Saturday, August 17, 2013

Setelah sekian lama ane vakum dari blog AUTODESIGN ini karena suatu kesibukan, akhirnya ane sempatin untuk meng-update blog otomotif paling ane sayangi ini. Terhitung postingan terakhir ane yang berjudul Gambar Modifikasi Motor Matic HondaZoomer-X ane buat di bulan juli. Wow lama banget ya… hehehe… maaf maaf barangkali ada yang kangen dengan tulisan ane… hehe.. O ya sebelum lanjut ke poin utamanya, ane beserta keluarga ane mengucapkan 


Minal Aidzin Wal Faidzin,
Mohon Maaf Lahir dan Batin…

Percaya atau tidak, motor matik Honda BeAT adalah motor skuter matic favorit ane. Ukurannya yang terbilang kompak atau mungil membuat Honda BeAt sangat pas buat ane. Selain itu jika ane bandingin performanya dengan rival abadinya (gak usah ane sebut pasti tau lah…:D), akselerasi Honda BeAT lebih mantap dan joss!! Akan tetapi bukannya tanpa masalah, sebab ada beberapa masalah yang sering menghinggapi para pemilik Honda BeAT. Penasaran? Yuk langsung ke masalah utamanya :

1. Knalpot Nembak
Knalpot nembak merupakan masalah pertama yang sering dialami oleh motor matik, termasuk juga Honda BeAT. Permasalahan knalpot nembak pada Honda BeAT terjadi karena system pemasokan udaranya yang terganggu karena kotor maupun setelan karburatornya yang kurang pas.
Mengatasi suara nembak Honda BeAT dengan menyumpal saluran SASS
sumbat saluran SASS menggunakan busi (sumber gambar:otomotifnet)
Jika dinilai keduanya sudah benar, maka masalah ada pada komponen yang bernama SASS (Secobdary Air Supply System). SASS sendiri adalah komponen yang berfungsi menyalurkan gas bersih ke aliran sisa gas buang agar lebih ramah lingkungan. Untuk mengatasi masalah tersebut cukup sumbat selang berwarna hitam yang berasal dari silinder head menuju ke SASS. Bingung mencari sesuatu yang digunakan untuk menyumbatnya? Cukup menggunakan busi bekas saja gan…:D

2. Tarikan Awal Mbrebet / Tersendat
Hal ini merupakan pengalaman pribadi ane. Ya, walaupun ane gak punya Honda BeAT namun ane sering mengendarai Honda BeAT punya Pakde ane. Permasalahan yang terjadi adalah ketika berakselerasi di putaran rendah, motor terasa mbrebet atau seperti kekurangan suplay bensin. Awalnya ane mengira terjadi karena setelan karburatornya yang kurang pas. Setelah ane setel ulang berkali-kali ternyata kok masih sama dan belum ada perubahan yang berarti.
karet karburator vakum
karet karburator diagfragma atau karburator vakum
Setelah cek dan cek ke dalam bagian karburatornya, owalah ternyata karetnya sudah tidak lentur dan sudah mulai mengeras. Karet vakum yang sudah mengeras menyebabkan suplay bahan bakarnya kurang maksimal, sehingga terjadi mbrebet. Solusi satu-satunya adalah dengan mengganti karet vakumnya. Disarankan untuk membeli yang original yang gan. Namun jika anda merupakan orang yang kurang puas, anda dapat mengganti karburator vakum Honda BeAT dengan karburator konvensional, misalnya Keihin PE24… hehehehe…

3. Busi Sering Mati
Bagi yang sering berkunjung ke blog ane ini pasti tidak asing dengan artikel mengenai Suara Ngorok Berisik pada Honda Vario 125. Ya, di artikel tersebut banyak sharing yang membahas tentang cara mengatasi busi Vario 125 yang sering mati... hehehe… Kalau hal tersebut sering terjadi pada Honda BeAT anda, kemungkinan masalah terjadi pada setelan karburatornya yang kurang pas karena. Biasanya setelan karburatornya terlalu irit. Cara mengatasinya sudah pasti setel ulang karburator Honda BeAT anda dengan setelan yang pas, tapi sebelumnya coba bersihkan dulu ya gan…:)

Setelah membaca ketiga masalah tersebut, setidaknya anda dapat membuat kesimpulan sendiri. Intinya semua kendaraan bermotor pastinya membutuhkan perawatan berkala. Ketiga masalah di atas boleh dikatakan merupakan masalah yang sering di alami oleh para pengguna Honda BeAT. Semoga artikel tentang Cara Mengatasi Masalah pada Honda BeAT ini dapat memberikan pencerahan bagi para pemilik motor Honda BeAT… O ya jangan lupa pencet tombol like dan beri komentarnya ya gan…:)

6 comments:

Anonymous said...

kena pa ya montor saya, di daera rem belakang suara nya ngesek ,,,,?

Ade Gustomo said...

biasanya terjadi karena kampas rem yang sudah harus diganti gan, atau karena kampas rem yang masih baru sehingga setelan rem harus dikendorin... semoga membantu...:)

Physcha Sinatra said...

Knpa motor saya kalo di gas besar mati sendiri padahal karburator dan filter udara udah ganti

Physcha Sinatra said...

Knpa motor saya kalo di gas besar mati sendiri padahal karburator dan filter udara udah saya ganti

Physcha Sinatra said...

Knpa motor saya kalo di gas besar mati sendiri padahal karburator dan filter udara udah saya ganti

Anonymous said...

gan ngapa ya beat ane kalo lagi di starter suaranya ga ngenakin banget buat di denger,kaya sapi ngeden wkwk
minta pencerahan dah ya gan.

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...