Monday, December 26, 2011

6 perilaku yang membuat bahan bakar mobil menjadi irit

Apakah anda akan percaya apabila BMW M3 bisa lebih irit ketimbang Toyota Prius yang notabene merupakan mobil hybrid? Percayalah karena itu memang nyata. Namun apa yang menyebabkan sportcar BMW M3 bisa lebih irit daripada Toyota Prius? Perilaku berkendara. Ya itulah jawabannya. Nah, postingan kali ini saya akan membahas 6 Perilaku yang Membuat Bahan Bakar Mobil Menjadi Irit :

1.      1. Melaju Konstan
Ini adalah kunci utama penghematan bahan bakar. Tanpa akselerasi dan pengereman mendadak berarti anda tidak mengizinkan energi terbuang sia – sia. Selain itu konstannya kecepatan mobil anda akan membuat mobil lain dibelakang terpengaruh untuk melaju konstan juga.
Namun dikota besar menyetir konstan boleh dibilang hal yang mustahil. Kunci utama untuk memaksimalkan kecepatan konstan ada dua, yakni menjaga jarak dan melihat ke depan sejauh mungkin. Dengan demikian anda dapat mengantisipasi lebih dahulu jika ada hambatan di depan, sehingga pengurangan kecepatan bisa dilakukan lebih halus.

2.      2. Tekanan Ban
Sama halnya dengan cara membuat irit bahan bakar sepeda motor. Ban mobil dengan tekanan terlalu rendah meningkatkan hambatan gelinding dan membuat mesin harus mengeluarkan usaha yang lebih untuk memutarnya. Selain lebih boros BBM, kurangnya tekanan ban juga menaikan resiko pecahnya ban.
Untuk itu sangat disarankan untuk mengecek kondisi tekanan ban secara visual setiap hari. Dan yang juga disarankan adalah tiap minggu ukurlah tekanan ban ditempat terpercaya. Selalu setel sesuai dengan rekomendasi untuk mobil anda.

3.      3. Atur Putaran Mesin
Untuk mesin bensin pada umumnya putaran mesin yang ekonomis adalah dipertahankan pada putaran antara 2.000-2.500 rpm. Pindahkan gigi dengan cermat supaya mobil bisa tetap melaju di rentang putaran itu.
Bila terlalu tinggi, maka setiap menitnya bensin yang terbakarbakal lebih banyak. Sedangkan bila terlalu rendah, mesin akan kehilangan torsinya yang mengakibatkan dibutuhkan usaha lebih untuk mempertahankan kecepatan.

4.      4. Jaga Kondisi Mesin
Mesin prima akan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang optimal. Pastikan anda merawat serius mesin sesuai petunjuk dari ATPM, terutama masalah pelumasan, pengapian serta tune-up. Ini akan menjaga mesin tetap efisien dalam melakukan kerjanya.

5.      5. Buang Beban yang Tak Perlu
Beban adalah musuh. Setiap kilogram yang anda tambahkan di mobil akan menuntut kerja lebih dari mesin. Apalagi jika barang bawaan beratnya mencapai puuhan bahkan ratusan kilogram. Bawalah barang – barang yang penting saja, dan singkirkan barang yang tidak terlalu penting dari dalam mobil anda. Ini juga akan membuat mobil anda menjadi lebih rapi sehingga akan terasa nyaman apabila menungganginya.

6.      6. Mengindari Jalur kanan Saat Pelan
Ini berlaku di tol untuk membantu pengguna jalan yang lain untuk menghemat bahan bakar. Jadi jika anda melaju dibawah kecepatan maksimum yang diijinkan, gunakan lajur kiri atau tengah. Langkah ini membuat pengendara lain yang lebih cepat dapat tetap konstan mempertahankan kecepatannya. Selain itu juga untuk menghindari resiko kecelakaan yang lebih besar.

Sekian 6 Perilaku yang Membuat Bahan Bakar Mobil Menjadi Irit. Semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...