Saturday, August 20, 2011

Rem cakram saat ini merupakan peranti rem yang wajib digunakan pada motor2 keluaran terbaru. Bahkan banyak motormania yang merubah system penghenti laju motor ini dari rem tromol menjadi rem cakram ( disc brake ). Hal ini disebabkan karena dengan mengaplikasi rem cakram, pengereman menjadi lebih sakti dan tentunya lebih gaya. Maka dari itu perawatan rem cakram perlu diperhatikan agar rem tetap sakti dan tentunya tetap gaya. Berikut saya akan menjelaskan sedikit Cara Merawat Rem Cakram ‘Disc Brake’.

Pasang cakram ukuran gede maupun ukuran standar, soal perawatan memang harus hati-hati. Jangan terlalu cuek atau malas kalau tidak ingin peranti ini tampak kusam apalagi tidak bekerja secara maksimal. Sebenarnya cara merawat rem cakram gampang kok. Cukup pakai air bersih yang diambil langsung dari sumur maupun air PAM. Hal ini disebabkan karena air bersih dapat mengusir kotoran bahkan minyak rem yang terkenal kejam terhadap cat. Misal kotoran bekas air hujan atau kubangan air. Kalau mengendap di kaliper dan cakram bisa bikin berkarat dan juga ngerusak komponen. Sebaiknya langsung diguyur air bersih sebelum kotoran tadi menyusup ke piston caliper, kampas dan piringan. Efek buruknya terjadi pengikisan.


Begitu juga jika ingin menambah atau mengganti minyak rem. Cara paling aman menghindari tampilan rem cakram kusam adalah menggunakan air bersih. Siapkan air bersih beserta kain lap terlebih dahulu. Sehingga begitu ada minyak rem yang tumpah ke komponen lain buruan lap dengan kain yang telah dibasahi dengan air bersih. Nah kalau mau setel tekanan minyak rem atau buang angin palsu di slang rem lewat nipel, agar aman baut nipel dipasangi slang aki lalu arahkan ke wadah pembuangan agar minyak rem tidak tumpah ke komponen motor yang lain.

Demikianlah tips Cara Merawat Rem Cakram ‘Disc Brake’. Semoga bermanfaat…

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...