Friday, March 25, 2011

Rantai pada sepeda motor ada 2, yaitu rantai keteng(rantai ang bada di dalam blok mesin) dan rantai roda. Kali ini yang saya bahas adalah rantai roda yang merupakan penyalur daya antara mesin dengan roda.
Sebenarnya perawatan rantai itu terbilang mudah tapi kita sering lupa bahkan malas untuk merawatnya. dalam merawat rantai kita hanya perlu memperhatikannya minimal sekali selama satu minggu.yang perlu kita perhatikan adalah :

1. Pelumasan Rantai
pelumasan mserupakan salah satu hal terpenting dalam perawatan rantai. jangan sampai rantai kering, sebab apabila hal ini terjadi maka dapat mengakibatkan berkurangnya umur pakai rantai dan gir bahkan dapat mengakibatkan rantai putus, bahaya kan. sebaiknya apabila berilah pelumas setiap 2 minggu sekali dan ketika habis terkena hujan atau setelah kita mencuci motor karena rantai yang terkena air akan menimbulkan karat sehingga perlu kita lumasi. Dalam melumasi motor pun sebaiknya jangan menggunakan oli bekas karena oli bekas mengandung kerak yang malah dapat merusak rantai tapi apabila untuk rantai yang sudah lama penggunaan oli bekas tidak diharamkan. Pakailah oli khusus rantai atau minimal oli mesin yang masih baru.

2. Kekencangan Rantai
Kekencangan rantai juga perlu diperhatikan. rantai yang kekenduran dapat mengakibatkan rantai lepas dari gir sebaliknya rantai yang kekencangan dapat mengakibatkan rantai putus. stel rantai sesuai keadaan gir dan rantai. apabila rantai dan gir yang dipakai masih baru makai jarak kekencangan rantai apabila kita goyang sekitar 3cm. apabila rantai dan gir yang kita pakai sudah lama maka jarak goyangan rantai sekitar 5-7cm.

3. Penggantian Rantai
rantai mempunyai umur pakai yang relatif, tergantung dari cara kita memperhatikannya. pada umumnya umur pakai rantai bisa kita rasakan. apabila rantai ita sudah bunyi srek-srek dan ketika kita sudah menetel kembali tetap terdengar bunyi pada rantai maka rantai tersebut disarankan diganti. Tapi apabila dompet kita sedang tipis bisa menggunakan cara lain yaitu memotong mata rantai sebanyak 2 biji. cara ini sering dipakai para bikers yang kepepet. Oh y... jika kita akan mengganti rantai sebaiknya yang asli dan disarankan 1 set dengan gir.

sekian sedikit tips perawatan rantai sepeda motor dari saya, semoga bermanfaat...

2 comments:

Anonymous said...

nice info bro, makasih.
untuk pelumas rante ane pakai Maxe Chain Lube yang udah terbukti bagus kualitasnya dan dinominasi salah satu chain lube terbaik.
Intinya jangan pake pelumas rante sembarangan, supaya rante emang bener awet, bukannya cepet minta ganti :D

Ade Gustomo said...

sama2 sob...

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...