Saturday, August 17, 2013

Setelah sekian lama ane vakum dari blog AUTODESIGN ini karena suatu kesibukan, akhirnya ane sempatin untuk meng-update blog otomotif paling ane sayangi ini. Terhitung postingan terakhir ane yang berjudul Gambar Modifikasi Motor Matic HondaZoomer-X ane buat di bulan juli. Wow lama banget ya… hehehe… maaf maaf barangkali ada yang kangen dengan tulisan ane… hehe.. O ya sebelum lanjut ke poin utamanya, ane beserta keluarga ane mengucapkan 


Minal Aidzin Wal Faidzin,
Mohon Maaf Lahir dan Batin…

Percaya atau tidak, motor matik Honda BeAT adalah motor skuter matic favorit ane. Ukurannya yang terbilang kompak atau mungil membuat Honda BeAt sangat pas buat ane. Selain itu jika ane bandingin performanya dengan rival abadinya (gak usah ane sebut pasti tau lah…:D), akselerasi Honda BeAT lebih mantap dan joss!! Akan tetapi bukannya tanpa masalah, sebab ada beberapa masalah yang sering menghinggapi para pemilik Honda BeAT. Penasaran? Yuk langsung ke masalah utamanya :

1. Knalpot Nembak
Knalpot nembak merupakan masalah pertama yang sering dialami oleh motor matik, termasuk juga Honda BeAT. Permasalahan knalpot nembak pada Honda BeAT terjadi karena system pemasokan udaranya yang terganggu karena kotor maupun setelan karburatornya yang kurang pas.
Mengatasi suara nembak Honda BeAT dengan menyumpal saluran SASS
sumbat saluran SASS menggunakan busi (sumber gambar:otomotifnet)
Jika dinilai keduanya sudah benar, maka masalah ada pada komponen yang bernama SASS (Secobdary Air Supply System). SASS sendiri adalah komponen yang berfungsi menyalurkan gas bersih ke aliran sisa gas buang agar lebih ramah lingkungan. Untuk mengatasi masalah tersebut cukup sumbat selang berwarna hitam yang berasal dari silinder head menuju ke SASS. Bingung mencari sesuatu yang digunakan untuk menyumbatnya? Cukup menggunakan busi bekas saja gan…:D

2. Tarikan Awal Mbrebet / Tersendat
Hal ini merupakan pengalaman pribadi ane. Ya, walaupun ane gak punya Honda BeAT namun ane sering mengendarai Honda BeAT punya Pakde ane. Permasalahan yang terjadi adalah ketika berakselerasi di putaran rendah, motor terasa mbrebet atau seperti kekurangan suplay bensin. Awalnya ane mengira terjadi karena setelan karburatornya yang kurang pas. Setelah ane setel ulang berkali-kali ternyata kok masih sama dan belum ada perubahan yang berarti.
karet karburator vakum
karet karburator diagfragma atau karburator vakum
Setelah cek dan cek ke dalam bagian karburatornya, owalah ternyata karetnya sudah tidak lentur dan sudah mulai mengeras. Karet vakum yang sudah mengeras menyebabkan suplay bahan bakarnya kurang maksimal, sehingga terjadi mbrebet. Solusi satu-satunya adalah dengan mengganti karet vakumnya. Disarankan untuk membeli yang original yang gan. Namun jika anda merupakan orang yang kurang puas, anda dapat mengganti karburator vakum Honda BeAT dengan karburator konvensional, misalnya Keihin PE24… hehehehe…

3. Busi Sering Mati
Bagi yang sering berkunjung ke blog ane ini pasti tidak asing dengan artikel mengenai Suara Ngorok Berisik pada Honda Vario 125. Ya, di artikel tersebut banyak sharing yang membahas tentang cara mengatasi busi Vario 125 yang sering mati... hehehe… Kalau hal tersebut sering terjadi pada Honda BeAT anda, kemungkinan masalah terjadi pada setelan karburatornya yang kurang pas karena. Biasanya setelan karburatornya terlalu irit. Cara mengatasinya sudah pasti setel ulang karburator Honda BeAT anda dengan setelan yang pas, tapi sebelumnya coba bersihkan dulu ya gan…:)

Setelah membaca ketiga masalah tersebut, setidaknya anda dapat membuat kesimpulan sendiri. Intinya semua kendaraan bermotor pastinya membutuhkan perawatan berkala. Ketiga masalah di atas boleh dikatakan merupakan masalah yang sering di alami oleh para pengguna Honda BeAT. Semoga artikel tentang Cara Mengatasi Masalah pada Honda BeAT ini dapat memberikan pencerahan bagi para pemilik motor Honda BeAT… O ya jangan lupa pencet tombol like dan beri komentarnya ya gan…:)

30 comments:

Anonymous said...

kena pa ya montor saya, di daera rem belakang suara nya ngesek ,,,,?

tomspiez said...

biasanya terjadi karena kampas rem yang sudah harus diganti gan, atau karena kampas rem yang masih baru sehingga setelan rem harus dikendorin... semoga membantu...:)

Unknown said...

Knpa motor saya kalo di gas besar mati sendiri padahal karburator dan filter udara udah ganti

Unknown said...

