Thursday, August 4, 2011


Pininfarina, Rumah Desain Mobil Mewah Dunia. Kata-kata ini memang melekat pada Pininfarina yang merupakan rumah desain tingkat dunia yang tersohor di dunia. Banyak yang meng-iya-kan karya dari Pininfarina sangat eksotis atau menakjubkan. Pininfarina memang identik dengan nama Ferrari ataupun Maserati, mungkin karena sama-sama berasal dari italia.

Pininfarina berdiri tahun 1930 oleh Battista ‘Pinin’ Farina. Berawal dari bengkel kecil yang sekarang disulap menjadi rumah desain mobil-mobil kelas wahid. Perusahaan desain mobil ini merupakan otak di balik tampilan eksotis sejumlah ikon otomotif seperti Ferrari, Jaguar XJ 6, Rolls Royce Camargue, Aston Martin, Cadillac, hingga datsun dan Mobil Cina : Songhue Hafey Zhongyi. Tak ketinggalan beberapa karya pininfarina yang saya ingat adalah Ford Focus CC dan Maserati GranTurismo.

Sejak tahun 2001 Perusahaan rumah desain mobil ini dipimpin oleh cucu pendiri Pininfarina yaitu Andrea Pininfarina yang sayangnya sekarang telah tiada karena kecelakaan menggunakan Vespa di kota Turin, Italia. Selama kepemimpina Andrea, Pininfarina membuka kerjasama baru dengan Volvo, Daewoo, Hyundai dan pabrikan cina, Hafey. Salah satu Supercar terbaik yang merupakan primadona Ferrari, yaitu Ferrari Enzo juga merupakan karya dari Andrea Pininfarina.

Di Indonesia, Nama Pininfarina juga enggak asing. Sejumlah karyanya banyak beredar di tanah air tercinta ini. Bukan hanya mobil mewah tetapi juga mobil produksi massal seperti Hyundai Matrix, Mitsubishi Pajero, Peugeot 406 coupe, dan Daewoo tacuma.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Pininfarina, Rumah Desain Mobil Mewah Dunia. Nah, apakah saya dengan Autodesign ataukah anda bisa menjadi desainer mobil kelas wahid seperti Pininfarina. Semoga saja…  Amin…

1 comments:

Jepara Minimalis said...

Makasih gan Infonya.... SEMANGAT....!!!!!!

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...