Monday, May 6, 2013


Membuat tampilan sepeda motor menjadi lebih keren memang banyak caranya. Mulai dari memodifikasi kaki-kaki dengan velg variasi, dengan permainan warna pada bodi dan sekarang yang masih menjadi tren adalah pemasangan lampu proyektor. Lampu proyektor? Ya, bahasa gaulnya atau lebih dikenal dengan lampu angle eyes. Dijamin tampilan sepeda motor menjadi lebih keren. Walau demikian tidak mudah untuk memasang lampu proyektor, salah-salah malah merusak reflektor lampu sepeda motor. Berabe khan... Lalu, bagaimana cara memasang lampu proyektor yang benar tanpa merusak reflektor dengan mencoaknya?
Lampu proyektor bikin tampilan sepeda motor lebih futuristik
Sekarang, sudah banyak tersedia paket lampu proyektor tanpa perlu mencoak atau merusak bagian reflektor lampu. Jadi paket ini semacam paket plug and play, tinggal pasang dan gunakan. Sebelum membelinya, pastikan dahulu bahwa lampu proyektor yang anda beli dalam kondisi rapi dan sempurna. Jangan membeli lampu proyektor yang memiliki reflektor berwarna gelap, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa lampu proyektor tersebut sudah pernah dibongkar. Jadi belilah yang masih berwarna kroom bening. Untuk harga sendiri berkisar antara Rp 800 ribu – Rp 1 juta. Untuk merek sendiri bisa memilih merek BiXenon yang dalam paketnya sudah tersedia lampu HID, balast, kabel, dan inverternya (gambar 1).
paket lampu proyektor speda motor aftermarket
Cara pemasangan lampu proyektor sendiri cukup mudah. Pertama yang harus dilakukan pastinya adalah membuka mika lampu terlebih dahulu sehingga terpisah dengan reflektornya (gambar 2). Agar lebih mudah dalam membukanya, bisa menggunakan hairdryer dengan memanaskan bagian penjepitnya. Yang penting harus hati-hati agar penguncinya tidak pecah atau terlalu meleleh seperti dibakar. Selanjutnya adalah memasukan fitting drat dari lampu proyektor ke lubang bohlam standar sepeda motor (gambar 3). Nah dengan menggunakan paket lampu proyektor tersebut, lampu angle eyes-nya tinggal di jepitkan ke reflektor karena sudah ada dratnya (gambar 4).

Setelah dirasa kencang dan sudah rapi terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang mika lampu kembali agar menyatu dengan reflektornya. Setelah langkah tersebut, jangan lupa untuk kemudian memasang bohlam HID yang telah tersedia di dalam paket lampu proyektor aftermarket tersebut. Yang terakhir adalah menyetel ketinggian dari arah sinar lampu proyektornya. Ingat! Yang ini jangan sampai ketinggalan ya, bahaya kan kalau sinar lampu ketinggian. Sinar lampu HID yang sangat terang bisa-bisa membahayakan pengendara yang sedang berjalan berlawanan arah.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara pasang lampu proyektor atau lampuangle eyes di sepeda motor.  Jika anda tertarik ingin mengaplikasinya, sudah banyak lampu proyektor aftermarket yang tersedia di pasaran. Mungkin sekian artikel yang saya kutip dari tabloid OTOplus, semoga dapat bermanfaat. O ya, maaf kalau gambarnya jelek... hehe...

4 comments:

Anonymous said...

Wow keren.

Unknown said...

Utk penjualan produk nya bisa dapet dmn ya gan? Utk paket honda verza ada gak?

tomspiez said...

mungkin bisa coba lapak kaskus ini gan: http://www.kaskus.co.id/thread/51e2297e4f6ea19f5c00000c/angel-eyes-demon-led-projector-hid-cbr250-verza-cb150-cbr150
semoga membantu...:)

Unknown said...

Ane jual kok projector 685rb aja buat all motor. Contact me 7A88A52E, 081290977474 thanks,