Saturday, July 28, 2012

Setelah berjam - jam dan berhari - hari ane mikir, akhirnya ane dapat ide juga buat nulis artikel tips dan trik untuk kendaraan. hehehe... Lebay... Yupz.. bukannya ane gak bisa mikir, tapi karena otak ane udah ngepoll.. wuihh.. Gak sah pake gono gini, langsung aja ke topik bahasan yaitu mengenai Tips Memilih Oli Mesin untuk Kendaraan yang Benar.
Tips Memilih Oli Mesin untuk Kendaraan yang Benar
Namun sebelumnya, tentu kita terlebih dahulu harus mengenal apa itu oli mesin , dan seperti apakah fungsi oli  mesin bagi kendaraan. Pertama adalah apa itu oli? Nih penjabaran yang ane ambil dari beberapa buku n hati nurani ane :

"Oli mesin adalah cairan kental yang berfungsi untuk melumasi bagian - bagian yang berada di dalam mesin kendaraan agar komponen - komponen yang ada di dalamnya tidak cepat aus dan awet."

Sedangkan untuk fungsi dan manfaat oli mesin sendiri adalah :
1. Sebagai pelumas komponen mesin yang ada di dalam mesin.
2. Untuk mengurangi koefisien gesek mesin yang terjadi di dalam mesin.
3. Menjadikan suara mesin lebih halus.
4. Menjadikan mesin kendaraan lebih awet.

Sekarang kita ke topik utama, bagaimana memilih oli mesin yang benar untuk kendaraan? Tentu saja ini seseuai dengan spesifikasi kendaraan anda serta kegunaan kendaraan anda sendiri, apakah untuk kendaraan harian atau untuk kendaraan balap. Semua itu tentu memiliki pemilihan spesifikasi oli yang berbeda - beda.

semakin kecil angkanya, maka semakin encer
Untuk kendaraan harian lebih baik menggunakan oli yang memiliki kekentalan yang tinggi. Karena oli yang memiliki kekentalan tinggi lebih tahan lama dan awet karena tidak mudah menguap. Tentunya cocok untuk dataran yang rendah dimana temperatur lingkungan yang tinggi juga. Sedangkan untuk dataran tinggi, tak haram menggunakan oli yang memiliki kekentalan rendah atau lebih encer. Kekurangan menggunakan oli yang kental adalah, motor atau mobil akan terasa lebih berat jika dibandingkan menggunakan oli dengan spesifikasi yang encer.

Terbalik jika motor atau mobil anda digunakan untuk balap atau kebut - kebutan. Oli yang encer adalah pilihan wajib. Sebab oli yang encer akan membuat beban mesin menjadi tidak berat dan mampu melumasi seluruh bagian kendaraan sekecil apapun sela - selanya. Namun kekurangannya adalah cepat habis karena mudah menguap. Maka dari itu ane katakan cocok buat balap, yang mana biasanya satu botol oli digunakan untuk sekali pakai.

Oli juga terbagi menjadi tiga jenis, yaitu oli biasa, oli semi syntetic, dan oli syntetic. Oli syntetic sekarang menjadi pilihan utama para pengendara, sebab lebih awet serta dinilai lebih melindungi mesin. Namun tentu harga oli syntetic cukup mahal. Sebagai perbandingan adalah Oli Castrol biasa harganya dipasaran Rp27.000,- sedangkan oli Castrol syntetic harganya mencapai Rp40.000,-. Itu untuk satu botol ukuran 1 liter.

Hmm... bagaimana?? apakah anda bisa memastikan Oli mesin apa yang akan anda gunakan? Gak usah bingung memilihnya, ane pikir semua merek oli sama - sama bagus. Tinggal anda memilih kekentalannya. O ya cara melihat kekentalan oli bisa dilihat pada spesifikasi yang ada huruf "W"nya. Misalnya 20-40W. Semakin kecil angkanya maka semakin encer olinya.

Sekedar share, kendaraan ane sehari - hari menggunakan oli syntetic Enduro Racing4T. Seriing ane gunakan untuk pulang pergi Semarang-Pemalang, bolak balik ngebut. Maklum anak muda...hehehe... itu kalo lagi punya duit atau uang saku ane sisa banyak, kalau lagi bokek ane biasanya pake oli Castrol biasa yang botolnya berwarna putih. Kalo Menurut ane sih, "lebih baik ganti oli secara rutin atau sering walau hanya menggunakan oli biasa, daripada menggunakan oli mahal tapi jarang ganti oli." Setuju kan..?? #dikit maksa

Sekian dulu ya sob artikel dari ane yang berjudul Tips Memilih Oli Mesin untuk Kendaraan yang Benar, semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca...

Thanks to Jurusan Teknik Mesin Unnes, cz beberapa ilmu di atas ane dapat dari dosen ane... hehe...

2 comments:

Reza Satdjadibrata said...

kalo oli enduro 4T racing itu masuk golongan oli yg kental apa encer ms bro???

Ade Gustomo said...

enduro 4T Racing tuh ikutnya oli encer gan...:)