Tuesday, August 28, 2018

Halo mas bro semua, setelah pada artikel sebelumnya saya sudah membahas desain dari Mitsubishi Xpander dari pendapat pribadi, maka kali ini saya akan me-review seperti apa kebuasan performa dari si Xpander ini. Seperti apa reviewnya, monggoh di simak…

Performa Mitsubishi Xpander (source img: google)
Mengusung mesin dengan kapasitas 1500cc berkode 4A91, Mitsubishi memang sengaja mensejajarkannya dengan kompetitor yang sama-sama bermain dalam kelas low MPV. Mesin tersebut sebenarnya bukan hal baru bagi anda yang pernah tinggal di Jepang atau dataran eropa sana, karena mesin tersebut dipakai di kendaraan hatchback Mitsubishi Colt (ingat bukan colt T120SS ya!!). Mesin tersebut juga sebenarnya identik dengan sang kakak Mitsubishi Mirage yang berkode 3A92 (3 silinder). Mesin yang digunakan pada Xpander tentunya disesuaikan dengan spesifikasi agar sesuai dengan kelasnya, yaitu mobil berpenumpang banyak…

Mesin 4A91 yang digunakan Mitsubishi Xpander

Dalam urusan tenaga, mesin berkapasitas 1.5L 4 silinder inline ini bukanlah yang superior di kelasnya, begitu pula dalam urusan torsi mesin. Dengan tenaga yang dihasilkan di angka 104hp/6000rpm dan torsi 141Nm/4000rpm tentu saja masih di bawah mesin Honda Mobilio yang sanggup meletupkan tenaga hingga 118hp/6600rpm dan torsi 145/4600rpm. Namun tenaga mesin Xpander masih lebih unggul jika dibandingkan dengan competitor terdekatnya yaitu Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga. Not bad lah…

Tak ketinggalan dengan teknologi mesin yang di usung oleh competitor, mesin Mitsubishi Xpander sudah dilengkapi dengan MIVEC yang akan mengatur timing pembukaan dan penutupan valve pada sisi intake. Teknologi tersebut tentu saja akan membuat bahan bakar yang dikonsumsi oleh Mitsubishi lebih irit dan tentu saja bertenaga di segala kondisi putaran mesin.
Mesin Mitsubishi xpander, suaranya halus

Yang membuat saya suka dengan mesinnya adalah suara yang dihasilkan nyaris tidak terdengar sama sekali, apalagi jika sedang berada di dalam kabin. Ya, insinyur Mitsubishi sudah mendesain agar getaran yang dihasilkan oleh mesin diminimalkan sehingga noise mesinpun berkurang… good job…

Spec mesin sudah, nah sekarang bagaimana dengan tes jalannya? Nah untuk akselerasi memang tidak bisa diandalkan mengingat mobil ini adalah mobil kendaraan penumpang 7 orang. Jadi jangan dibandingkan dengan Mitsubishi Lancer EVO ya.. hahaha… ngacooo… Oke mengajak akselerasi dengan Xpander bertransmisi manual memang lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan Xpander bertransmisi automatic. Dan kalau boleh dibilang mobil ini sangat mudah untuk di ajak spin roda depannya (manual). Urusan top speed, mobil ini bisa kok dikebut hingga 160 km/jam, bahkan ada yang pernah bilang bisa tembus 170 km/jam… dan enaknya dengan bodi berukuran small MPV mobil ini tidak terasa limbung di ajak lari… Jooosss tenan...

Oh ya, Mitsubishi Xpander menggunakan penggerak roda depan alias FWD (Front Wheel Drive). Anggapan bahwa mobil FWD itu gak kuat menanjak sepertinya harus dibuang jauh-jauh, karena nyatanya Mitsubishi Xpander kuat diajak nanjak di daerah pegunungan dengan tanjakan yang lumayan curam.

Dengan mesin yang cukup bisa diandalkan dan sudah teruji secara durability-nya, performa Mitsubishi Xpander boleh dibilang cukup untuk mobil sekelasnya. Untuk yang masih penasaran dengan detail spesifikasi mesinnya, monggoh bisa liat tabel berikut mas bro:

Spesifikasi Mitsubishi Xpander
Kode mesin
4A91
Teknologi mesin
DOHC - MIVEC
Kapasitas
1.500cc
Jumlah silinder/valve
4 inline / 16 valve
Tenaga
104 hp / 6000 rpm
Torsi
141 Nm / 4000 rpm
Rasio kompresi
10.5 : 1 (bisa pake pertalite nih)
Kapasitas tanki
45 liter
Berat kosong
1230 kg
Power ratio
0,085 hp/kg
Transmisi
Manual: 5 speed, Automatic: 4 speed
Roda penggerak
Depan (FWD)

Baca juga:
Fitur dan Kenyamanan >>> Next
Tipe dan Spesifikasi >>> Next
Galeri Modifikasi Xpander >>> Next

0 comments: