Saturday, December 24, 2011

Hati – hati dengan Semir Ban

Hati – hati dengan Semir Ban. Anda pasti termasuk pemilik mobil yang amat sayang terhadap mobil. Kok tau? Ya tau lah orang buka artikel ini... hehehehe... apakah sekedar mencuci ataumembuatnya kembali bersinar bagaikan mobil baru. Tak hanya itu, memilki mobil dengan penamilan oke juga membanggakan ketika dilihat oleh orang lain. Akan tetapi bila treatment yang dilakukan kepada mobil anda salah kaprah, bukan tidak mungkin mobil anda terkena imbas dan harus merogoh kocek yang dalam.

Hati - hati dengan semir ban
Salah satunya adalah perawatan ban. Tampaknya sepele memang, namun salah langkah bisa membawa petaka. Nah postingan kali ini dikhususkan untuk semir ban. Pada dasarnya semir ban hanya membuat tampilan ban kendaraan anda bersinar dan kelihatan seperti baru. Sama seperti mobil – mobil yang sedang pameran. Tapi apakah tidak ada benefit berarti kepada ban anda?
Sebenarnya sih sah – sah saja menyemir ban anda, akan tetapi perlu diwaspadai bahan yang digunakan untuk menyemir ban. Saat mencuci mobil dipinggir jalan umumnya akan ditawarkan semir ban dengan biaya tambahan Rp 2.000 - Rp 5.000. Biasanya bahan yang digunakan adalah silikon untuk membuat efek kilap pada ban. Bakan dasar ini masih mahal harganya dan biasanya masih import.
Penggunaan yang baik adalah 2/3 silikon emulsion dan 1/3 air. Cukup dioles menggunakan kuas secara merata dan biarkan selama minimal 3 menit. Sebaiknya sebelum memberi semir ban, bersihkan terlebih dajulu ban kendaraan anda agar kotoran dan debu tidak menempel pada ban. Perlu diingat, cara mengoles semir pada ban-pun harus hati – hati agar tidak terkena permukaan ban karena justru akan membahayakan pengendara.
Resep diatas adalah untuk penggunaan home made semir ban. Sekali lagi yang perlu diwaspadai adalah penggunaan bahan yang salah pada ban. Kadang – kadang kita tidak tahu penggunaan semir ban ditempat cuci mobil sembarangan, karena ada kalanya campuran silikon diganti denga minyak tanah ataupun oli bekas. Alasannya cukup klasik, karena bahan silikon mahal. Memang ban yang dioles dengan minyak tanah atau oli bekas akan mengkilap namun hal ini malah dapat merusak karet pada ban dan mengakibatkan retak – retak. Sementara untuk penggunaan semir ban kemasan dengan merek yang sudah terjamin, baik dalam bentuk semprotan pengilap maupun foam, tidak ada kendala dan bisa digunakan secara aman.
Nah jadi hati – hati dengan semir ban yang anda gunakan. Semoga artikel yang saya ambil dari autobild ini dapat bermanfaat...

3 comments:

Anonymous said...

thank infonya.........

tomspiez said...

sama2 sob...:)

Shining Star said...

Postingan yang bagus dan sangat informatif sob.... Pengalaman ane menggunakan semir ban, ane cocok bgt sama semir ban yang satu ini. silahkan klik link berikut http://goo.gl/wGs3Ud