Monday, August 13, 2012

Apa kabar sobat semua?? Semoga sehat selalu ya sob... O ya sebelumnya saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, dan tak terasa beberapa hari lagi kita akan merayakan hari kemenangan. Oleh karena itu, ane mengucapkan Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin...

Nah, pada postingan di hari yang cerah nan panas menurut ane...hehe... ane mau berbagi sedikit tips yang moga - moga dapat membantu sobat. Pasti bikin mangkel (jengkel.red) kalau lagi enak - enak jalan tiba - tiba, dan tanpa diduga - duga atau ujug - ujuglah kendaraan anda mati di tengah jalan. Udah terik matahari menyengat, macet dan lain sebagainya, pastinya membuat kita jadi gugup bukan. Apalagi jika pada saat sekarang dimana arus mudik mulai ramai.
Waduh, bisane mobile ane mogok ya??
Jika hal ini yang anda alami di tengah jalan, yaitu mobil atau motor anda tiba - tiba mogok gak tau kenapa, ada beberapa tips untuk mengatasinya, ane uraikan secara urut aja ya, tata cara jika pada saat macet atau jalan tiba - tiba mesin mati mendadak. Greeennggg truz pet... waduh... Langsung saja simak Tips Jika Kendaraan Anda Mogok di Tengah Jalan :

1. Jangan Grogi atau Gugup
Yang pertama, adalah jangan gugup jika tiba - tiba kendaraan anda mati atau mogok di tengah jalan. Yang pertama anda lakukan adalah tetap tenang, anggap saja jalan tersebut adalah milik anda... hehehe... Jika anda naik mobil, langsung saja nyalakan lampu riting atau lampu hazard, jika naik motor, angkat saja tanganmu, salah satu aja ya jangan dua - duanya, pengalaman ane, dulu pernah mau nyalip truk kontainer yang panjang abiz, eh tiba - tiba mati tuh motor ane pas lagi nyelip, di depan ada bis gede lagi, langsung aja deh ane angkat tangan kanan ane, untungnya bisnya tau n ngalah... hehe...

2. Pinggirkan Kendaraan Anda
Segeralah untuk meminggirkan kendaraan anda, jika motor mungkin tak masalah, namun jika mobil?? Gampang kok, tinggal minta aja sama orang sekitar untuk bantuin mendorong mobil agan. Dan sebagai rasa terimakasih bisa dikasih uang atau rokok, gitu sob. Sebaiknya cari tempat yang teduh jika di siang hari.

3. Dinginkan Mesin
Setelah kendaraan anda sudah dipinggir jalan, jangan langsung di utak - atik ya, paling tidak ditunggu sekitar 5 menit sampai mesinnya sedikit dingin. Gak mau kan tangan kamu terbakar akibat menyentuh mesin kendaraan yang panas buangetz...

4. Periksa Busi
periksa busi
Yang pertama kamu periksa adalah busi, ini untuk sepeda motor. Maklum motor kan jarang yang menggunakan radiator. Lepaskan busi, dan periksa busi. Busi yang kotor atau basah merupakan penyebab nomor satu terjadinya kendaraan mogok. Bersihkan busi dengan ampelas halus atau lap dengan kain kering.

5. Periksa Air Radiator
isi air radiator
Nah, jika kendaraan anda memiliki radiator, ini yang pertama dilakukan. Periksa air radiatornya. Sering ane menjumpai mobil yang mogok gara - gara overheat, sehingga pistonnya gancet dan tak mau bergerak. Penyebab utamanya adalah pendinginan yang kurang sempurna, salah satunya kehabisan air radiator.
Ingat!! Jangan buru - buru membuka tutup radiator jika mesin masih panas, karena air panas yang ada di radiator bisa muncrat. Tunggu aja beberapa menit, dan kemudian isi dengan air mineral untuk sementara. Diutamakan menggunakan air coolant atau cairan pendingin khusus radiator.

6. Periksa Kelistrikan
sekring
Tahap selanjutnya adalah pengecekan ringan pada sistem kelistrikan kendaraan anda. Pengecekan ringan ini biasanya meliputi sekring. Jika ada sekring yang putus segeralah diganti. Jika setelah ganti sekring baru, tiba - tiba putus lagi, anda bisa memeriksa kabel - kabel yang ada pada kendaraan anda. Biasanya ada yang terkelupas, dan menempel bodi atau massa. Yang satu ini memang sedikit rumit, sebab jumlah kabel yang ada pada kendaraan bikin muzmet... hehe...

7. Periksa Karburator
Kalau yang satu ini, khusus motor sajalah. Mobil kan kebanyakan sudah pakai sistem injeksi.. hehe... Biasanya yang terjadi adalah mbrebet dan mati. penyebabnya :

1. Karburator kotor
komponen - komponen di dalam karburator
Bongkar karburator dan bersihkan. Gak sulit kok membongkar dan memasang kembali karburator motor. Jangan lupa bersihkan juga main dan pilot jetnya juga, cz biasanya komponen ini yang tersumbat kotoran. Hati - hati jika karburator anda berjenis vakum, bisa liat disini (cara membersihkan karburator vakum).

2. Karburator Banjir
Biasanya ditandai dengan adanya tetesan bensin pada karburator. Dikarenakan jarum pelampung (inlet needle) yang gak mau mbuka atau nutup lagi. Cara pertama tutuk - tutuk aja karburatornya menggunakan obeng, biasanya langsung mau nutup tuh jarumnya.., trus putar kunci kontak pada posisi off, starter menggunakan kick starter atau kaki beberapa kali, setelah itu baru deh nyalakan mesinnya. Jika masih banjir, satu - satunya cara ya bongkar deh karbunya...

Dan untuk mengurangi hal - hal yang tidak diinginkan, maka ketika akan bepergian jauh, persiapkanlah hal - hal seperti di bawah ini :

1. Busi
2. Air Mineral, jika perlu Cairan Coolant
3. Sekring atau Fuse
4. Obeng, Kunci Busi, Kunci set, Tang dan sebagainya
5. Lap atau Kain
6. Isolasi
7. Ampelas Halus

Nah, beberapa tips di atas merupakan sesuatu yang pernah ane alami dan ane lakuin ketika sedang naik motor tiba - tiba mati. Maklum ane punya'e motor belum punya mobil apalagi supercar... hehe... Sekian dulu Tips Jika Kendaraan Anda Mogok di Tengah Jalan, Semoga dapat membantu sobat semua.... Kalau ada yang mau menambahin tips yang lainnya bisa share di kotak komentar sob...:)

Sekali lagi ane ucapin Minal Aidzin Wal Faidzin....:)

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...