Monday, August 1, 2011

Mungkin para bikers di Indonesia sudah tahu dahsyatnya performa dari CBR 150. Motor sport keluaran Honda ini sudah mengalami beberapa facelift. Nah mumpung AHM baru-baru ini mengeluarkan produk sport 150 cc terbarunya itu, saya akan memposting sedikit Cara Murah Menaikan Performa Honda CBR 150 ( dengan harapan dapat menyaingi CBR 250, hehehehe... ) yang aku dapat dari http://bintorowisnu.wordpress.com sebagai berikut :

1. Copot bagian karet di moncong filter udara.
Caranya bos semua harus lepas tangki cbr-nya, trus agar memudahkan mencopot moncong karetnya lebih baik bok filter dilepas dulu. Setelah itu baru deh diperkosa buat nglepas moncing karetnya…hehe..emang rada susah..tapi bisa dilakukaan. Caranya satu tangan menarik dan tangan yang lain mendorong dari arah sebaliknya. Dengan ngelepas moncong karet ini supply udara dapat ditingkatan. klo dah berhasil dicopot, silahkan pasang lagi box filter tersebut lengkap dengan filternya ke tempat semula. Moncong karbu yang harus dilepas

2. Naikin pilot jet pake ukuran 42, dan seting ulang udaranya.
Untuk mengimbangai jumlah debit udara yang meningkat kaerna moncong filter udara dah dilepas maka silahkan naikan ukuran pilot jet ke angka 42. sebagai informasi, CBR lama ukuran PJ standarnya adalah 38 klo yang baru (klo ga salah mulai 2007) ukuran Pjnya dah 40. harga PJ klo merek Extrme 30rb, klo merek Ori (kata yg jual..yg ada lambang huruf K logo Keihin) harganya 35 ribu. Ini patokan harga berdasarkan harga beli di AL Yamin. Saran pake merek K tersebut. Karena klo misalnya pake Kitaco (25 ribuan) beberapa bilang ukurannya lebih kecil dari yg ori.

3. Potong kabel koil sepanjang 3 cm.
Dengan langkah nomor 1 dan 2 diatas berarti sudah menaikkan jumlah cambupran bahan bakar dan udara..sekarang langkah untuk menaikkan percikan api busi. Caranya dengan memotong kabel busi. Dengan memotong kabel busi sekitar 3 ampe 4 cm berarti mengurangi nilai resistansi kabel busi sekitar 25%. mantab kan?!
Caranya silahkan lepas dulu fairing kirikanan, trus lepas radiator, trus lepas cop busi dari kabelnya dengan diputar berlawanan arah jarum jam (ingat jangan asal dibetot aja) karena kabel tersebut nge-drat jadi klo dipaksa dibetot aja bakalan ngrusak kabelnya. Klo dah dilepas silahkan dipotong sekitar 3 ato 4 cm, ingat harus dipastikan kabel tersebut panjangnya masih bisa menjangkau ke busi klo ntar dipasang lagi. Setelah itu pasang kabelnya ke cop busi lagi dengan jara ditusuk dan diputar searah jarum jam higga kenceng dan nge-drat.

4. Bikin ground strap di kabel busi.
Ground strap adalah semacam lilitan dikabel busi yang berfungsi untuk menangkap frekuensi liar yang terbentuk disekeliling kabel karena voltasi dan arus yang tinggi yang disalurkan dari koil ke busi. Dengan adanya ground strap ini maka arus ke busi akan fokus dan dapat menciptkan percik api yang maksimal. Koil kompetisi yang dah menmakai teknologi ini natara lain Nology (siapakan dana ampir 2 juta klo mo beli) ada juga Protec (sipakan dana hampir 400 rbu klo mo tebus) nah klo sampeyan kratif cukup bikin sendiri ground strap tersebut dengan modal 7 ribu.
Silahkan beli kabel tembaga ukuran diameter 0,5 mm satu meter aja..klo ga slah harganya ya 7 ribu. Trus silahkan dililitkan ke kabel busi mulai dari yang paling deket cop busi ampe ke yang deket koil. Di ujungnya sisakan kabelnya agar bisa dihubungkan ke ground mesin dan ke baut pegangan koil (agar nge-ground). Lilitannya silahkan dibungkus dengan elotip tahan panas.

5. Atur ulang celah busi jadi 1mm (pastikan kondisi busi masih baik).
Agar percikan api maksimal maka busi harus dipastikan sehat wal andong. asumsi saya busi bos sekalian masi OK jadi ga perlu beli, tinggal atur ulang celahnya sebesar 1 mm. Silahkan gunakan alat yang presisi. Pinjem ke bengkel klo ga punya. Hehe...

6. Pasang per di kabel kopling.
Sekarang kita ulik perangkat pemghantar daya mesin yaitu sistem transmini. Per koplimg CBR menurut saya sudah pas ga terlalu lembek dan ga terlalu keras. Namun demikian ada sebagian daya per ini yang termakan untuk melawan gaya gesek kabel kopling saat kopling dilepas, ya ga gitu besar sih palinga cuman 3 atau 4% daya per aja, tapi klo kehilangan gaya pegas ini kita hilangkan maka tentunya reaksi juga akan bertambah 3 ato 4% juga.
Nah caranya adalah dengan memasang per diujung kabel kopling di deket bak mesin. Pernya pake yang biasa dipake buat rem tromol belakang motor bebek. Heragnya 5rbu perak. Pilih yang diameternya ga terlalu gede dan cukup panjang. Dengan pasang per ini maka gaya gesek kabel kopling akan hilang sehingga daya per kopling akan bener2 dipakai buat menekan kampasnya.

7. Seting tahap akhir.
Setelah semua langkah tersebut dilakukan silahkan nayalakan motor dan setel ulang setelan angin karbunya. Caranya. Dalam kondisi mesin nayla, putar setelan udara karbu searah jarum jam (menutup) ampe mentok, jaga jangan sampai mesin mati dengan menahan gas. Putar gas ampe RPM 3.000, trus putar setelan udara ke kiri berlwanan jarum jam (membuka) sampai mesin mulai menjerit ke putaran tertinggi, nah itulah setelan yang udah pas.



Dari sumber lari si CBR mini ini dijamin lebih ngacir. Demikian Cara Murah Menaikan Performa Honda CBR 150.

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...