Monday, July 8, 2013

Sebenarnya Honda Zoomer-X sudah lama menggemparkan jagat dunia permotoran di Indonesia. Hanya karena saya yang baru sempat kepikiran untuk membahas sepeda motor matik yang satu ini, Honda Zoomer-X. Dari judul yang saya buat, memang beralasan jika menggunakan kata-kata “nyleneh” pada produk Honda yang satu ini. Apa saja yang membuat motor ini dianggap nyleneh namun keren? Yuk, kita kupas tuntas.
Image of Honda Zoomer-X
Image of Honda Zoomer-X
Dari segi tampilannya, motor ini memang benar-benar boleh dibilang nyeleh. Tampilannya tidak membawa desain khas Honda. Kaku dan serba kotak membuat saya berpikiran kalau motor ini mirip motor-motor KTM. Lihat saja garis-garisnya mirip dengan nakedbike KTMDuke 390 yang baru dibahas di artikel sebelumnya. Desain motor seperti ini sangat cocok digunakan sebagai motor paddock di team balap.
Gambar motor Honda Zoomer X
Gambar motor Honda Zoomer X
Kerennya, Honda Zoomer-X mengaplikasi shock depan model upside down. Sesuatu yang jarang kita temui pada motor matik. Jika motor matik jepang pada umumnya menggunakan lingkar roda berdiameter 14”, maka HondaZoomer-X menggunakan lingkar roda atau velg berdiameter 12” yang dipasangi ban gambot, mengingatkan kita pada skutik-skutik Cina dahulu kala. Shock upside down yang dipadu dengan stang model motor penjelajah membuatnya semakin macho!!!
Bagasi berlubang khas Honda Zoomer-X
Bagasi berlubang khas Honda Zoomer-X
Sesuatu yang unik akan agan temui di Honda Zoomer-X. Bentuk bagasinya berongga, jadi tidak seperti motor-motor berbagasi kebanyakan. Tujuannya tidak lain adalah agar dapat membawa papan skateboard. Ini kan motor gaul buat anak muda gan.. haha… Keunikan lainnya terdapat pada joknya. Kok bisa? Coba saja buka joknya, maka jok tidak terbuka ke depan seperti sepeda motor pada umunya, melainkan terbuka kesamping.
Speedometer Honda Zoomer-X, sederhana
Speedometer Honda Zoomer-X, sederhana

Untuk urusan mesin, si Unik Honda Zoomer-X sudah mengaplikasi teknologi injeksi PGM-FI. Mesinnya menggunakan basis yang sama dengan Honda BeAT ataupun Honda Vario, yaitu 110cc single silinder SOHC. Jadi untuk urusan lari, motor ini mungkin sanggup menggapai topspeed 100km/jam bahkan lebih. Catatan topspeed tersebut tentunya dengan membandingkan topspeed Honda BeAT yang berbasis mesin sama dan sanggup tembus 105-110km/jam (pengalaman pribadi).


Up side down on the front foot
12 inch Rims
Thick tubeless tires size 100/90-12 front
Thick tubeless tires size 110/90-12 rear
3-Pots Hydraulic Combined Brake System
Black, yellow and white
SOHC engine
4 stroke single cylinder engine of 110 cc Honda PGM Fi CVT transmission (V-Matic)
Size Bore x stroke 50 x 55
LxPxT Dimension = 763 mm x 1831 x 1065
Seat height 763 mm
100/90/12 front tires and 110/90/12 rear tires
Upside down front suspension fork
Fuel consumption (Standard ECE-40): 53 km / liter
Iklan Honda Zoomer-X sudah lama ada di negara Thailand
Iklan Honda Zoomer-X sudah lama ada di negara Thailand
Saya sendiri sebenarnya sudah sangat kepincut dengan Honda Zoomer-X, dimensinya yang kompak sepertinya pas dengan tubuh saya yang kecil... hehehe… Tapi bagi yang sudah kepincut, kudu sabar-sabar aja deh, sebab belum ada pengumuman resmi kapan Honda Zoomer-X siap mengaspal di jalananIndonesia. Padahal pesaing langsung dari Yamaha X-Ride ini sudah berseliweran di Thailand dengan pilihan warna Kuning, Putih dan Hitam. Haduhh biyung.. kapan AHM mau nge-launching nih motor…:D

3 comments:

Unknown said...

Bener bgt saya juga dah kepincut ama nih motor... kita tunggu aja... mudah2an keluar.. trus keluarnya sepaketan ama assesorisnya pasti bakal kren gila nech motor... ayo honda segera luncurkan biar paenantian saya dr tahun 2012 terwujud.. #welovehondafasionmatic

Unknown said...

iyah gan mantab nih motor ane juga jatuh cinta sama nih motor, mudah-mudah bisa langsung launching dalam waktu dekat.. hehehe
udah gak sabar soalnye..

tomspiez said...

kabarnya sih paling deket tahun 2014 gan launchingnya.. itu pun baru kabar burung alias isu...:D