Wednesday, April 17, 2013


Hati-hati dalam memilih oli mesin mobil
Oli mesin mobil merupakan cairan pelumas yang berada di dalam blok mesin mobil. Oli mesin mobil memiliki fungsi untuk melumasi bagian-bagian dalam mesin mobil sehingga komponen-komponen di dalam mesin mobil tersebut tidak cepat panas, terhindar dari karat, dan tidak mudah aus. Dengan adanya oli mesin mobil, gesekan antar komponen mesin akan semakin halus sehingga kerja mesin menjadi lebih maksimal. Oli mesin juga dapat menyalurkan panas dari dalam mesin ke bagian dinding mesin secara cepat sehingga pendinginan mesin menjadi lebih maksimal. Walaupun demikian, oli mesin mobil memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga anda harus pintar-pintar dalam memilih oli mesin untuk mobil kesayangan anda. Seperti pada Tips dan Cara Memilih Oli Mesin Mobil yang Benar dibawah ini :

1. Perhatikan Kekentalan Oli Mesin Mobil
Kekentalan mesin mobil dapat anda lihat pada kemasan oli mesin. Kode kekentalan oli mesin adalah SAE. Nilai SAE berupa angka yang menandakan kekentalan oli mesin tersebut. Semakin besar angka yang tertera maka semakin kental oli mesin tersebut, begitu juga sebaliknya. Misalnya oli mesin berkode SAE 50W lebih kental daripada mesin berkode SAE 30W. Memilih kekentalan oli mesin mobil bukanlah hal yang patut disepelekan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan tentunya.
kode kekentalan oli mesin mobil
Jika kendaraan anda merupakan kendaraan yang berfungsi sebagai kendaraan operasional dan anda tinggal di daerah dataran rendah yang terkenal dengan kondisi panas, maka oli mesin dengan kekentalan tinggi merupakan pilihan yang tepat karena oli mesin dengan kekentalan yang tinggi tidak mudah menguap pada temperatur yang tinggi, dan lebih awet jika digunakan pada kendaraan dengan jam operasional tinggi. Hanya saja kerja mesin menjadi lebih berat.  Sebaliknya, jika kendaraan anda merupakan kendaraan yang difungsikan untuk balap, jarang digunakan, ataupun tinggal di daerah dataran tinggi, maka oli mesin mobil dengan kekentalan yang rendah merupakan pilihannya.

2. Perhatikan Jenis Oli Mesin Mobil
Selain memperhatikan kekentalan oli mesin, anda juga perlu memperhatikan jenis oli mesin untuk mobil yang akan dipilih. Pada umumnya jenis oli mesin yang beredar adalah jenis synthetic, semi-synthetic, dan jenis oli mineral. Mobil keluaran terbaru pastinya memiliki teknologi terbaru pula. Maka oli synthetic merupakan pilihan paling tepat dan sangat direkomendasikan. Tidak hanya mobil baru yang disarankan menggunakan oli synthetic, namun juga mobil-mobil keluaran lama, terutama keluaran tahun 2000 ke atas. Alasannya karena oli mesin synthetic memiliki molekul-molekul khusus yang mampu melumasi dan melindungi mesin mobil lebih maksimal, bahkan pada kondisi mesin mobil mati sekalipun.

3. Menghindari Oli Mesin Mobil Palsu
Jangan terkecoh dengan oli bermerk dengan harga jual jauh dibawah harga pasaran. Karena mungkin bisa jadi oli mesin tersebut merupakan oli mesin mobil palsu. Perhatikan pula kemasan oli mesinnya. Oli mesin mobil asli pastinya memiliki kemasan oli yang rapi dan memiliki kode dan nama perusahaan yang jelas. Jika anda kurang yakin, sebaiknya anda membeli oli mesin mobil di toko-toko aksesoris mobil terpercaya. Anda juga dapat mencarinya di bengkel resmi mobil atau outlet resmi oli mesin mobil. Sebagai contoh outlet Pertamina, Sheel maupun Castrol.

Oli mesin mobil memang sangat penting dan merupakan bagian wajib yang harus diperhatikan untuk mobil kesayangan anda. Pintar-pintarlah dalam memilih oli mesin mobil agar mesin mobil selalu dalam kondisi optimal. Dengan sedikit Tips dan Cara Memilih OliMesin Mobil yang Benar di atas, setidaknya anda mempunyai bekal agar lebih pintar daan hati-hati dalam menentukan dan memilih oli mesin untuk mobil anda. Mesin mobil lebih halus, performa mesin mobil lebih optimal, andapun senang..:)

0 comments: