Tuesday, August 16, 2011

Lebaran memang identik dengan yang namanya mudik. Nah bagi yang menggunakan jasa angkutan ataupun mobil pribadi dipastikan kendaraan roda dua anda ditinggal . Nah bagaimana Cara meniggalkan Motor Ketika ditinggal Mudik, agar hati tenang ketika di kampong halaman tentunya. Berikut merupan tips n triknya :

1.  Tangki
Sebaiknya isi penuh tangki motor anda. Pastinya dengan bensin… gak mungkin lah pakai air… hehehehe… hal ini untuk mencegah agar bagian dalam tangki berkarat dan timbul kerak. Jika motor anda memiliki kran bensin posisikan kran pada posisi off agar tidak menimbulkan kerusakan pada kerburator.

2.    Kelistrikan
Lepaskan kabel plus minus yang terhubung dengan aki serta bungkus ujungnya dengan isolasi agar lebuh aman. Tujuannya adalah agar kondisi aki tetap fit setelah lama ditinggal mudik. O y… Lumasi juga semua kabel dan switch control pakai oli untuk menghindari bagian metal saklar berkarat.

3. Ban
Hindari ban dari kontak langsung dengan lantai. Maksudnya agar ban terhindar dari cairan seperti bensin ataupun minyak tanah yang dapat merusak komponen ban tersebut. Posisikan motor dengan standar tengah sehingga ban belakang menggantung sedangkan ban depan Alaskan dengan kain ataupun kardus.

4.  Mesin dan Knalpot
Untuk mencegah karat pada dinding silinder mesin dan seher, masukkan sedikit oli lewat lubang busi. Lalu start dengan kick starter dalam keadaan mesin off. Tutup bagian knalpot dengan plastic agar terhindar dari benda asing yang masuk dan merusak ruang bakar.

5. Keamanan
Halangi motor anda dengan benda-benda berat seperti lemari, meja dsb… cara unik ini mampu mengahalangi si pencuri untuk mengambil motor kesyangan kita. Jangan lupa beri kunci pengaman pada kendaraan roda dua anda seperti gembok cakram. Jika anda memiliki lebih dari satu motor sebaiknya kunci motor dengan bersamaan dengan rantai.

Nah demikian tips n trik Cara Aman Meninggalkan Motor Ketika ditinggal Mudik. Semoga bermanfaat…

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...