Friday, December 9, 2011

membersihkan karburator dan setting karburator Kawasaki Ninja 250 memang harus tidak sembarangan dilakukan. Hal ini dikarenakan karburatornya yang terdiri dari dua karburator multi silinder serta panjang leher masing – masing knalpotnya berbeda., tidak seperti motor laki kebanyakan yang hanya menggunakan satu karburator. Ya jelas orang Ninja 250R menggunakan mesin 2 silinder @125cc (total 250cc), dan yang Berikut merupakan Cara Mudah Setting Karburator Ninja 250R.

Karburator Multi Silinder milik Ninja 250R

            Pada intinya karburator Ninja harus menggunakan alat khusus tidak bisa menggunakan sembarang felling. Nama alat yang dimaksud disini adalah Carbtune Vacum Rester yang fungsinya sama seperti Manometer yang digunakan pada bengkel – bengkel resmi Kawasaki. Tujuan dari digunakannya alat ini adalah supaya kita mengetahui kevakuman yang terdapat pada intake manifold, sehingga settingan udara yang masuk ke masing – masing silinder sesuai yang diharapkan. Penyetingannya anginnya pun seperti biasanya menggunakan pilot screw pada karburator.

Carbtune Vacum Rester

            Salah satu merk alat Carbtune adalah Morgan yang didalamnya terdapat empat selang kecil. Karena yang disetting adalah Ninja 250R yang mempunyai 2 silinder maka yang digunakan cukup dua selang saja. Langkah – langkah menggunakannya :

1.      1. Dua selang tersebut dipasang ke dalam lubang vakum yang ada pada karburator.

2.      2. Lalu hidupkan mesin.

3.      3. Setel baut yang terletak di antara intake manifold.

4.      4. Baca angka kevakuman dengan melihat di pipa bening

Nb : Kevakuman antara karburator akan sama jika gerakan air raksa (tongkat).

            Alat tersebut sudah banyak dijual di toko – toko onderdil besar. Namun yang amat disayangkan adalah harganya yang terbilang mahal, yaitu sekitar 2,1 jutaan. Mahal amat yak... Demikian Cara Mudah Setting Karburator Ninja 250R. Selamat Membeli dan Mencobanya...:)

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...