Thursday, March 31, 2011

hmm... bangun kesiangan, gak sempet mandi mau berangkat kul..., eh mau pake motor distater gak mau nyala... atau mati sendiri pada waktu jalan....wrwrwr... hal seperti inilah yang biasanya terjadi pada kendaraan anda, nah disini saya akan menjelaskan beberapa penyebab motor yang tidak mau hidup yang juga pernah saya alami.

1. Busi Basah
 nah kejadian seperti ini sering dialami pada saat pagi hari atau pada saat hujan dan setelah hujan. biasanya air masuk melalui celah karet penghubung kabel koil dan busi. Cara mengming soonatasinya dengan memcopot karet tersebut lalu keringkan bagian tersebut dengan ditiup. apabila cara ini motor tetap gak mau hidup maka busi perlu dilepas dengan kunci busi lalu keringkan. cek busi terlebih dahulu dengan cara tempelkan ujung busi dengan besi lalu selah motor denagn kick starter. apabila timbul percikan berarti busi siap dipasang. jangan lupa bersihkan rongga tempat busi yang ada pada blok mesin.

2. Karburator Kotor
biasanya motor mau dihidupkan lalu selang beberapa saat kemudian mati. apabila terjadi hal demikian kemungkinan karburator kotor sehingga pasokan bensin ke mesin tersendat. Hal ini dapat diatasi denagn membongkar karburator kemudian bersihkan karburator tersebut trutama pada bagian mainjet dan pilotjet. setelah dirasa bersih pasang kembali deh.


3. cincin jarum skep karburator lepas
kejadian ini pernah saya alami sewaktu SMA, ya pas mau berangkat sekolah...hmmm... ciri-cirinya seperti karburator kotor. biasanya ini terjadi karena cincin yang megikat pada jarum skep renggang sehingga mudah lepas akibatnya . sebaiknya sewaktu mencopot cincin tersebut kemudian memasangnya kembali kencangkan dengan tang, tetapi jangan terlalu kuat karena cincinnya bisa bengkok.

4. Pelampung karburator pecah
nah ini dia yang paling parah yaitu pelampung yang ada di karburator belubang atau pecah sehingga bensin tidak mau masuk ke karbu. biasanya pelampung ini terbuat dari plastik atau tembaga. apabila terjadi demikian sebaiknya ganti yang baru supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.



Demikian contoh-contoh penyebab mesin tak mau hidup yang saya tahu, semoga bermanfaat.

18 comments:

Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan said...

makasih mas buat tips yang di berikan.... :)

pulsa elektrik murah said...

motor ane,busi masih bagus dan kalbu udah di bersihkan ,tapi tetap ga nyala,kira2 selain dri dua komponen tersebut,ap lagi yang prlu di cek ya

Ade Gustomo said...

coba liat dari kabel koil ada percikan api gak sob... jika tidak ada percikan kemungkinan koil atau CDInya...
cek juga apakah slang bensin tersumbat atau nggak, sehingga menghambat bensin mengalir ke karbu...

Lhuksy riberox said...

Businya baru, pengapiannya ada, karburatornya sudah dibersikan, aliran bensi lancar tapi mesin motor tidak mau juga hidup.
Apa ada lagi yg harus diperiksa.

Ade Gustomo said...

coba cek lagi CDInya sob... dlu mtor ane juga pernah gitu..., jadi diliat pengapiannya dari busi terlihat percikan api, tapi waktu CDI dpasang gak mau lagi... kbelnya kelistrikannya juga perlu dicek gan.., misal pda sekringnya..
moga membantu sob..:)

Anonymous said...

saya bingung,ini masalahnya gini, waktu motor dinyalakan (baru masuk kunci) trus pas di starter mesin dan kelistrikan malah mati total, itu kenapa ya? selanjutnya pas kuncinya dilepas dan dimasukkan lagi tetap aja mati

Ade Gustomo said...

coba cek bagian kabel di kunci kontak, kemungkinan kabel terbalik, jadi ketika on malah off n sebaliknya.., kalo masih tetap, coba cek bagian2 kabel yang berhbungan dengan kunci kontak, mungkin disitu ad kabel yang terkelupas... semoga dpat membantu sob..:)

Anonymous said...

mtor saya jarang dpake hanya sering saya panaskan, tp tiba2 saja pagi ini tidak bisa nyala . apa kah krn oli nya habis ?

Ade Gustomo said...

klo oli yg hbis gak berpengaruh sama idup mtinya msin gan, bisa jadi businya atau karbunya yg minta dibersihin... semoga membantu gan...:)

Anonymous said...

Pagi Pak Ade Gustomo

Honda Tiger saya pada saat dibawa lari mati mendadak, saya sudah lakukan :
1. Ganti Coil
2. Bersihkan Karburator
3. Ganti Busi

Bisa hidup kalau tapi tiba-tiba mati lagi dan susah dihidupkan lagi baik distater maupun diengkol mohon penjelasannya.

Hormat saya
Imron

Ade Gustomo said...

maaf pak imron baru bisa ane bales...:) coba periksa bagian cop businya, biasnya bagian situ ada yang bocor sehingga mudah kemasukan air,, periksa juga kelistrikan yang lainya,,, semoga membantu pak..:)

Dani Risandi said...

minta bantuan solusinya mas bro, . .
Motor ane suzuki matic, ketika kunci kontak di ON kan, kelistrikan tidak ada, lampu send, klakson tidak mau nyala,. . Tp kalau mesin nyala, saya engkol baru lampu, klakson bsa nyala?? Apakah itu masalahnya?
Satu lg. Saat ini motor saya di engkol tidak mau nyala?? Knapa yaa, apakah ada hubungannya dengan CDI?? minta tolong pencerahannya. . .

Yustina Bae said...

motor saya,,,klo dingin hidup tp klo sdh panas motornya mati,,,knp ya????

Yustina Bae said...

motor saya,,,klo dingin hidup tp klo sdh panas motornya mati,,,knp ya????

Yustina Bae said...

motor saya,,,klo dingin hidup tp klo sdh panas motornya mati,,,knp ya????

Yustina Bae said...

motor saya klo dingin hidup tp klo panas tidak bisa hidup...knp ya mas....

Yustina Bae said...

motor saya klo dingin hidup tp klo sdh panas mati...knp ya???????

Anonymous said...

Mau tanya om..awalnya motor sy pulsar gak bisa distarter(maklum gak ada kick starter)..trus sy bongkar aki langsung di charger..trus pasang ulang aki. Nah ko jadi gak ada kontak sama skali?? Hehe blm sempet ke bengkel
Thanks

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...