Tuesday, August 16, 2011

Cara Menaikan Performa Honda Scoopy

Honda scoopy memang bergaya retro abizZ… Tapi banyak para bikers yang ingin menjadikan performa skutik bergaya retro ini ganas. Alasannya simple agar bisa bikin malu motor-motor bergaya racing. Lho…?? Berikut merupakan cara menaikan performa Honda scoopy :

1. Blok silinder
Agar kapasitas mesin naik, pilihannya jatuh pada piston berdiameter 56,5 kepunyaan Kawasaki Blitz Joy oversize 50. Dengan mengganti booring bawaan motor dengan booring baru berdiameter luar hingga 61,5 mm. Agar dapat masuk mulut crankcase dibubut 2 mm. Meski booring cukup besar namun ketebalan liner masih berkisar 2,5 mm, masih cukup aman.

2.  Kepala silinder
Menyesuaikan seher yang lebih besar, klep pun dibesarkan agar pasokan bensin di ruang bakar mencukupi. Klep isap jadi 29 mm dan klep buang jadi 24 mm.
3. 
      3.  Noken As
Durasi dan lift pengaturan buka tutup klep dari standarnya. Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan perubahan kapasitas pada Blok silinder dan Kepala Silinder.
4.    
4.    4. Knalpot

      Bisa menggunakan produk knalpot Freeflow aftermarket maupun knalpot standar yang dibobok dengan bagian leher yang telah di besarkan.

      5.  Karburator
Karburator tetap menggunakan bawaan pabrik. Agar memperoleh pembakaran yang ideal spuyer perlu di atur ulang. Pilot jet naik satu step dari 39 ke 40, sedang main jet naik 2 step dari 100 ke 102.

Demikianlah Cara Menaikan Performa Honda Scoopy yang di ambil dari tabloid otomotif. Dari hasil ini di dapat kenaikan tenaga sebesar 5,25 dk sehingga menjadi 13,53 dk ( standar 8,28 dk ) serta torsi 2,38 Nm ( 8,34 Nm ke 10,72 Nm ) . Cukup besar untuk ukuran Korek harian. Semoga bermanfaat…

1 comments:

Anonymous said...

bro, tentang karburator, pilot jet itu 38 naik 1 step jadi 40, kalo mainjet 100 ke 102 itu naik 1 step...

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...