Knpa motor saya kalo di gas besar mati sendiri padahal karburator dan filter udara udah saya ganti

Unknown said...

Knpa motor saya kalo di gas besar mati sendiri padahal karburator dan filter udara udah saya ganti

Anonymous said...

gan ngapa ya beat ane kalo lagi di starter suaranya ga ngenakin banget buat di denger,kaya sapi ngeden wkwk
minta pencerahan dah ya gan.

Unknown said...

O iy gan klo mw ngebersihin karbu pki karbu cleaner bolehgk gan

tomspiez said...

boleh gan,, kebetulan saya juga biasanya pake carbu cleaner kalo nyervis karbu...:D

Unknown said...

Beat saya boros bahan bakar, kl dr kondisi langsam langsung di tarik gas besar besar, malah ngempos seolah mau mati ga da tenaga. Apa krn setelan angin karbu yg tdk pas ya suhu? Mohon pencerahannya.. thanks artikelnya, semoga bs membantu.

Unknown said...

Gan motor ane tarikan dan larinya gak ada apalagi klo di jalanan nanjak. Padahal karet cvt dan rolernya udh d ganti. Mhon pncrahannya gann ...

Anonymous said...

IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
PADANG
HP:085264100020
pin bb:29d4b762

KHUSUS BAN FDR DISKON HARGA 10%

@anggaong2022 said...

Mslahnya biasanya cuma 3 serangkai ni,tapi klo di biarin dahsyat akibatnya,motor jdi gk bisa jlan.....
1.karburator masuk air,mogok,brebet,ya...bersihin...
2.busi banjir,basah,dingin,....harus d keringin,bakar kepala busi untuk mancing panas....sukur2 bisa beli busi baru
3.abis bensin......maklum motor ane gk ada lagi meteran bensin nya.

Unknown said...

Motor beat saya kenapa ya gan , kalog pas lagi jalan trus gas nya di turunin bunyi nging nging . Mohon pencerahannya

mohamad thoep said...

Knapa motor ku mbrebet+ njot2tan kususnya jln pelan tp klo lebih di tarik gasnya lancar lagi

Pahyudin said...

Beat ane mrebet ni gan. Di mulai karet vacum, jarum, n busi udah ane ganti tpi ttp mrebet gda tenaganya,, mhon bantuannya

Unknown said...

Gan mtor beat saya mesinya standar tpi ganti karburator sama busi racing tpu lama kelamaan mtor jadi brebet. Karbu dan buai saya sudah ganti standart tpi brebetnya gak mau hilang. Apa penyebabnya itu gan??

Unknown said...

Gan motor ku honda beat mesinya standar cuma dpet ganti karbu sama busi racing. Dari kmarin mtor ku tiba2 brebet di wktu lepas gas kyak mau mati. Karbu dan busi sudah saya ganti standar tpi brebetnya gak mau hilang..

Anonymous said...

Apaan si mana ada

Unknown said...

Begitu di gas mesin langsung mati..itu permasalahnnya apa di karet vacum nya juga oomm...??

Anonymous said...

bang beat saya kalo distarter kok terakhirnya ada suara ngok

Unknown said...

Motor beat saya..susah hidup sudah ganti seher sedah ganti loken as platuk klep sudah ganti sama pelatuk nya..tapi masih susah hidup.ngaberebet.terus knapa yah..ga ada tenaga bisa ga mau maju pisan pas di tarik gas pooll juga suara kenceng

Unknown said...

Motor beat saya..susah hidup sudah ganti seher sedah ganti loken as platuk klep sudah ganti sama pelatuk nya..tapi masih susah hidup.ngaberebet.terus knapa yah..ga ada tenaga bisa ga mau maju pisan pas di tarik gas pooll juga suara kenceng

Unknown said...

Knp motor saya tenaga nya ga kluar

ajo awak said...

Motor beat ane 2011 gan,busi baru,karburator oke,pas di pasang filter udara terasa brebet putaran tinggi,ketika filter ny di lepas terasa plong,apa masalah ny gan?mohon info nya

Chindy said...

Kalo saya suka tiba2 mati dijalan pas di cek busi nya selalu lepas sendiri, berkali2 ke bengkel tapi katanya cuma kurang kenceng tp masih aja kadang lepas sendiri dijalan.. solusi nya gimana ya

Chindy said...

Motor saya suka mati mendadak tiba2 pas di cek ternyata busi lepas sendiri, berkali2 begitu.. padahal sudah kenceng pasangnya, ganti busi pun udah tapi tetep bgtu-_ solusinya gimana ya

Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah said...

motor beat saya bermasalah pada filetr selang bahan bakar. bensin nya ngucur kalau mesin di nyalakan. penyebabnya apa yah...?? dan mohon solusinya temen-temen semua...!!

Unknown said...

Kenapa ya mas motor beat fi saya suka sering mati mesinnya, walaupun masih keadaan di gas

Unknown said...

Saya pernah juga ngalamin hal tersebut.kemungkinan motor agan karet vakum nya bermasalah bisa jadi sudah tidak lentur karena usia pemakaiannya.smoga bermanfaat terimakasih

Unknown said...

Om.. Tarikan awal klo emg karet vakum permasalahannya ntar ane coba... Karet nya aja yah om atau vakum nya gimana om. Jelasin dong