Wednesday, August 3, 2011

Truk Heavy Duty, Truk Dengan Tenaga Terbesar. Ungkapan ini memang pantas disandang untuk truk Heavy Duty. Heavy Duty Truck merupakan truk yang diperuntukan untuk kerja berat yang berlokasi di trek off road macam di daerah pertambangan atau Minning area. Di tanah air, untuk truk jenis ini masih berkiblat pada tiga kawasan yaitu Jepang, Eropa ( Euro )dan Amerika ( USA ). Merek kondang dari Amerika yang banyak beredar di tanah air seperti Kenworth. truk racikan benua eropa seperti Iveco, Scania, Renault, Volvo dan Mercedes Benz juga ikut meramaikan kancah persaingan truk Heavy Duty. Sementara pabrikan jepang lebih dulu sohor dengan merek macam Hino dan Fuso.


Meski begitu tingkat efisiensi bahan bakar dan kehandalan menghadapi medan berat kini jadi pertimbangan utama para penyandang dana alias perusahaan pengguna armada truk heavy duty ini. Sekilas gambaran, truk buatan Amerika ( USA ) dan Eropa masih mendominasi kategori Truk Heavy Duty. Bicara kehandalan melintasi medan buruk truk buatan Amerika memang tak diragukan lagi meski konsumsi bahan bakarnya. Sedangkan truk buatan eropa lebih memperhatikan efisiensi bahan bakar dengan di imbangi kehandalan mesin dan kaki-kaki.

Perlu diperhatikan pula bahwa kebutuhan Heavy Duty Truck juga dipengaruhi selera si penggunannya sendiri. Truk jenis ini memeng mempunyai bentuk lebih kaku ketimbang truk buat on road. Tapi untuk Long Time Investment, truk Heavy duty memegang peranan yang sangat penting.

Segmen pasar truk jenis Heavy Duty lebih fokus untuk kebutuhan logging, minyak dan gas, agricultural atau kontruksi. tak heran jika dapur pacu yang di jejalkan memiliki tenaga labih besar dari truk jalanan atau on road. Seperti varian Iveco Trakker yang masuk di Indonesia memiliki keluaran tenaga 250-480 hp. Sementara Kenworth memiliki tenaga 250-700 hp. Alhasil beberapa fitur penunjang kinerja yang tak di aplikasi truk kebanyakan, tersedia lengkap pada Heavy Duty truck. Sekian Postingan tentang Truk Heavy Duty, Truk dengan Tenaga Terbesar. Semoga bermanfaat...

0 comments: