Tuesday, March 6, 2012

        Penyakit motor yang satu ini pastinya sering dialami oleh motor ceper yang shock depannya di “dodos”, kalau menurut bahasa bengkelnya gitu. Seperti pada Megapro kesayangan yang mengalami hal itu. Jika hal ini yang terjadi sebaiknya diganti dengan seal  shock depan yang baru, dan ingat oli shock-nya juga harus ikutan diganti ya. Hal ini dikarenakan jika dibiarkan dan motor dibawa jalan, maka keseimbangan motor juga akan berkurang, walau gak begitu terasa, namun cukup berbahaya jika harus berpapasan dengan truk atau bus ketika jalan tidak rata bukan?
Sheal shock depan sepeda motor
             Mengganti seal shock depan dapat dilakukan di bengkel – bengkel motor terdekat, dengan biaya jasa yang berkisar antara 15 – 20 ribu. Untuk sealnya sendiri, yang saya tahu untuk Honda Megapro KW1 harganya Rp6.500,-. Tinggal hitung – hitung saja berapa biaya untuk menebus yang “ori”. Paling tidak bawa uang Rp50 ribu untuk memperbaikinya, sisanya bisa buat asap rokok tuh! Hehehe…

            Dalam mengganti seal shock sebaiknya diganti dua – duanya, ini direkomendasikan agar kedua shock depan anda sama – sama seimbang dan awetnya. Kan tanggung juga kalau harus ganti satu, tapi jika kepepet juga tidak apa – apa.
Seal oli speda motor yang bocor
            Tanda – tanda seal yang bocor adalah pada bagian sambungan antara tabung shock terdapat oli shock yang meler, biasanya berwarna kuning dan terdapat kotoran hitanm yang menempel pada shock. Hal ini pastinya akan mengganggu anda yang menggunakan motor tipe sport dimana oli yang meler tersebut akan mengotori bagian kaki anda. Sekian dulu artikel mengapa jika seal shock depan bocor harus diganti. Semoga bermanfaat ya :-)

16 comments:

Sariandi Sariandi said...

Punya ana baru ganti nih, kebetulan di AHASS. Ganti Seal sekalian oli shokbreakernya, total kena 97 rebu mahal dikit kayaknya tapi mungkin ori dari Honda, oh ya posisi ana di Tg. Pinang deket Batam, mungkin ada sharing info yang lain,...

Ade Gustomo said...

klo ori n d AHASS sgitu mungkin wajar sob, n pasti lebih awet dibanding yg KW sob, cz kmaren ane ganti seal KW1 hrga 6500, bru dipake skitar 1,5 bln bolak-balik semarang-pekalongan udah jebol lagi tuh seal...:(

dayat said...

bagaimana cara merawat seal shock motor

Ade Gustomo said...

sebenernya gampang gan klo pengen seal shock motor awet,,

1. sebaiknya jangan membuat ceper shock depan, biasanya ini dilakukan agar tunggangan tambah ceper n tampak nungging, mending standar aja, selain awet tentunya lebih empuk kan..

2. cara pemakaian yang benar, maksudnya kalo sedang melewati jalan jelek, jangan membawa motor terlalu kencang, kasian seal shock yang terlalu berat menahan tekanan oli di dalam shock...

3. jangan membawa muatan yang berlebihan, artinya beban yang dibawa jangan berlebihan, jika terlalu berat akan membuat seal shock cepat jebol...

semoga dapat membantu sob..:)

hendra winata said...

owh, ceper pengaruh (ga awet), sipp lah (y)

Wahyu Subiantoro said...

Barusan ane ke bengkel nanyain kenapa rem depan ane ga pakem. dari bengkel AHASS dijawabnya karena seal shocknya udah rusak. harus diganti. yang jadi pertanyaan emangnya seal shock berpengaruh ke pengereman ya sob??
Soalnya baru sebulan lalu ane ganti kampas rem. Thx bantuannya

Ade Gustomo said...

klo seal shock yg rusak menurut ane sih pengaruhnya hanya pada kenyamanannya aja saat ngerem... klo pengaruh ke pakem gaknya menurut ane gak mungkin.. mungkin agan coba cek minyak remnya, barangkali kurang atau ada kebocoran pada slang remnya, atau adanya angin palsu shingga perlu dlakukan pem-bleedingan...
semaga membantu gan..:)

Deden Riyan said...

gan saya mau tanyan nih, motor saya mio tahun 2012 baru aja ganti tabung shock pariasi trusty, masalahnya pas saya bawa kerumah ada oli shock netes dari bawah baut shock, apa itu tanda2 shock bocor gan?

Ade Gustomo said...

maaf baru sempet blz.., coba cek apakah ada keretakan dibawah shock,, biasanya juga karena ada celah yang renggang sehingga oli shock merembes keluar...
semoga membantu gan..:)

orang desa said...

wahyu subiantoro@ memeng gk ngaruh shock bocor ame rem cuma karna oli yg merembes udah mengenai cakram jd wajar klo rem jadi licin krna kna rembesan oli...... :)

Ade Gustomo said...

logika yang tepat gan...:)

Julio giorgio said...

Motor saya Thunder 125, Kemarin saya baru ganti seal, tapi kok langsung bocor yaa?
Apa sealnya di pasang terbalik apa gimana gan, mohon pencerahanya.

Handoko BMW said...

Bener banget nih...

Kiki Simanjuntak said...

Gan numpang nanya...
Harga seal shock vixion ori berapa ya..?

Kiki Simanjuntak said...

Gan numpang nanya..
Harga seal shock vixion ori berapa ya.?

Bloggerwan Bahas Teknologi Pintar Honda said...

Thanks banget utk petunjuknya. Motor saya juga udah ga berasa asik terutama setelah lewat jalan yang rusak. Selain itu juga sering ada oli di bagian kanan shock roda depan.

Post a Comment

tinggalkan komentar menjadi lebih mudah... Silakan berkomentar sob... berkomentarlah dengan sopan... OkeY...^_^ jangan lupa pencet ikon "like" diatas y...