Sunday, August 18, 2013

Pertama melihat sosok motor keluaran Piaggio yang satu ini, ane jadi langsung kesengsem terutama pada bentuk buritannya yang unik. Kalau agan pernah baca artikel ane Tentang SkutikUnik Honda Zoomer-X, maka tidak heran jika ane kesengsem sama nih motor. Tapi jika melihat harga Vespa Quarantase 946 on the road Jakarta, wow!!! Bikin mata ane jadi melek dan melotot gan!! Berapa sih harganya?? Vespa Quarantase 946 dijual dengan harga Rp130 juta on the road Jakarta. Ajibbb!!!
Gambar Vespa Quarantase 946
Gambar Vespa Quarantase 946
Memang jika melihat genre dari motor ini yang merupakan skutik harga tersebut sangatlah tidak masuk akal. Bahkan lebih mahal jika dibandingkan dengan moge 650cc 2 silinder Kawasaki ER6n yang pernah ane bahas sebelumnya. Akan tetapi jika melihat keunikan serta keekslusifan sebuah merek dan desain maka harga mahal tersebut cenderung wajar. Ingat gan, semahal apapun barangnya, kalau sudah hobi maka tidak masalah gan. Lalu selain desainnya yang unik, apakah ada spesifikasi yang unik lainnya??
Mesin Vespa Quarantase 956 memiliki 3 klep/katup/valve
Mesin Vespa Quarantase 956 memiliki 3 klep/katup/valve
Mesin Utuh Vespa Quarantase 946
Mesin Utuh Vespa Quarantase 946
Pertama yang akan ane bahas adalah mengenai mesinnya. Mesin Vespa Quarantase 946 memiliki kapasitas 125cc dan 150cc. Sistem pengkabutan bahan bakarnya menggunakan system injeksi berpendingin udara. Ada keunikan yang terdapat pada mesin Vespa 946 ini, yaitu memiliki 3 katup, 2 katup input dan 1 katup output. Hal yang jarang anda temui pada mesin skutik-skutik yang ada. Mesin 1 silinder Vespa Quarantase 946 sanggup memutahkan tenaga hingga  11,7hp untuk 125cc dan 13hp untuk 150cc.
Gambar Prototype Vespa MP6
Prototype Vespa MP6
Berbicara tentang keunikan dari namanya. Sebenarnya Vespa Quarantase atau Vespa 946 merupakan hasil contekan dari protoptipe Vespa MP6 yang didesain oleh Corradino D’Ascanio. Dan nama 946 diambil dari 3 angka terakhir dari tahun kelahiran pertama prototype Vespa MP6 yaitu tahun 1946. Nah, informasi tersebut mungkin dapat membuat anda tahu kalau nama 946 bukan berasal dari kapasitas mesinnya (cc) namun berasal dari tahun pertamanya. Banyak yang hampir ketipu loh gan, terutama yang sering membaca berita tentang motor italia macam Ducati atau MV-Agusta.
Bentuk belakang Vespa Quarantase 946
Bentuk belakang Vespa 946, cantik gan!!
Jika membandingkan antara harga dengan ekslusifitas yang ada pada Vespa Quarantase 946, maka hal tersebut sah-sah saja. Apalagi jika anda merupakan maniac motor buatan Piaggio. Ingat gan, motor-motor buatan Piaggio bergenre skuter macam Vespa PX series keluaran terbaru dibanderol dengan harga Rp60juta-an. Jadi tidak heran jika Piaggio berani melepas Vespa Quarantase 946 dengan harga selangit. Masuk akal sih jika dibandingkan dengan ekslusifitas yang didapat, tapi tetap saja membuat mata ane jadi melek… hehehe…

3 comments:

Anonymous said...

harganya kok kayak mobil xenia/avanza ya?

Syamsul Bahri said...

Maaf gan..motor beat ane taun 2012 april..
Knp suara mesin motor ane ko brisik bgt kya mesin diesel.pdhal ganti oli g prnh telat.always service..
Kata bengkel stang seher udah kena.akhirnya ane yurun mesin.ganti stang seher, klaher kreak as, rante keteng, rumah roller beserta rolernya..
Stlah diganti smua hasilnya ttp ajah.suara mesin msh kasar..kira2 pusat permasalahannya dmn sihh..

Ade Gustomo said...

coba perhatikan apakah benar dari mesin atau bukan, biasanya yang bikin suara matik kasar itu kipasnya gan... kalo dari mesin bisa jadi setelan rante keteng yang agak gak beres...

semoga membantu gan..:)