Sunday, December 25, 2011

Mobil yang irit bahan bakar pastinya merupakan idaman semua orang. Oleh sebab itu mobil – mobil keluaran terbaru pasti juga menitik beratkan pada keiritan bahan bakar mobil produksi mereka. Namun jika anda mempunyai mobil bekas ada beberapa cara membuatnya bisa irit seperti mobil – mobil terbaru yang sarat akan teknologi. Berikut merupakan hal – hal yang perlu diperhatikan untuk Membuat Irit Bahan Bakar Mobil Lama Anda yang saya saring dari majalah autobild :
Bikin irit bahan bakar mobil bekas Anda
1.      Pengapian
Mobil – mobil sekarang ini umumnya sudah memilki sistem pengapian yang canggih pastinya. Tujannya tentu berkaitan dengan efisiensi bahan bakar, tanpa perlu mengorbankan performa. Namun, pemilik mobil bekas perlu mengecek busi. Peranti ini harus bisa memercikan api dengan sempurna.

2.      Saluran Udara
Mesin membutuhkan udara yang banyak untuk memberikan pembakaran sempurna. Saringan udara yang kotor atau rusak bisa menghambat pasokan tersebut. Nah, tunggu apalagi segera ganti elemen filter udara mobil bekas anda.

3.      Sistem Bahan Bakar
Pada mobil pada sistem bahan bakar injeksi. Lakukan pembersihan injektor. Saluran atau injektor yang tersumbat kotoran bisa membuat kerja mesin tersendat – sendat. Kalau pembakaran tidak sempurna ini terjadi, maka tenaga yang dihasilkan berkurang dan emisi yang dihasilkan juga ikut meningkat.
Celakanya lagi, jika ini terjadi pengendara umumnya secara refleks akan menginjak pedal gas lebih dalam. Otomatis ini membuat BBM yang disemprotkan menjadi lebih banyak. Konsumsi BBM-pun meningkat.
Sudah banyak bengkel yang menyediakan layananan jasa membersihkan injektor, mulai dari membongkar mesin sampai tanpa bongkar mesin. Anda juga dapat membeli sendiri cairan pembersih injektor di toko penyedia keperluan otomotif.

4.      Ban
Jenis ban ramah lingkungan (eco tyre) dapat menjadi pilihan. Ban tipe ini diklaim memiliki hambatan gulir (rolling resistance) yang rendah. Semakin kecil hal tersebut, maka semakin sedikit bahan bakar yang dibutuhkan untuk menggerakan mesin. Oleh karena bahan bakar yang diminum berkurang, otomatis emisi CO2 yang dihasilkan ikut menurun. Contohnya adalah Bridgestone Ecopia dan GT Radial Champiro Eco.

5.      Kaki – kaki
Pada bagian ini fokus perhatian ada di wheel bearing. Kalau peranti yang satu ini sudah aus atau tidak dapat bergulir dengan lancar, maka dapat menghambat laju kendaraan. Dengan bearing yang baru roda akan berputar lebih lembut dan lancar.

Nah jika anda sudah membaca kelima cara diatas pastinya anda sudah tau apa saja yang harus diperhatikan agar mobil bekas anda menjadi lebih irit bahan bakar. Demikianlah Cara Membuat Irit Bahan Bakar Mobil Lama Anda. Semoga bermanfaat...

1 comments:

dwi Rahmani said...

sangat bermanfat infonya.mantappp

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...