Tuesday, March 15, 2011

Suzuki WSBK
Suzuki motoGP











banyak orang yang bertanya apa itu WSBK? apakah motor yang digunakan di WSBK lebih kencang atau tidak? memang WSBK tidak sepopuler motoGP yang merupakan kasta tertinggi dari balap motor dunia, tapi persaingan di WSBK tidak kalah seru dengan motoGP bahkan menurut saya lebih seru WSBK dibanding dengan motoGP. Seperti pada tahun 2009 yang mengharuskan siapa pemegang juara dunia pada seri terakhir, antara rider jepang paling sukses di WSBK Noriyuki Haga dan sedulurQ Ben Spies yang pada akhirnya dimenangkan oleh si Spies yang kini sudah hijrah ke motoGP dan bergabung dengan team pabrikan Yamaha.

dari sisi pembalap jelas level motoGP lebih tinggi, terbukti kebanyakan rider yang menjadi juara dunia di WSBK  pindah ke motoGP, dan tak sedikit yang setelah hijrah ke motoGP malah tak bisa bersaing, sebaliknya rider yang terpuruk di ajang motoGP akan hijrah ke WSBK dan malah meraih sukses di WSBK, sebut saja troy bayliss, toseland atau  Vermeulen tidak bisa bersinar di motoGP setelah menjadi juara WSBK, lalu ada N.Haga, Max Biaggi, Checa yang menjadi rider yang sukses di WSBK.

Dari sisi performa motorpun sama motoGP lebih powerfull, bandingkan mesin motoGP yang hanya 800cc 4 silinder sanggup memuntahkan 210-225hp sedang motor-motor WSBK yang ber-CC lebih besar yaitu 1000cc 4 silinder(kecuali Ducati yang menggunakan 1200cc 2 silinder) hanya sanggup memuntahkan 200-210hp. Top speed yang dicapai oleh motoGP bisa dengan mudah mencapai 325km/h sedang motor WSBK mencapai 320km/h sudah ngos-ngosan.

Sudah jelas mengapa WSBK kalah dari motoGP karena motoGP menggunakan motor yang benar-benar untuk balap atau prototype dan tidak boleh dijual massal, berbeda dengan WSBK yang menggunakan motor-motor produksi massal yang dijual dan bisa dimiliki oleh kita. Regulasi pada WSBK pun hanya boleh mengganti beberapa part saja. masih bingung? WSBK kalo di Indonesia seperti Indoprix yang memakai motor bebek seperti jupiter,shogun dsb kemudian dijadikan motor balap, nah kalo di WSBK menggunakan superbike macam R1, CBR1000RR,dsb. Motor WSBK juga dikenal liar tidak seperti motoGP yang menggunakan sasis yang terkoneksi dengan sistem komputer. Kalo urusan desain tinggal selera masing-masing, kira-kira lebih keren motoGP atau WSBK.

Sekian perbandingan motogp dengan world superbike campionship(WSBK)

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...