Tuesday, August 16, 2011

Rem parkir atau yang biasa di sebut rem tangan merupakan peranti pada mobil yang fungsinya untuk menghentikan laju mobil pada waktu yang lama atau ketika sedang parkir.Nah biasanya karena usianya sudah uzur rem ini kurang maksimal untuk mengunci roda mobil anda. Nah bila hal ini terjadi maka kita dapat melakukan setel pada rem tangan atau rem parkir.
Banyak jenis rem parkir pada varian mobil. Umumnya posisi rem parkir berada di konsol tengah. Namun pada mobil lawas macam Isuzu Panther dan Toyota kijang lawas tuas rem parkir ada di kolong dasbor. Penyetelan dilakukan dengan memperhatikan ketinggian tuas yang terhubung dengan kabel ke belakang.

Misalnya pada tuas yang berada di konsol tengah, bisa disetel baut yang terhubung antara tuas dan kabel ke bagian belakang. Putar bautnya lalu ketinggian tuas pun akan berubah lebih pendek sehingga rem akan lebih mencengkeram. Pada jenis lain perlu membuka konsol terlebih dahulu untuk menyetelnya ( sedan ). Untuk jenis Jip yang rem parkirnya terikat pada transfer case, terdapat lubang penyetel untuk merapatkan kampas rem dengan dinding teromol. Penyetelannya persis menyetel ketinggian kampas trem pada rem teromol di roda.

Demikianlah sedikit pengetahuan tentang Cara Setel Rem Tangan ( Rem Parkir ) Mobil agar Lebih Maksimal. Semoga bermanfaat…

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...