Thursday, August 4, 2011

Lagi enak sama cewe nunggang Honda Vario, eh tau-tau si Vario mati mendadak… Huh bikin sebel plus malu… Udah coba di starter electric gak mau nyala, di kick starter tetap tidak mau nyala… Huft… Lebih parahnya si Vario seolah tidak ada kompresinya.Kenapa ya? Setelah mencari info dari Sabang sampai Merauke ternyata disebabkan kotoran yang ada di got ring piston, jadi bikin ring seher tidak mau ngembang. Sebab tidak ada tekanan saat piston menuju titik mati atas. Nah jika anda mengalami masalah seperti di atas, berikut merupakan Cara Mengatasi Honda Vario yang Mendadak Mati.
Yang pertama starter tunggangan anda pakai kick starter sebanyak 10 kali, tapi posisi grip gas sambil dibuka penuh… Sekalian olah raga kaki kaleee…hehehe… Tujuannya agar di ruang bakar, bensin yang masuklebih banyak, sehingga mendinginkan seher, ring seher dan ruang bakar kembali ke posisi semula. Karena selain untuk bahan bakar, bensin juga berfungsi sebagai pelumas dan pendingin.

Apabila masih tidak mau nyala juga, pakai resep berikutnya. Masukan sedikit oli ke ruang bakar, melalui lubang busi. Hal tersebut dilakukan agar dapat memberi pelumasandi ruang bakar sehingga ring piston bias ngembang… kembang gula kaleee… hehehe… Kemudian pasang lagi busi lalu di kick starter kurang lebih 3 kali, baru kunci kontak diposisikan ON dan di biarkan selama 2 menit, biar cuk otomatisnya bekerja lagi. Setelah itu baru starter dinyalakan dan dapat dipastikan si Vario akan menyala lagi…( pengalaman )

Nah misalkan masih sering terjadi seperti itu, lebih baik cek langsung kondisi piston dan ring piston dengan cara bongkar blok mesin. Kalau memang ada kerak yang menempel pada got piston, bersihkan dengan ampelas. Ingat, lakukan juga pengampelasan pada permukaan datar ring piston 1 dan 2 kurang 0,1 mm. Tujuannya biar lebih longgar dan bias ngembang sehingga saat diajak jalan tak bakal ngadat lagi.

Demikian tips singkat Cara Mengatasi Honda Vario yang Mendadak Mati. Semoga bermanfaat…

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...