Thursday, March 15, 2012

Cara Merawat Rem Mobil


Peranti rem tentunya harus selalu dalam keadaan yang prima. Cara merawat rem mobil memang dapat dikatakan sedikit merepotkan karena harus melepas ban satu per satu, sehingga harus mendongkrak mobil sesuai dengan jumlah ban yang terpasang pada mobil. Kecuali jika dirumah anda mempunyai hidrolik yang ada dibengkel mobil yang berfungsi untuk mengangkat mobil. Hehehehe….

Langkah pertama adalah melepas roda, kemudian dilanjutkan dengan bagian rem-nya. O ya, Pada rem mobil terdiri dari dua jenis yaitu disk brake dan rem teromol, seperti dibawah :

Disk brake :
Kampas sudah terlepas
permukaan kampas rem
Lepas kampas rem dari Kaliper / piston rem, lalu bersihkan permukaan kampas menggunakan ampelas kasar. Ampelas juga bagian piringan cakram menggunakan ampelas yang sama. Tidak usah terlalu lama dalam mengamplas, secukupnya saja yang penting kotoran yang ada pada piringan hilang.
Beri stempet
Semprot seluruh bagian rem seperti piringan, kaliper, serta kampas dengan pembersih karbon khusus rem (Brake Cleaner) atau dapat juga dengan menggunakan bensin. Jika sudah, berilah semacam stempet pada bagian belakang kampas rem yang bersentuhan langsung dengan piston rem. Ingat jangan dibagian kampas rem yang bersentuhan langsung dengan piringan rem.

Tromol :
Lepas tutup tromol dari tempatnya. Pada teromol mobil Honda Freed, gunakan baut serta kunci 12 untuk melepasnya. Masukan baut 12 ke dalam lubang yang tersedia lalu putar mengunakan kunci 12 hingga terdengar suara “tek”. Lepaskan tutup tromol. Ampelas bagian dalam tutup tromol serta kampas rem  menggunakan ampelas kasar. Jika sudah semprot bagian – bagian tersebut menggunakan cairan pembersih karbon khusus rem atau bisa juga menggunakan bensin. Pasang kembali tutup teromol dengan memasukannya ke tempat semula.

Periksa Minyak Rem :
Periksa Minyak Rem
Jika diperlukan anda dapat memeriksa kondisi minyak rem dengan mengeluarkan angin yang ada di dalam selang rem. Pertama siapkan selang berukuran yang pas untuk memasukan mulut nipel. Jadi ujung selang memasukan mulut nipel, sedangkan ujung selang yang satunya lagi ke tempat pembuangan minyak rem. Minta bantuan kepada sahabat, teman atau mungkin pacar untuk mengocokan pedal rem beberapa kali, lalu tahan. Kendurkan nipel dengan kunci pas, lalu kencangan kembali. Ulangi cara ini beberapa kali sesuai felling anda.
Jangan lupa selalu periksa minyak rem apakah ada di batas minimal atau tidak, jika ya tambahkan minyak rem hingga batas maksimal yang telah diberi tanda. Tidak ketinggalan, periksa kondisi ketebalan kampas rem. Jika dirasa sudah tipis sebaiknya gantilah kampas rem tersebut. Bahaya kan kalau tidak diganti.

Nah sekian sedikit tips cara merawat rem mobil yang saya dapatkan dari pengalaman PKL saya. Semoga dapat bermanfaat bagi anda...:-)

1 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...