Monday, April 1, 2013

Mendengar nama Ferrari dan McLaren, maka akan terbayang mobil-mobil berkecepatan super yang mewah dan canggih. Jika kita mengenal mereka lebih dalam lagi, keduanya merupakan sama-sama produsen supercar legendaris, keduanya sama-sama menelurkan mobil dengan kecepatan super, dan keduanya sekarang sama-sama menelurkan penerus supercar flagship legendaris mereka di tahun 2013 ini. Ferrari dengan LaFerrari sedangkan McLaren dengan P1. Seperti apa keduanya jika dibandingkan di atas kertas, berikut merupakan pertarungan supercar Ferrari LaFerrari vs McLaren P1 :

1. Desain
McLaren P1 vs Ferrari LaFerrari
Menengok desain, keduanya memiliki ciri khas masing-masing. LaFerrari mempertahankan bentuk moncong F1 yang sebelumnya ada pada Ferrari Enzo, namun dengan satu penyangga, berbeda dengan Ferrari Enzo yang menggunakan dua penyangga sehingga sangat mirip dengan mobil jet darat F1. Lekukannya terlihat sangat agresif, dan ini merupakan desain supercar murni dari pihak Ferrari. Pada McLaren F1, lekukannya terlihat smooth, sehingga kurang agresif jika dibandingkan dengan Ferrari. Ciri khas supercar pendahulunya McLaren F1 sepertinya tidak nampak pada McLaren P1.
Secara desain LaFerrari lebih unggul jika dibandingkan dengan P1. (LaFerrari : 5, P1 : 3)

2. Mesin
Sektor mesin keduanya sama-sama menggunakan mesin berteknologi canggih bertipe hybrid. Ferrari LaFerrari menggunakan sistem HY-KERS yang merupakan teknologi bawaan Formula one pada mesin V12 6.300cc. Sedangkan McLaren P1 menggabungkan mesin V8 3.800cc dengan motor elektrik sebagai jantungnya. Keduannya sama-sama menggunakan mesin hybrid berteknologi canggih sehingga lebih ramah lingkungan. (LaFerrari : 4, P1 : 4)

3. Performa
Specification of Ferrari LaFerrari and McLaren P1
Mengusung mesin yang sama-sama menggunakan teknologi hybrid keduanya juga mampu mengeluarkan output tenaga hingga lebih dari 900hp. Ferrari lebih unggul bicara soal power hingga 950hp, sedangkan McLaren cukup di angka 903hp. Namun torsi McLaren P1 lebih unggul dengan 663Nm jika dibandingkan dengan Ferrari Laferrari yang 660Nm. McLaren P1 dan Ferrari LaFerrai diklaim hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 detik untuk mencapai kecepatan 100km/jam dari posisi berhenti. Untuk topspeed, jangan khawatir, dengan power  di atas  900hp, keduanya diklaim tembus hingga lebih dari 350km/jam (LaFerrari : 4, P1 : 4)

4. Harga dan Ekslusifitas
Supercar yang merupakan flagship sebuah produsen, harganya akan terbilang fantastis. Hal itu yang akan terjadi. McLaren P1 dihargai $1,15juta atau setara 11 milliar rupiah, itu belum termasuk jika diboyong ke Indonesia. Ferrari lebih gila lagi dengan menghargai LaFerrari dengan banderol yang dikabarkan mencapai Rp15milliar di luar negeri sana. Harga yang mahal tentu saja akan sebanding dengan ekslusifitas keduanya yang sama-sama diproduksi dalam jumlah terbatas. P1 hanya akan diproduksi 375 unit sedang LaFerrari 499 unit. Uniknya semua supercar tersebut sudah ludes terjual dan hanya orang tepilih yang akan mendapatkan unitnya. Wow... (LaFerrari : 3, P1 : 4)

Video untuk Ferrari LaFerrari vs McLaren P1 :



Jika menengok sejarah, maka supercar McLaren merupakan yang paling superior jika dibandingkan dengan Ferrari. McLaren pernah memproduksi McLaren F1 di tahun 1993 dengan menggunakan mesin BMW V12 dan menjadi supercar tercepat di dunia (385 km/jam) selama beberapa tahun sebelum akhirnya dikalahkan oleh Bugatti Veyron. Sedangkan Ferrari dalam dekade keperkasaan McLaren F1, belum satupun supercar Ferrari (Ferrari F40, Ferrari F50, Ferrari Enzo) yang mampu menyamai rekor kecepatan si McLaren F1. Sekarang baik McLaren maupun Ferrari sepertinya telah menemukan penerus kedua mobil legendari mereka, McLaren P1 merupakan penerus McLaren F1, dan Ferrari LaFerrari merupakan penerus Ferrari Enzo. Keduanya sangat pantas duduk di singasana kerajaan supercar.

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...