Monday, April 1, 2013

Bicara soal rivalitas antara Honda dengan Yamaha memang tak ada habis-habisnya untuk dibahas. Mulai dari kancah balap MotoGP hingga merambah di kancah motor produksi massal. Lihat saja rivalitas keduanya di MotoGP dimana keduanya merupakan yang terbanyak menyandang gelar di era 4tak. Lalu ada rivalitas di pasar motor skutik tanah air, dimana pesona Yamaha Mio mulai digerogoti oleh sepak terjang produk skutik dari Honda. Dan sekarang yang terbaru adalah segmen motorsport 150cc, yang mana sudah dikuasai oleh Yamaha Vixion, mulai goncang dengan adanya Honda CB150R StreetFire.
Honda CB150R StreetFire vs Yamaha New Vixion
Kedua motor bergenre sport tersebut memang sudah digadang-gadang akan memiliki rivalitas yang sangat menyengitkan. Sosok Yamaha Vixion yang selalu menang telak dari segi penjualan jika dibandingkan Honda Megapro sepertinya membuat pihak Honda geram. Hal tersebut dibuktikan dengan mengeluarkan varian CB150R StreetFire. Pastinya hal ini akan membuat bingung para bikerz yang ingin membeli motor segmen sport. Gak usah bingung, berikut merupakan sedikit gambaran detail kedua motor sport Yamaha New Vixion vs Honda CB150R StreetFire :

1. Desain
Keduanya mengusung jenis sport. Desain Yamaha New Vixion terlihat lebih modern dibanding dengan Honda CB150R StreetFire. Dari belakang desain buritan Yamaha New Vixion terlihat mirip Kawasaki Ninja ZX250, namun dengan desain yang lebih ramping. Sedangkan desain Honda CB150R terlihat mirip dengan Yamaha Vixion versi lama yang terlihat ramping. Desain Honda CB150R StreetFire bahkan terlihat lebih kalem.
sumber gambar : otomotinet
2. Mesin
Sama-sama mengusung mesin berkapasitas 150cc, keduanya juga sama-sama mengusung teknologi injeksi dengan pendingin cairan sebagai pelengkapnya. Honda CB StreetFire lebih PeDe dengan menusung teknologi DOHC 4 katup 6 percepatan, sedangkan Yamaha New Vixion masih setia dengan mesin SOHC 4 katup 5 percepatan. Dengan demikian power Honda CB150R mencapai 12,5 kW/10.000rpm dan torsi 13,1 Nm. Lebih besar dari New Vixion yang hanya 11,1 kW/8.500rpm dan 13,1 Nm.

3. Rangka dan Kaki-kaki
Tak mau dibilang ikut-ikut, Honda menancapkan rangka trellis atau truss frame untuk menopang mesin 150cc-nya pada Honda CB150R StreetFire. Honda sepertinya ingin memberikan sensasi berbeda jika dibandingkan dengan Yamaha New Vixion yang tetap dengan rangka delta-box. Menurut masing-masing pabrikan, tipe rangka yang mereka pilih diklaim membuat motor tampak lebih stabil dan terlihat sporty.
Sedikit ke bawah, keduanya menyematkan peredam kejut tipe monoshock pada lengan ayunnya, sehingga lebih lincah untuk meliak-liuk. Keduanya sama-sama menggunakan velg racing ukuran 17”, namun dimensi tapak Yamaha New Vixion lebih lebar dibanding dengan Honda StreetFire.

4. Performa
Menurut dari hasil tes yang dilakukan oleh situs MotorPlus, memang sedikit mengagetkan. Mengapa? Hasil tes yang dilakukan di atas dynotes menunjukkan bahwa tenaga dan torsi Yamaha New Vixion lebih besar dibanding Honda CB150R. Tenaga dan torsi yang dikeluarkan Yamaha New Vixion mencapai 14,17 dk/8.850rpm dan 12,76Nm/7.050rpm, sedangkan Honda CB150R hanya 13,45dk/10.300rpm dan 10,83Nm/8.300rpm.
Namun tak semua yang memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar itu menang, terbukti akselerasi dan topspeed Honda CB150R StreetFire lebih unggul dibanding Yamaha New Vixion. Hal ini mungkin berkat transfer tenaga Honda StreetFire yang menggunakan 6 percepatan.

Hasil Tes performa Yamaha New Vixion 2013 vs Honda CB150R StreetFire :

sumber : otomotifnet
Terlepas dari penjualan Yamaha New Vixion yang lagi-lagi di atas Honda CB150R StreetFire, kedua motorsport ini menjanjikan sebuah model yang berbeda. Dengan mengetahui keunggulan masing-masing dari Yamaha New Vixion dan Honda CB150RStreetFire, setidaknya memberikan sedikit gambaran mengenai sosok kedua motor sport tersebut. Anda-pun tak pusing dan tak salah memilih motor mana yang akan anda jadikan pilihan. Yang pasti Yamaha New Vixion dan Honda CB150R StreetFire memiliki keunggulan masing-masing yang hanya dimiliki oleh salah satunya. Pilih yang mana? Tentunya anda yang memilihnya. Jangan lupa komen ya sob...:)

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...