Saturday, August 11, 2018

Mitsubishi XM concept - cikal bakal Xpander
Bicara tentang low MPV pasti terbesit pikiran mobil yang mampu memuat 7 orang dengan fitur yang apa adanya. Nah, anggapan itu sekarang sepertinya sudah terpatahkan dengan kehadiran Mitsubishi Xpander yang sudah hadir setahun silam. Dengan model yang inovatif dan out of the box membuat orang-orang rela mengantri untuk membelinya, dan konon di awal kehadirannya lama indentnya bisa mencapai 3-6 bulan... wew... amazing... Nah berikut ini akan saya ulas sedikit tentang Mitsubishi Xpander baik dari kelebihan maupun kekurangannya.

Desain Exterior
Desain depan Mitsubishi Xpander, revolusioner
Dari segi model, desainer Mitsubishi Motors sepertinya benar-benar mengerti pasar Indonesia yang suka dengan tampang yang lancip-lancip, termasuk saya 😋. Tak dipungkiri akhirnya banyak pabrikan lain yang desainnya sedikit mirip dengan Mitsubishi Xpander, pokoke ada lah. Bentuk depan dengan lampu kota yang sipit diposisikan di atas membuatnya revolusioner dibanding model low MPV yang lain. desain lampu LED-nya itu terlihat seperti bukan mobil seharga 200jt-an. Kalau pengen lebih wah lagi anda bisa memodifikasinya dengan dijadikan lampu sein berjalan (saya gak tau istilahnya - mirip mobil Lexus). Namun hadirnya lampu kota sipit yang diletakkan di atas membuat lampu utamanya menjadi berpindah ke bagian bumper depan. Awalnya banyak yang risih juga dengan peletakkan lampu utama tersebut, namun pelan-pelan banyak yang menerimanya. Nah sisi kekurangannya adalah lampunya yang (katanya) kurang wah karena masih menggunakan model bohlam bukan LED.
Tampang belakang Mitsubishi Xpander, cakep!!!
Sisi samping memiliki garis tegas yang membuat tampilan mobil ini menjadi lebih berkarakter seakan-akan mobil ini bukan di level LMPV. Kaca samping yang menyatu sampai belakang dan menyambung hingga kaca belakang membuat terlihat mewah. Dan ketika berpindah ke belakang anda akan disuguhi desain yang wah untuk ukuran mobil sekelasnya. lampu belakang berbentuk L-shape yang dilengkapi dengan LED bergaris membuatnya semakin mewah. Di sisi lain, penggunaan rear spoiler yang menyatu dengan bodi menurut saya menjadikan salah satu kekurangan pada desain belakangnya. Namun itu kembali ke selera masing-masing.

Desain Interior
Desain dashboardnya sangat berkelas
Lagi-lagi Mitsubishi Motors mengerti sekali tentang keinginan orang-orang yang mendambakan desain low MPV yang mewah. Sisi exterior yang revolusioner dipadukan dengan sisi interior yang mewah membuatnya wajar jika menjadikan mobil ini menjadi buruan masyarakat Indonesia. desain tata letak dashboardnya dengan konsep two-layer (bertumpuk) menjadikannya tidak kalah dengan kendaraan mewah dengan spek di atasnya. Makin berkelas lagi ketika anda melihat konsol tengah yang padat hingga ke samping pengemudi depan yang hampir mirip seperti pada Pajero Sport. Pada sisi dashboard dan doortrim juga diberi hiasan jahitan palsu yang identik dengan taksi Limo.
Ruang kabin Mitsubishi Xpander, lega
Dari sisi kualitas material plastik dashbaoard dan doortrim terbilang cukup untuk sekelas low MPV. Nah hal yang disayangkan adalah material jok yang belum dilapis kulit dan masih menggunakan kain yang harus sering-sering anda bersihkan agar selalu terlihat bersih. Namun hal tersebut dapat anda atasi dengan membeli aksesoris tambahan sarung jok yang sudah banyak tersedia di toko-toko aksesoris mobil. 

Secara desain ane berani beri nilai 9/10, joss pokoke...

Mitsubishi Xpander, Low MPV yang menggoda
Mesin dan Performa >>> Next
Fitur dan Kenyamanan >>> Next
Tipe dan Spesifikasi >>> Next
Galeri Modifikasi Xpander >>> Next

0 comments: