Saturday, July 16, 2011

Cara Menaikan Performa Suzuki Satria F 150 Supaya Lebih KencangSatria F 150 memang terkenal sebagai motor yang digandrungi anak muda karena larinya yang kencang. Nah agar satria 4 tak anda lebih kencang bisa memodifikasi / menerapkan beberapa cara di bawah :



1. Per Kopling
Buat menyempurnakan penyaluran tenaga mesin, harus didukung entakan kuat. Maksudnya, respons tendangan balik per kopling. Kerenggangan per pun tetap terjaga. Sebab kampasnya tak selalu bergesekan dengan pelat kering. Sehingga peranti itu lebih awet. Punya engine bagus, tapi bila entakan koplingnya tidak, sama juga bohong. Rpm mesin tak akan menyentuh putaran tinggi, ujar Cepi, mekanik Pro SE. Solusinya, bisa pakai merek Inspiro.

2. CDI
Kuda besi sekarang banyak dilengkapi CDI dengan pembatas rpm alias limiter. So, jangan protes kalau puncak tenaga mesin enggak pernah kesampaian. Baiknya, ganti tipe CDI unlimiter, ujar Sumantri bos Chips Motor di Pos Pengumben, Jakbar. Sudah banyak CDI impor yang datang untuk memuaskan hasrat ngebut para F150-ers. Misalnya, CDI racing buatan Thailand, seperti LEK, Shindengen dan TDR. Namun tak ada salahnya mengaplikasi buatan lokal. Sebab, kualitasnya tak kalah bersaing dengan peranti pengapian dari Thai itu, lo! Sayang, baru satu buatan Indo yang berani bertarung. Yakni merek BRT. CDI Shogun kebo juga bisa di aplikasikan lho.

3. Knalpot
Untuk menyalurkan gas buang, pilihan knalpot yang ideal jadi penentu akselerasi. Sebab jika tak tepat, lari motor malah tertahan. Knalpot besar belum tentu menambah power mesin, ujar Dodo dari Dodo Motor Sport Racing, di Cileduk, Tangerang. Selain tertahan, jika mengaplikasi tipe gambot, terkadang tenaga cendrung ngempos alias terbuang percuma. Maka pemilik Satria F150 (F150-ers), harus pilih yang memiliki spesifikasi volume sesuai karakter mesin. Pilihanya, beragam knalpot impor dan lokal bisa jadi diaplikasi. Misal, buatan Thailand seperti merek Yoshimura.  Lainnya, merek Endurance model silencer oval, lalu Performance lapis karbon dan penyalur gas sisa pembakaran berbahan stainless steel merek KR9 buatan Thailand. Bila tak ingin mengganti keseluruhan bagian knalpot, cukup tukar silencernya saja. Buatan lokal bisa jadi alternatif, soal kemampuan tak kalah dibanding merek Thailand. Misal merek Sinergy. Lainnya, merek Five Star.

4. Karburator
Beralih ke piranti penyalur semburan bensin alias karburator juga banyak. Mulai bikinan Amrik, Jepang hingga Taiwan dapat digunakan. Ukurannya dari 28 hingga 32 mm. Nah, bicarain karbu, tinggal pilih.Keihin atau Mikuni. Keihin tipe PWK 28 mm, tipe FCR 28 mm vacuum Rp 3,5 juta. Merek serupa untuk Honda NSR SP bisa dijagokan buat F150. Sedang Mikuni, hanya tersedia dua option. Tipe TM28 mm, pilih buatan Taiwan. Bedanya ada dibagian tengah. Racikan Jepang mengaplikasi nosel, jarum skep dan cut away (bibir karbu) yang lebih besar ketimbang Taiwan.

5. Busi
Meski Satria F 150 telah dilengkapi OIL COOLER, mesin juga butuh pendinginan tambahan. Gak mungkin pakai dua oil coller( walaupun dengan sedikit memaksa mungkin bisa di aplikasi , jalan keluarnya pakai aja busi tipe dingin. Merk NGK Platinum CR8EGP.


Baca juga :
Suzuki Satria F150 / FU, Spesifikasi dan Buku Manual
Sekian artikel dari ane yang berjudul Cara Menaikan Performa Suzuki Satria F 150 Supaya Lebih Kencang,   Silahkan dipraktekan sob...

sumber + modifikasi dewe

7 comments:

febriyonatha said...

trimakasih saran_ny.....................pasti akan ku coba...

tomspiez said...

oke sob.. :) thanks comennya...

poetra said...

mantab bro . . . . . . . . . .

Insomnia said...

terimakasih atas infonya bang ,,
saya akan coba praktekin ..:)

tomspiez said...

sama2 sob...
SipZZ..:)

ace max's said...

wah mantap nih buat di coba, ..

Unknown said...

mas manual book satria fu 150 nya pm dnk ke omnifora69@gmail.com
thank you mas bro..