masalah yang terjadi pada system Rear Wheel Drive ( RWD ). Semoga bermanfaat…  


sumber : majalah Auto Bild

0 comments: