Sunday, August 12, 2018

Yamaha NMAX blue Movistar MotoGP (source img: JD.id)
Yamaha N-Max boleh dibilang maxi scooter yang masih paling digemari sekarang ini. Walaupun sudah memiliki rival yang lebih muda dan advance, namun pesona sporty Yamaha NMax masih sanggup memikat konsumen maxi scooter. Tampilan yang sporty didukung mesin dengan teknologi VVA (mirip V-TEC di mobil Honda) menjadikan performa mesinnya yahut dan aduhai. Walau demikian ada saja yang masih merasa kurang dengan performanya. Nah jika anda termasuk yang demikian, maka tidak ada salahnya untuk menyimak artikel tentang Cara Mudah Menaikkan Performa Yamaha N-Max, yang tinggal PNP (Plug n Play) berikut ini:

Memasang Filter Racing
Filter racing Mutarru made in Thailand
Saluran udara masuk ke ruang bakar yang lancar tentu akan menjadikan performa Yamaha N-MAX akan meningkat. walaupun tidak seberapa namun hal tersebut cukup untuk membuat tarikan Yamaha NMAX lebih yahud. Di pasaran banyak terdapat filter racing yang dijual secara offline maupun online.
Filter Ferrox untuk Yamaha NMAX
Merk filter aftermarket terkenal macam Ferrox bisa menjadi pilihannya. Di toko-toko online macam tokopedia maupun bukalapak, anda dapat membelinya dengan harga yang bervariasi, sekitar 500-600 ribuan persatuannya. Jika ingin yang lebih ekstrim anda dapat membeli merk Mutarru buatan Thailand yang dapat ditebus dengan harga 700 ribuan. Kedua komponen tersebut diklaim dapat meningkatkan performa Yamaha N-MAX tanpa perlu ribet.

Memasang Knalpot Racing
Knalpot Racing Yamaha NMAX (source img: Google.co.id)
Pemasangan knalpot racing dapat menjadi salah satu cara yang mudah untuk menaikkan performa Yamaha N-MAX. Pembuangan gas hasil pembakaran yang lancar sampai ujung knalpot tentu akan mengurangi pumping lost (energi yang hilang karena gerakan piston melawan gaya memompa). Dengan demikian tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan meningkat.
knalpot R9 untuk Yamaha NMAX, harga 1,2 juta
Dari sekian banyak merk knalpot untuk Yamaha NMAX yang ada dipasaran, saya lebih memilih merk R9 buatan lokal yang tentu saja sudah diujicoba di motor-motor NMAX yang dirakit lokal juga. Harganya sendiri berkisar 1,2 juta-an.

Memasang Busi Iridium dan kabel busi racing
Busi iridium untuk Yamaha NMAX (source img: google.co.id)
Busi iridium memiliki nyala api yang lebih baik jika dibandingkan dengan busi biasa. Dengan nyala api yang maksimal akan membuat pembakaran mesin lebih sempurna sehingga performa mesinpun akan meningkat. Pilihan merk busi iridium untuk Yamaha NMAX sangat beragam, misalnya Denso. Harganya sendiri sekitar 100ribu-an.
kabel koil racing untuk Yamaha NMAX
Untuk lebih memaksimalkan penggunaan busi iridium, anda juga dapat mengganti kabel busi standar dengan kabel busi racing yang akan membuat nyala api dari busi iridium semakin baik. untuk harga bervariasi mulai dari yang lima puluh ribuan hingga ratusan ribu.

Memasang CVT Kit Racing
CVT kit TDR untuk Yamaha NMAX, harga 500 ribu-an
Performa mesin yang sudah meningkat tentu tidak akan maksimal tanpa penyaluran tenaga yang maksimal pula. Nah mengganti kit CVT standar dengan kit CVT racing dapat membuat penyaluran tenaga mesin Yamaha NMAX lebih maksimal. Biasanya yang diganti adalah puley dan juga roller pemberatnya. Untuk mendapatkannya, anda dapat menyiapkan dana 500-700 ribuan (belum termasuk ongkos pasang, rokok, ngopi dll...)

Memasang Piggy Back
Piggyback untuk ECU Yamaha NMAX, harga 2 juta-an
Cara ini sebenarnya tidak direkomendasikan karena jika terjadi sesuatu dengan engine ECU anda maka tentu saja tidak dapat digaransi. Ya, piggy back akan bekerja dengan cara merubah data tegangan dari sensor-sensor yang menuju ke engine ECU. Dengan demikian timing pengapian dan bahkan banyaknya pasokan bahan bakar yang disemprotkan akan berubah tidak sesuai standarnya. Hal demikian akan membuat performa mesin Yamaha NMAX meningkat cukup signifikan.
Yamaha NMAX, Maxi Maxi Maxi...
Sebenarnya masih ada beberapa cara untuk meningkatkan performa Yamaha NMAX dari yang simpel hingga yang ekstrem, dari penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dan pelumas yang bagus hingga pemasangan turbo (karena aku suka turbo...). Last, monggoh di aplikasi ke Yamaha NMAX kesayangan anda...

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...